Mengapa Dasbor Mobil Baru Lebih Tinggi Dari Mobil Lama?

19/12/2018 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Pernahkah Anda merasa jika sedang mengemudikan mobil dengan produksi tahun lama, terasa lebih commanding bila dibandingkan dengan mobil baru? Ternyata sebabnya selain pengaturan jok, ternyata dasbor mobil lawas itu lebih rendah daripada mobil baru. Lalu mengapa dasbor mobil baru itu lebih tinggi dari mobil lama?

Pernahkah Anda merasa ketika sedang mengemudikan mobil keluaran tahun lama, pandangan kedepan terasa sangat luas dan posisi duduknya terasa tinggi meski setalan tempat duduk sudah berada di posisi paling bawah (rendah). Tidak sedikit yang merasakan hal seperti ini, lalu mengapa posisi dasbor mobil baru itu lebih tinggi dari mobil keluaran lama? Bukankah jika dasbor posisinya tetap dibiarkan rendah akan lebih aman karena membantu visibilitas kedepan?

>>> Baca juga: Ban Mobil Seperti Apa Yang Cocok Buat Mobil Saya? Ini Trik Memilihnya

Dasbor sebuah All New Kia Grand Sedona Diesel 2018

Dasbor mobil keluaran baru pasti tinggi karena berkompromi dengan kepraktisan kabin

Ternyata jawabannya adalah faktor kepraktisan yang harus berkompromi dengan hal tersebut. Jika suatu dasbor mobil diletakkan terlalu rendah memang akan menguntungkan untuk pengemudi sebab visibilitas semakin baik pula, karena nyaris semua permukaan jalan akan dengan mudah terpantau dari kursi pengemudi. Namun, ruang penyimpanan yang menjadi poin utama kepraktisan akan sangat terkorbankan. Maka dari itu, posisi dasbor pada mobil kekinian pasti diletakkan lebih tinggi dari mobil lawas.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Tampak Posisi duduk di All New Honda Brio RS 2018

Dasbor yang tinggi akan berdampak pada visibilitas yang terasa kurang dijalan, apalagi kalau pengemudinya pendek tinggi badannya

Namun, bukan berarti hal tersebut akan mengorbankan visibilitas pengemudi melihat kondisi jalan didepan. Para pabrikan mobil kini juga menyediakan pengaturan yang semakin fleksibel. Seperti pengaturan kursi yang lebih bebas untuk maju mundur, hingga naik dan turun. Lalu pengaturan setir yang dengan leluasa dapat dinaik dan turunkan serta dimaju dan mundurkan sesuai dengan postur tubuh si pengemudi mobil itu sendiri. Bahkan, untuk mobil-mobil keluaran terbaru dan masuk kategori mobil mewah, posisi duduk pengemudi dapat disimpan pada memori yang telah disediakan.

>>> Baca juga: Mengencangkan Busi Tidak Boleh Sembarangan, Ini Dia Cara Yang Benar

Tampak Mobil semi bonnet Esemka 2019

Mobil keluaran lama punya tata letak dasbor yang lebih rendah dari mobil keluaran terbaru

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca