Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor

24/12/2018 Arfian Alamsyah Review Toyota

Akibat pajak sedan yang tinggi, kini mobil ini menjadi kurang diminati oleh konsumen di Indonesia. Padahal Toyota Vios adalah mobil sedan kecil yang kompak dan juga berperforma baik. Kini kami persembahkan review Toyota Vios 2019 versi ekspor hanya untuk Anda.

1.  PENGANTAR TOYOTA VIOS 2019

Review Toyota Vios 2019 Versi EksporToyota Vios di Indonesia memiliki sejarah yang panjang di Indonesia, mirip dengan Toyota Avanza yang diperkenalkan di Indonesia pada bulan desember 2003, Toyota Vios ini juga dahulu  diperkenalkan di pasar mobil Indonesia pada tahun yang sama. Hanya saja, segmen sedan memang dari dulu kurang menggigit, tidak seperti pasar MPV 3 baris yang memang laku bak kacang goreng di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena pajak yang kurang bersahabat dengan mobil jenis sedan.

Gambar mobil Toyota Vios G 2003 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Seperti inilah tampang Toyota Vios saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2003

Tepat pada bulan September 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia melakukan ceremony peringatan 1 juta unit ekspor mobil Toyota ke berbagai belahan negara di dunia. Salah satu yang diekspor adalah Toyota Vios yang dinamai Toyota Yaris Sedan. Nah, lalu apa saja beda Toyota Vios versi ekspor ini apabila dibandingkan dengan versi lokal? Kami secara ekslusif akan mengulasnya untuk Anda dalam bentuk review Toyota Vios 2019 versi ekspor.

Gambar mobil Toyota Vios ekspor 2019 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Toyota Vios ataupun Yaris Sedan yang dipasarkan ke banyak negara adalah produksi Indonesia

2. EKSTERIOR TOYOTA VIOS 2019

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Tampilan Depan

Gambar mobil Toyota Vios versi ekspor 2019 dilihat dari sisi depan

Tampilannya tak ubahnya Toyota Vios E yang diterondoli lagi

Sebenarnya tampilan depan Toyota Vios 2019 Versi Ekspor ini tidak ubahnya Toyota Vios yang hadir di Indonesia. Hanya saja, kelengkapannya lebih diterondoli lagi. Maklum saja, di luar negeri Toyota Vios tersedia hingga tipe J, yang mana tipe J adalah tipe terendah dari Toyota Vios, dan di Indonesia, Toyota Vios tipe J ‘disulap’ menjadi Toyota Limo. Tampilan Toyota Vios versi ekspor ini lebih sederhana apabila dibandingkan dengan Toyota Vios versi yang dijual di Indonesia.

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Tampilan Samping

Tampak samping mobil Toyota Vios 2019 versi ekspor berwarna putih

Toyota Vios 2019 versi ekspor ini sama persis dengan Toyota Vios yang dipasarkan di tanah air, hanya ada sedikit perbedaan detail

Sama seperti Toyota Vios yang dijual di Indonesia, bentuk bodi tampilan samping dari mobil ini juga sama dengan Toyota Vios yang dijual di Indonesia. Hanya saja, untuk versi ekspor ini menggunakan pelek besi yang modelnya sama dengan Toyota Limo, pakai ukuran ring 14, dan dengan ukuran PCD 4 x100 serta dengan kelir warna hitam. Sementara Limo yang dijual di tanah air menggunakan warna dasar silver aluminium.

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Tampilan Belakang

Gambar mobil Toyota Vios 2019 versi ekspor dilihat dari sisi belakang

Toyota Vios 2019 versi ekspor ini menggunakan nama Toyota Yaris Sedan di luar negeri

Beralih ke tampilan belakang Toyota Vios 2019 versi Ekspor ini, lagi-lagi tak ada bedanya dengan Toyota Vios yang dijual di negeri kita tercinta ini. Bedanya, untuk kualitas material dasbor masih menggunakan bahan yang serupa dengan Toyota Limo. Singkat kata, aura mewah dari Toyota Vios yang dijual di negeri kita tercinta ini tidak terpancar dari Toyota Vios 2019 versi ekspor alias Toyota Yaris sedan ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA VIOS 2019

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor sebuah Toyota Vios 2019 versi ekspor

Mirip dengan Toyota Vios yang dijual di Indonesia, versi ekspor ini menggunakan dasbor yang serupa hanya beda format setir

Layout dasbor dari Toyota Vios 2019 versi ekspor sama persis dengan Toyota Vios yang dijual di Indonesia, bedanya Toyota Yaris Sedan alias Toyota Vios 2019 versi ekspor ini menggunakan format setir kiri, karena menyesuaikan dengan negara yang dituju untuk target ekspor. Yang patut diperhatikan adalah, layout dasbor memang sama, namun aura kemewahan tidak terlalu terpancar seperti pada Toyota Vios lokal.

