Review Hyundai Palisade 2019

01/01/2019 Arfian Alamsyah Review Hyundai

Hyundai adalah satu dari sekian banyak merek yang pasarnya sukses di Amerika dan juga Eropa. Kami dari Mobilmo, jujur harus angkat topi karena keberhasilan perusahaan asal Asia ini. Tidak mudah untuk menembus pasar yang ketat di kedua benua tersebut. Dan Hyundai Palisade 2019 seakan menjadi jawaban Hyundai untuk memperkukuh eksistensi mereka di pasar tersebut. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Hyundai Palisade 2019.

1. PENGANTAR HYUNDAI PALISADE 2019

Gambar mobil Hyundai Palisade 2019 berwarna biru tua saat dipamerkan

Hyundai Palisade 2019 akan menggantikan posisi Hyundai Santa Fe XL di Amerika

Review Hyundai Palisade 2019 - Kalau Anda pemerhati mobil sejati, pasti akan sadar, jika banyak nama SUV keluaran pabrikan yang berpusat di Korea Selatan ini menggunakan nama-nama daerah di Amerika. Sebut saja, Tucson, Santa Fe dan lainnya. Namun, untuk Palisade, jujur saja kami agak bingung dari mana Hyundai Motor Corporation mendapatkan ilham nama ini untuk Big SUV terbaru mereka ini. Memang, kehadiran Hyundai Palisade nantinya akan menggantikan Hyundai Santa Fe XL. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai Hyundai Palisade 2019 yang konon akan mulai dijual di indonesia pada tahun 2020? Berikut ulasan lengkap dari kami.

2. EKSTERIOR HYUNDAI PALISADE 2019

Review Hyundai Palisade 2019 : Tampilan Depan

Gambar mobil  Hyundai Palisade 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Grill besar tampil mendominasi tampilan depan Hyundai Palisade 2019

Desain tampilan depan Hyundai Palisade 2019 ini agak sedikit mirip dengan Hyundai Santa Fe, namun demikian tetap ada pembeda signifikan, yaitu tampilan depan Hyundai Palisade 2019 ini sedikit lebih besar dibandingkan dengan saudaranya itu. Bentuk grill depannya besar dan tegas, dilabur dengan kelir brushed aluminium membuat tampilannya makin elegan dan juga terlihat mewah. Apalagi headlamp depan, kesuluruhannya menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode).

Review Hyundai Palisade 2019 : Tampilan Samping

Tampilan samping sebuah Hyundai Palisade 2019 berwarna abu-abu

Siluet pilar B di tampilan samping mobil ini seolah tidak bisa menyembunyikan bentuk bongsornya

Hyundai Palisade 2019 ini memang didesain lebih gambot bila dibandingkan mobil yang akan digantikannya yaitu sebuah Hyundai Santa Fe XL. Desainnya terkesan SUV full-sized banget, kami berharap agar tampilan gemuk dari mobil ini tidak serta merta mengurangi kemampuan manuver dari mobil ini. Dan juga kami pun berharap agar radius putar mobil ini tetap kecil, karena Hyundai Palisade 2019 dilengkapi dengan pelek besar 20 inchi dipadu dengan ban Kumho.

Review Hyundai Palisade 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang sebuah Hyundai Palisade 2019

Jika emblem Hyundai dan tulisan PALISADE dilepas, kami garansi Anda akan sulit menerka mobil ini keluaran Hyundai

Beralih ke sisi buritan, tampilan belakang Hyundai Palisade 2019 ini menggunakan lampu belakang yang ekstra besar, dengan posisi vertikal dan menggunakan bohlam lampu LED. Desain seperti ini seakan mengingatkan kami ke SUV lansiran Amerika yang memang gagah, bongsor, dan ‘laki’ banget. Meski mungkin sebagian orang akan menyukai tampilan mobil ini, namun rasanya kami dari Mobilmo.com kurang suka tampilan belakang mobil Hyundai Palisade 2019 ini, akan lebih baik jika menggunakan desain seperti Hyundai Tucson yang dijual di Indonesia.

>>> Lihat juga review mobil unik lainnya hanya di Mobilmo.com :

3. INTERIOR HYUNDAI PALISADE 2019

Review Hyundai Palisade 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Hyundai Palisade 2019

Dasbornya luas dan tinggi, serta tuas selektor transmisinya unik

Seperti mobil lansiran Amerika kebanyakan, layout dasbor dari Hyundai Palisade 2019 ini besar dan banyak fungsi yang tertanam disana. Salah satu yang unik adalah tombol tuas transmisinya yang cara pengoprasiannya bukan digeser, bukan di putar, namun ditekan. Sepintas mengingatkan tim Mobilmo.com pada pengoprasian transmisi otomatis pada bus kota dengan transmisi otomatis lansiran ZF. Secara umum tidak ada keluhan berarti terhadap desain layout dasbornya.

