Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

22/09/2020| Abdul

Pada saat kemudi mobil bergetar bisa menjadi indikasi ada kerusakan pada mobil. Bagi pemilik diharapkan memperhatikan segala sesuatunya karena beberapa tanda kecil bisa saja datang sebelum masalah terjadi. Seperti getaran pada kemudi, karena beda getaran maka penanganannya juga berbeda.

Ketika terjadi masalah tersebut maka membuatnya tetap prima ada caranya sendiri tergantung getarannya. Jadi getaran yang terjadi pada saat mesin idle atau ketika dikemudikan. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara supaya bisa menemukan masalah yang terjadi pada saat ada gejala setir mobil bergetar sendiri.

1. Masalah Pada Engine Mounting

Gambar ini menunjukkan engine mounting pada mobil

Getara bisa terjadi pada saat mesin idle atau ketike mobil melaju

>>> Baca Juga, Beberapa Alasan Kemudi Mobil Berbentuk Lingkaran Dan Penggantian Model Racing

Engine mounting adalah komponen mobil yang bahan materialnya adalah karet dan biasa disebut juga dengan nama dudukan mesin. Jika bagian ini mengalami masalah maka getaran yang berasal dari  mesin tidak dapat diredam dengan baik.

Berkaitan dengan hal tersebut dari pihak Suwito yang merupakan salah satu punggawa bengkel Sekawan Motor yang berlokasi di Jl. Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat menyebutkan, bahwasanya getaran yang terjadi pada kemudi mobil  bisa menjadi pertanda bahwa  engine mounting bermasalah. Untuk ciri-cirinya adalah getaran terjadi saat mesin menyala dan mobil sedang idle atau tidak dijalankan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Mengecek Kaki-Kaki Mobil

Gambar ini menunjukkan proses spooring balancing pada mobil

Spooring dan balancing bisa membuat pemilik tahu komponen yang berpotensi masalah

>>> Lihat Juga, Bolehkah Memutar Setir Sampai Mentok?

Berbeda lagi saat kemudi mobil bergetar ketika mobil dijalankan serta dalam jalan yang tidak rata dan dalam kecepatan tertentu. Bila hal tersebut terjadi maka penanganan yang perlu dilakukan adalah dengan spooring dan balancing di bagian kaki-kaki kendaraan.

Jadi umumnya getaran terjadi pada kecepatan tertentu biasanya saat melaju 80 km/jam. Dengan melakukan spooring dan balancing membuat pemilik mengetahui komponen yang berpotensi mengalami masalah sehingga membuat setir mobil bergetar. Beberapa komponennya seperti tie rod, rack steer, ball joint dan lainnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Setir Masih Bergetar Ketika Melakukan Pengereman

Gambar ini menunjukkan tangan memegang kemudi mobil

Kemudi bergetar bisa juga karena sistem pengereman bermasalah

Adapun yang terakhir soal kemudi mobil bergetar adalah saat melakukan pengereman dan sebelumnya mobil dalam kecepatan cukup tinggi. Jadi pada saat mobil sudah dilakukan spooring dan balancing tapi kemudi masih bergetar maka bisa jadi pada sistem pengeremannya.

Hal tersebut seperti dijelaskan oleh Suwarno selaku Technical dan Training Staf ERA (Emergency Roadside Assistance) Astra World. Pihaknya menyebutkan bahwasanya dalam kasus di atas yang membuat sistem bergetar kemungkinannya adalah dikarenakan oleh sistem pengereman. Bisa jadi sistem rem, piringan (tromol) dan rotor tidak rata. Yang kerap terjadi adalah pada piringan rem pada bagian ban depan baik kanan maupun kiri.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International