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Setir

Gambar bagian Setir sebuah Toyota Vios 2019 versi ekspor

Setirnya polos dan tidak terdapat tombol pengatur audio di setir

Berbeda dengan Toyota Vios yang dijual di Indonesia, setir yang digunakan pada Toyota Yaris Sedan ini menggunakan setir standar yang polos dan menggunakan kelir hitam. Anda tidak akan menemukan tombol pengatur audio di setir dan juga tombol pengatur Multi Information Display yang bersebelahan dengan panel takometer. Kami menduga bahan setir ini akan licin dan tidak terlalu nyaman untuk digenggam.

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Kursi

Gambar Kursi belakang mobil Toyota Vios 2019 versi ekspor

Meski bahan pelapis joknya tidak terlihat terlalu mewah, namun semua kursi sudah dilengkapi dengan seatbelt ELR 3 titik

Lima penumpang dewasa termasuk pengemudi dapat dengan nyaman duduk didalam Toyota Vios 2019 versi ekspor ini. Karena, sejak awal kemunculannya memang Toyota Vios termasuk dalam sedan kecil yang mempunyai kepraktisan maupun akomodasi yang baik. Sayangnya, kursi Toyota Vios 2019 versi ekspor ini tidak dilengkapi dengan jok kulit serta menggunakan bahan kain dengan warna beige yang mudah kotor.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA VIOS 2019

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Pelek dan ban sebuah Toyota Vios 2019 Versi Ekspor

Meski peleknya masih pakai besi dan modelnya standar namun sudah dilengkapi dengan ABS

Biasanya, mobil dengan tipe terendah itu tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Namun, berbeda dengan Toyota. Saat ini semua produk Toyota baik tipe termurah hingga tipe termahal sudah dilengkapi dengan ABS (Anti Lock Braking System yang mencegah rem mengunci sehingga mobil bisa tetap dikendalikan meski sedang melakukan pengereman darurat) dengan EBD serta Dual SRS Airbag. Dan Toyota Vios 2019 Versi Ekspor ini bukanlah suatu pengecualian.

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Ringkasan Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan Fitur hiburan pada mobil Toyota Vios 2019 versi ekspor

Sayang sekali fitur hiburan pada Toyota Vios 2019 Versi Eskpor ini begitu minim, karena konektivitasnya terbatas

Jika Anda berharap akan ada fitur hiburan yang banyak pada Toyota Vios 2019 Versi Ekspor ini, maka Anda akan kecewa karena mobil ini tidak dilengkapi dengan fitur hiburan yang banyak seperti pada Toyota Vios lokal. Itu semua sebenarnya tercermin ketika kita membahas bagian interiornya di sub-bab setir dan layout dasbor. Hanya tersedia CD, input AUX, dan juga radio serta dilengkapi dengan 4 buah speaker tanpa tweeter.

>>> Apakah Aman Bahan Bakar Solar B20 Dikonsumsi Mesin Diesel Toyota? Ini Penjelasannya

5. OPERASI TOYOTA VIOS 2019

Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor : Performa

Mesin yang digunakan oleh Toyota Vios 2019 versi ekspor ini masih menggunakan basis dari Toyota Vios yang dijual di Indonesia. Mobil ini menggunakan mesin 2NR-VE 4 silinder berkapasitas 1,496 cc segaris 16 katup DOHC, berteknologi katup variabel Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 Ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan tranmisi otomatis CVT 7 percepatan.

