Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

21/09/2020 | Abdul

Power window terdiri dari beragam komponen dalam mendukung kinerjanya. Namun terdapat komponen utama pada power window yang dimiliki oleh mobil. Fungsi power window sendiri yaitu untuk mempermudah pengemudi dalam membuka dan menutup jendela. Hanya tinggal menekan tombol saja jendela sudah dapat naik atau turun.

Jika dilihat secara umum terdapat beberapa komponen utama yang terdapat pada power window mobil yaitu Motor power window, Regulator power window, saklar power window dan saklar utama power window. Mengenai penjelasan dari keempat komponen yang telah disebutkan bisa lihat di bawah ini:

1. Saklar Utama Power Window

Gambar ini menunjukkan saklar power window utama di pengemudi mobil

Saklar utama bisa membuat mengoperasikan semua jendela di pintu mobil

>>> Ini cara mengetahui gejala kerusakan pada power window di mobil

Pada komponen ini di tempatkan pada bagian pintu pengemudi mobil. Dengan mengandalkan komponen ini maka semua jendela di mobil bisa dioperasikan oleh pengemudi. Untuk saklar utama bisa digunakan untuk mengoperasikan kaca jendela di pintu pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang kanan dan kiri.

Jadi pengemudi bisa mengontrol semua jendela pada mobil, mana yang mau dibuka dan mana yang ditutup. Bahkan pada saklar utama ini telah dibekali dengan saklar pengunci, jika power window dikunci maka penumpang depan atau penumpang belakang tidak dapat mengoperasikan kaca di pintu.

2. Saklar Power Window Lain

Komponen utama pada power window selanjutnya adalah saklar power window yang berada selain di pintu pengemudi. Berbeda dengan nomor 1, saklar in hanya dapat mengoperasikan kaca jendela di mana tempat berada saja. Untuk letak saklar ini adalah di bagian pintu belakang kanan dan kiri serta pintu penumpang depan.

>>> Cara Paling Efisien Membuka Pintu Mobil Tanpa Kunci

Gambar ini menunjukkan saklar power window pada pintu belakang mobil

Salar power window di pintu hanya bisa digunakan untuk mengoperasikan kaca pada pintu tersebut

>>> Ternyata ini penyebab power window Toyota sering macet

3. Motor Power Window

Motor window mempunyai fungsi untuk menjadikan energi listrik berubah jadi gerakan atau putaran. Putaran yang dihasilkan dihubungkan ke bagian mekanisme regulator sehingga dapat membuat kaca jendela bisa bergerak naik dan turun. Bahkan bisa disebutkan fungsinya adalah untuk memutar roda gigi pinion, untuk motor window yang dipakai umumnya adalah motor listrik yang menggunakan arus DC supaya bisa bergerak berlawanan.

4. Regulator Power Window

Komponen terakhir adalah regulator power window. Pada komponen motor window dapat menghasilkan putaran yang disalurkan melalui regulator sehngga dapat berubah menjadi gerakan naik dan turun. Adapun yang mendukung regulator melakukan kinerjanya adalah lengan X yang terhubung dengan penstabil regulator.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan dan kaca jendela mobil terbuka

Power window memudahkan pengendara menutup dan membuka kaca mobil

Gerakan dari kaca yakbni naik turun berkat gerakan dari lengan X. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai komponen utama pada power window. Semoga bisa memberikan pengatahuan dan manfaat bagi Sobat pembaca.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 13/09/2021 | Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • 03/05/2021 | Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • 15/03/2021 | Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.