Review Hyundai Palisade 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir Hyundai Palisade 2019

Desain setirnya biasa saja, memang terlihat mewah namun agak kurang menggugah, serta diprediksi bahannya licin

Untuk setir Hyundai Palisade 2019 ini menggunakan setir yang biasa ditemui pada produk-produk Hyundai lainnya, seperti Hyundai H-1, Hyundai Santa Fe, dan sebagainya. Bahannya memang mewah karena dilapis dengan kulit, namun sayangnya setir ini agak licin ketika digenggam. Namun, deretan tombol pada sisi kanan dan kiri spoke-nya membuat jari-jemari Anda tidak merasa kesepian. Oh ya, tombol ini dapat mengatur audio untuk tombol kiri, dan multi information display di sisi kanan.

Review Hyundai Palisade 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan bagian Kursi depan Hyundai Palisade 2019

Kursi depannya besar dan terlihat nyaman, semoga kursinya empuk seperti kepunyaan Hyundai Tucson yang pernah kami coba

Sebanyak delapan penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman didalam kabin Hyundai Palisade 2019 ini. Namun, bagi Anda yang senang untuk menggunakan jasa pengemudi dan Anda lebih suka untuk duduk dibelakang, Anda dapat memilih opsi captain seat yang busanya tebal, nyaman, dan besar. Kepraktisan dari kursi Hyundai Palisade 2019 ini juga sangat patut diacungi jempol, karena dapat terlipat dengan rata pada baris kedua dan ketiga, ini akan membuat Anda leluasa ketika ingin membawa barang. Tidak lupa, terdapat intercom pada baris kedua dan ketiga untuk memperlancar komunikasi Anda dengan driver didepan.

Review Hyundai Palisade 2019 : Bagasi

Gambar menunjukkan ruang Bagasi Hyundai Palisade 2019

Bagasi Hyundai Palisade luas, ini dikarenakan dimensi mobil ini yang juga besar

Dimensinya yang bongsor tentunya menguntungkan bagi bagasinya, jelas saja. Hyundai Palisade 2019 menyediakan ruang kargo sebesar 509.7 liter. Jika kursi baris ketiga tidak digunakan dan dilipat rata, maka akan ada kargo bagasi Hyundai Palisade 2019 dengan volume seluas 1.297 liter, jika mau Anda bisa memasukkan kolam lipat, kasur angin untuk bermain anak Anda. Benar-benar lega.

>>> Sebagai situs nomor satu seputar teknik mobil di Indonesia, kami amat menyarankan Anda membaca tips teknik ulasan dari kami :

4. FITUR HYUNDAI PALISADE 2019

Review Hyundai Palisade 2019 : Ringkasan Fitur Kepraktisan

Kursi belakang sebuah Hyundai Palisade 2019

Kabin Hyundai Palisade 2019 sarat dengan fitur kepraktisan

Pada Hyundai Palisade 2019 ini memiliki setidaknya 16 cup holder yang membuat semua penumpang tidak akan merasa kehausan diperjalanan, serta perjalanan akan terasa tambah menyenangkan dan enggak akan berebut charger karena mobil Hyundai Palisade 2019 ini ditambah dengan tujuh outlet USB, serta penyebaran hawa dingin dari AC tersedia banyak ventilasi pada kursi baris kedua serta ventilasi di atap untuk semua tiga baris. Mantab!

Review Hyundai Palisade 2019 : Ringkasan Fitur Hiburan

Head unit layar sentuh pada sebuah Hyundai Palisade 2019

Anda maniak gadget dan tidak lepas darinya? Tenang, hampir semua konektivitas smartphone bisa dilakukan pada head unit ini

Pengemudi akan dimanjakan dengan adanya fitur head-up display yang menampilkan ringkasan informasi penting mobil seperti kecepatan, jarak tempuh, navigasi dan lainnya. Sementara untuk penumpang dapat bermain-main dengan sistem interkom yang membuat penumpang dapat berkomunikasi secara terpisah dengan penumpang di baris kedua dan ketiga, serta anak-anak akan menyukai fitur sunroof dual-panel dengan bagian kaca belakang tetap. Sektor hiburan pun makin lengkap karena Hyundai Palisade 2019 ini juga mendapatkan sistem navigasi terbaru Hyundai yang juga dilengkapi dengan fitur pendukung konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Review Hyundai Palisade 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Salah satu fitur keselamatan di sebuah Hyundai Palisade 2019

Blind spot pun semakin minim, karena citra tampilan luar dapat dilihat langsung di layar kecil ini, mantul alias mantab betul

Banyak fitur keselamatan yang disematkan Hyundai pada Hyundai Palisade 2019 ini, seperti SmartSense suit dari Hyundai yang dapat melakukan pengereman darurat secara otomatis ketika mendeteksi pejalan kaki, bantuan blind-spot, cruise control adaptif yang mampu menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas didepan mobil. Juga dilengkapi dengan fitur tambahan stop-and-go, penghindaran lalu lintas pada bagian belakang, bantuan pendeteksi jalur, serta pemantauan perhatian pengemudi sudah termasuk ke dalam sistem standar setiap kendaraan.