Gambar bagian Mesin mobil Toyota Vios 2019 Versi Ekspor

Mesin 2NR-VE yang tertanam dibalik bonnet mobil ini adalah persis yang ada pada Toyota Grand New Avanza dan Toyota Sienta

Mobilmo.com sempat menguji-coba Toyota Vios G 2018 bertransmisi CVT. Kalau boleh jujur mesin 2NR-VE agak kurang tenaga untuk Toyota Vios terbaru ini, akselerasinya cenderung mengalun walau kombinasi transmisi CVT-nya akan membuat konsumsi bahan bakarnya irit sekaligus melajukan mobil dengan halus. Karena keterbatasan ruang pengetesan, kami tidak bisa menghitung secara riil berapa konsumsi bahan bakarnya. Untuk keasyikan mengemudinya juga masih jauh apabila dibandingkan dengan rival-rivalnya seperti Honda City. 

>>> Sedang cari informasi tentang mobil Toyota lain? Klik sini untuk baca artikel review mobil Toyota terlengkap dari tim Mobilmo.com

6. SPESIFIKASI TOYOTA VIOS 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Vios Versi Ekspor 2019.

 

Mesin Toyota Vios Versi Ekspor 2019

Seri mesin

2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i

Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Tenaga Maksimum

104,5 Hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Diameter X Langkah

72,5 mm X 90,6 mm

Transmisi Tipe

CVT

Rangka Toyota Vios Versi Ekspor 2019

Panjang Keseluruhan

4.425 mm

Lebar Keseluruhan

1.730 mm

Tinggi Keseluruhan

1.500 mm

Jarak Poros Roda

2.550 mm

Kapasitas Tangki

45 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Vios Versi Ekspor 2019

Ban

Bridgestone Ecopia

Pelek

14 Inchi

Ukuran Ban

175/65R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA VIOS 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Toyota Vios 2019 Versi Ekspor ini.

 

Kelebihan

Kekurangan

Durabilitas Terjamin

Fitur Kurang Lengkap

Nama Besar Toyota

Radius Putar Besar

Akomodasi Baik

Bobot Mobil Berat

8. DAFTAR HARGA TOYOTA VIOS 2019

Karena mobil ini diperuntukkan untuk ekspor, maka harga tidak diketahui tetapi untuk Toyota Vios di Indonesia dijual dengan rentang harga Rp 291 jutaan hingga Rp 326 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA VIOS 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA VIOS 2019

Gambar mobil Toyota Vios 2019 Versi Ekspor  berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Toyota Vios 2019 versi ekspor ini tidak lebih mewah tampilannya dibandingkan dengan Toyota Vios versi lokal

So, is this car for you? Jika Anda seorang pengabdi sedan alias penyuka sedan, maka Toyota Vios adalah salah satu mobil berjenis sedan yang cocok untuk Anda gunakan sehari-hari.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review BMW X4 2019: Sport Activity Coupé yang Lebih Sporty
    Review BMW Padli Nurdin

    Review BMW X4 2019: Sport Activity Coupé yang Lebih Sporty

    17/01/2019

    BMW X4 2019 memang terlihat seperti versi Mini dari BMW X6, tetapi kembaran X3 untuk platform dan mesin yang sama. Namun tidak sama seperti generasi pertama, generasi kedua merupakan penambahan dari semua komponen, mulai dari tampilan luar, interior dalam, hingga kenyamanan berkendara.

  • Review BMW X2 2019: SUV Mungil Sporty Berperforma Tinggi BMW
    Review BMW Padli Nurdin

    Review BMW X2 2019: SUV Mungil Sporty Berperforma Tinggi BMW

    16/01/2019

    Diperkenalkan untuk dipasarkan pada 2018, dan mungkin di Indonesia tahun 2019, BMW X2 2019 adalah jawab BMW untuk menghadapi SUV mungil Audi Q2 yang diluncurkan pada 2016. Berada dalam slot crossover kecil antara X1 dan X3, pada dasarnya X2 adalah versi sporty yang ditawarkan dengan mesin bensin dan diesel.

  • Review Audi e-tron GT 2019
    Review Audi Arfian Alamsyah

    Review Audi e-tron GT 2019

    15/01/2019

    Inilah senjata baru dari Audi guna menantang kedigdayaan Tesla Model S yang mulai merajai penjualan mobil di Amerika dan juga membuat beberapa pemain lama termasuk Audi tersengal-sengal nafasnya. Inilah pendapat kami mengenai Audi e-tron GT 2019.