Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

17/10/2020| Fatchur Sag

Mengurangi angka kecelakaan menjadi salah satu fokus Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Timur. Diantaranya dengan mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan bermotor. Dalam hal ini sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) tilang elektronik dianggap sebagai salah satu cara yang cukup efektif dan sudah diterapkan di Surabaya.

Diperluas di seluruh Jatim

Dikutip dari NTMC Polri, Ditlantas Polda Jatim bakal menerapkan tilang elektronik ke seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, dari yang sudah matang hingga yang masih rencana awal.

“Untuk e-tilang ini kita melihat sarana dan prasarananya. Kita masih mempersiapkan itu dan yang sudah running kemarin Madiun. Kemarin kita siapkan juga di Gresik sama Lamongan sudah siap,” kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman, Rabu (14/10/2020).

>>> Kecelakaan di Jalan Tol, Antara Performa dan Pelanggaran Lalu Lintas

Foto Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman

Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman ungkap tilang elektronik bakal berlaku di seluruh Jatim

Dijelaskan Dirlantas, tilang elektronik menyeluruh di Jatim sebenarnya sudah lama direncanakan. Namun pandemi Covid-19 yang tengah melanda membuat rencana harus ditangguhkan. Selain mengurangi penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas, pihaknya juga turut fokus pada pengawasan protokol kesehatan masyarakat, khususnya pengguna jalan.

“Rencananya kita bisa menyeluruh. Memang dalam hal ini, situasi pandemi ini penindakan khususnya terhadap pelanggaran lalu lintas memang agak kita kurangi, kecuali yang mengarah pada penyebab kecelakaan lalu lintas,” kata Kombes Latif.

Tilang elektronik di Jawa Timur

Tilang elektronik di Jawa Timur sudah dimulai dari Kota Surabaya sejak 16 Januari 2020. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama dengan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim.

Dirlantas menyebut tilang elektronik tersebut cukup efektif menurunkan angka kecelakaan dibanding tahun 2019. Meski demikian jika dirata-rata setiap hari ada 22 masyarakat yang menjadi korban kecelakaan. Dan hal tersebut menjadi hal yang sangat diperhatikan.

“Sehingga kita beberapa kegiatan dengan adanya pandemi ini ada beberapa kegiatan yang kita sedikit kurangi. Tapi kita tetap fokus pada kecelakaan lalu lintas dan itu tetap menjadi prioritas,” pungkasnya.

>>> Sebulan Diberlakukan, Tilang Elektronik di Surabaya Jaring 6.035 Pelanggar

Foto menunjukkan polisi sedang menjelaskan Target pelanggaran kena tilang elektronik di Surabaya

Tilang elektronik di Jawa Timur berlaku di Surabaya dan Sidoarjo

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

  • Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

    17/10/2020| Fatchur Sag

    Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

    Ditlantas Polda Jawa Timur berencana menerapkan tilang elektronik di seluruh wilayah provinsi yang saat ini berlaku di Surabaya dan dipersiapkan di kota lain.

  • Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    21/09/2020| Abdul

    Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    Power window merupakan salah satu fitur pada mobil yang memberikan kemudahan kepada pengemudi saat ingin membuka dan menutup jendela. Sistem yang digunakan sudah elektrik sehingga tidak perlu repot memutarnya tapi cukup menekan tombol saja. Terdapat komponen utama pada power window yang membantu kinerjanya.

  • Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    05/09/2020| Abdul

    Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    Menyalakan lampu mobil saat turun hujan diperlukan untuk membuat visibilitas berkendara mengalami peningkatan. Namun kadang beberapa orang berpikir, lampu mana yang dinyalakan, apakah lampu senja atau lampu utama?

International