>>> Baca juga:

5. OPERASI HYUNDAI PALISADE 2019

Gambar bagian Mesin GDI direct injection V6 pada Hyundai Palisade 2019

Karena sudah menganut direct injection, maka Anda harus mengisi bahan bakar mobil ini dengan RON yang tepat agar piston tidak lekas berkerak

Bodi mobil yang besar membutuhkan tenaga mesin yang besar pula untuk menggerakannnya. Maka dari itu, Hyundai Palisade 2019 disokong oleh mesin bensin berkapasitas 3800 cc dengan konvigurasi V6 Atkinson Cycle dilengkapi dengan teknologi direct injection yang mana bahan bakar langsung disemprotkan langsung diatas piston. Mesin bongsor ini dipercaya mampu menghela bodi gambot Hyundai Palisade 2019 karena mampu menghasilkan tenaga besar 291 daya kuda pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 355 Nm di kitiran mesin 5.200 rpm. Mesin ini sebenarnya adalah bagian dari keluarga mesin seri Lambda di Hyundai Palisade 2019.

6. SPESIFIKASI HYUNDAI PALISADE 2019

Dimensi Hyundai Palisade 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.981 mm x 1.976 mm x 1.750 mm

Jarak Poros Kaki

2.901 mm

Ruang Bagasi

509.7 liter (1.297 liter saat kursi baris ketiga diturunkan)

Mesin Hyundai Palisade 2019

Tipe Mesin

3.8 liter V6 Atkinson Cycle, Direct Injection GDI

Isi Silinder

3.778 cc

Tenaga Maksimal

291 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

355 Nm @ 5.200 rpm

Transmisi

Otomatis 8 Percepatan Torque Converter

Rasio Kompresi

13.0 : 1

Kaki-Kaki Hyundai Palisade 2019

Ban

Kumho Venture / Dunlop Grandtrex

Rem Depan dan Belakang

Cakram dengan ABS, EBD, BA

Velg

20 inci

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HYUNDAI PALISADE 2019

Kelebihan

Kekurangan

Kabin luas

Bodi bongsor berpotensi tidak lincah dikemudikan

Tenaga dan torsi besar

Desain kurang menarik bagi sebagian orang

Fitur keselamatan lengkap

Tidak dijual di Indonesia

8. HARGA HYUNDAI PALISADE 2019

Hyundai Palisade 2019 konon akan dijual dengan harga $ 30.000, atau setara dengan Rp 426 jutaan.

9. VIDEO HYUNDAI PALISADE 2019

10. KESIMPULAN HYUNDAI PALISADE 2019

Gambar mobil Hyundai Palisade 2019 dilihat dari sisi depan dan sisi belakangnya

Anda keluarga besar yang suka membawa keluarga? Belilah mobil ini, namun saran kami sebaiknya tidak dipakai harian

So, is this car for you? Bagi Anda yang mencari sebuah SUV yang dapat dimuati oleh banyak anggota keluarga, atau anggota keluarga Anda banyak, maka Anda dapat membeli mobil ini untuk keperluan liburan. Kalau, sehari-hari kami lebih menyarankan Anda untuk membeli Mazda New CX-9 yang lebih asyik dikemudikan sehari-hari.

>>> Klik sini untuk baca artikel review mobil lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018
    Review Daihatsu Fatchur Sag

    Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

    05/05/2019

    Salah satu mobil SUV yang populer dan diminati oleh para pecinta mobil di Indonesia adalah Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018. Lalu apa yang Anda pikirkan ketika melihat mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 di jalanan? Anda pasti berpikir mobil ini memiliki kesan lebar, gagah, dan luas serta mendominasi benak Anda. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 berikut ini.

  • Review New Honda BR-V 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review New Honda BR-V 2019

    04/05/2019

    Seakan tak ingin ketinggalan dengan rival-rivalnya yang semakin dewasa dan modern, PT Honda Prospect Motor meluncurkan New Honda BR-V 2019 di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019.

  • Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    28/04/2019

    Mobil terbagi dalam beberapa kelas yang memiliki kelebihan sendiri-sendiri, salah satunya adalah kelas GT4. Untuk meramaikan persaingan kelas tersebut, dari pihak TGR (Toyota Gazoo Racing) ikut menghadirkan mobil dalam varian balap yang merupakan generasi Supra teranyarnya yaitu Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Lantas bagaimana spesifikasi dan juga tampilan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya.