Ban Mobil Seperti Apa Yang Cocok Buat Mobil Saya? Ini Trik Memilihnya

11/12/2018 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Banyaknya merek ban dan juga tipe ban tak jarang membuat para pemilik mobil bingung. Ban mobil seperti apa yang cocok buat mobil saya? Ini trik memilihnya.

Lagi-lagi ada pertanyaan yang sampai di meja redaksi Mobilmo.com, Kali ini pertanyaannya datang dari Deriska Hartias, salah satu pembaca web teknik mobil nomor satu di Indonesia, yakni Mobilmo.com. Wanita yang berprofesi sebagai dokter muda ini bingung dalam memilih ban untuk mobil kesayangannya, lantaran banyak sekali merek, jenis dan tipe ban yang beredar di pasaran. Memang sih, harus diakui banyaknya merek dan juga tipe ban tak jarang membuat para pemilik mobil bingung, salah satunya wanita yang akrab dipanggil Riska ini. Lalu bagaimana cara mengetahui ban seperti apa yang cocok untuk mobil? Ini trik memilihnya.

Tampak Berbagai macam merek ban mobil

Banyak sekali jenis ban yang hadir di pasaran

Pada dasarnya ban yang menempel pada mobil standar adalah ban yang paling pas untuk dipilih kembali menggantikan ban lama yang sudah aus. Itu disebabkan karena umumnya pabrikan mobil umumnya sebelum meluncurkan produk mobil mereka ke pasaran. Para pabrikan mobil umumnya bekerja sama dengan pabrikan ban mobil dalam mengembangkan ban yang cocok dengan mobil mereka. Seperti contoh All New Honda Brio, produk andalan Honda ini menggunakan dua merek ban yang menjadi standar bawaan mobil yang mana keduanya berbeda antara varian Satya dengan RS.

>>> Baca juga: Berapa Lama Sih Ban Boleh Disimpan?

Tampak sebuah mobil Honda City yang pakai ban Bridgestone

Ban memiliki fungsi yang sangat penting di mobil, jangan sampai salah pilih ya!

Untuk All New Honda Brio RS menggunakan ban bawaan Bridgestone Potenza RE030 yang memiliki reputasi grip yang superior. Sementara All New Honda Brio Satya pakai ban bawaan Dunlop Enasave yang terkenal memiliki rolling resistance rendah, sehingga mobil dapat menjadi lebih hemat bahan bakar. Apakah hanya itu saja triknya? Tentu saja tidak, yang paling penting adalah, Anda harus mengenali ukuran ban standarnya. Misal, ukuran standar mobil Anda adalah 185/55R15 berarti jika Anda hendak mengganti ban yang lebih bagus atau high performance, pilihlah dengan ukuran yang sama. Anda tidak disarankan untuk mengganti dengan ukuran yang lebih tebal.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

tampak Ban All new Honda Brio RS vs Satya

Setiap pabrikan sudah menghitung secara detail ukuran ban yang mereka gunakan di produk mereka

Mengapa demikian? Lagi-lagi alasannya adalah hitung-hitungan pabrikan mobil. Karena para insinyur yang merancang mobil di masing-masing pabrikan sudah memperhitungkan secara cermat ban yang digunakan pada mobil Anda untuk mendapatkan keseimbangan yang baik mengenai performa dan kenyamanan. Juga perhatikan, ban bawaan mobil Anda apakah berkonstruksi radial atau bias. Jika bawaan mobil Radial, jangan ganti dengan ban Bias, karena nantinya akan mempengaruhi kenymanan pada mobil Anda.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca