Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

13/10/2020| Abdul

Pada saat mengemudi mobil, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah visibilitas pengendara terhadap jalan. Karena dalam beberapa kondisi seperti hujan lebat dapat mengurangi visibilitas berkendara. Meskipun begitu, terdapat komponen yang bisa  digunakan untuk mengantisipasinya yaitu wiper mobil. Namun tanda karet wiper mobil perlu diganti harus diperhatikan.

Gambar ini menunjukkan kaca depan dalam kondisi basah

Kaca depan yang basah membuat visibilitas pengendara berkurang

>>> Mengetahui Fungsi Wiper Dan Washer Beserta Cara Kerjanya

Pemeriksaan wiper perlu dilakukan untuk menjaga visibilitas pengemudi. Jangan sampai bagian ini bermasalah sehingga kenyamanan berkurang dan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Adapun fungsi wiper adalah untuk membersihkan atau menyeka kaca mobil dari air karena turun hujan. Pada saat turun hujan dan tidak ada wiper bekerja maka pandangan pada jalan jadi buram dan bisa beresiko menimbulkan kecelakaan.

Wiper mobil juga mempunyai usia pakai, sehingga perlu dilakukan penggantian saat sudah masanya. Terdapat beberapa tanda karet wiper mobil yang bisa diperhatikan, sehingga dapat segera dilakukan penggantian dan kembali bekerja dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa tandanya yang dilansir dari laman resmi Honda Indonesia.

1. Terdapat Sisa Air Wiper Di Kaca

Untuk mengetahui hal ini dapat dicoba dengan melakukan penyiraman pada kaca mobil. Setelah itu dilanjutkan dengan membersihkannya dengan wiper pada mobil. Apabila kaca bisa kering menyeluruh tanpa meninggalkan bercak air maka menandakan wiper masih prima. Akan tetapi bila masih ada bercak air maka menjadi tanda bahwa karet wiper sudah perlu diganti.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar iini menunjukkan wiper sedang bekerja menyeka kaca depan mobil

Saat wiper bekerja dengan baik maka penyekaan akan maksimal

>>> Ingin Berkendara Saat Hujan Deras? Jangan Nekat, Perhatikan Dulu Tipsnya Supaya Aman

2. Muncul Suara Berdecit

Ketika mempraktekkan cara di atas dan muncul suara berdecit ketika wiper sedang melakukan kinerjanya, maka tandanya karet mulai mengeras dan tidak fleksibel lagi. Jika karet sudah tidak fleksibel lagi, maka beresiko muncul masalah lain seperti baret pada kaca sehingga visibilitas menjadi kurang baik.

3. Bentuk Karet Wiper Berubah Tidak Bagus

Adapun hal terakhir yang menjadi tanda karet wiper perlu dilakukan penggantian adalah menyentuh karet secara langsung. Jika kondisinya sudah kasar teksturnya, pecah-pecah, pinggiran tidak rata atau ada retakan maka menunjukan bahwa karet wiper telah aus. Kemudian dari segi bentuk, kondisi karet sudah tidak begitu baik dan tampak melengkung atau tidak lurus. Apabila kondisi tersebut terjadi maka akan ada bagian pada kaca mobil yang tidak tersapu oleh karet wiper.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan karet wiper sedang dipegang

Ada tanda dimana karet wiper perlu diganti

Demikianlah informasi mengenai beberapa tanda karet wiper mobil perlu dilakukan penggantian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pengingat saat wiper bermasalah supaya segera dilakukan penggantian serta tidak menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International