Memahami Cara Kerja Honda LaneWatch Technology

12/12/2018 Arfian Alamsyah TOP mobil

Blind spot adalah titik buta yang berbahaya bagi pengemudi maupun orang yang disekitar kendaraan yang Anda kemudikan. Honda punya solusinya, mari kita memahami Honda LaneWatch Technology

Blind spot alias titik buta pada kendaraan itu sangat berbahaya. Baik, bagi Anda yang mengemudikan mobil, maupun bagi orang ataupun kendaraan di sekitar Anda. Sebaik apapun desain mobil, pasti masih ada blind spot-nya. Honda memiliki solusi jitu nan canggih untuk mengatasi blind spot pada kendaraan buatannya. Teknologi pintar tersebut dinamakan Honda LaneWatch Technology.

Tampak Honda LaneWatch Technology dari kacamobil dan layar juga

Honda LaneWatch Technology memanfaatkan kamera sebagai mata dan layar sebagai interpretasi

Honda LaneWatch Technology itu termasuk teknologi Honda SafetySense yang digadang-gadang Honda di mobil terbaru mereka. Cara kerja Honda LaneWatch Technology juga mudah untuk dipahami. Mari kita bahas cara kerja fitur pintar ini. Pertama dimulai dari pendukung visualnya terlebih dahulu. Agar sistem ini dapat berjalan sempurna maka dibutuhkan dua perangkat keras atawa hardware utama, yakni kamera pada spion dan layar monitor.

>>> Baca juga: Ternyata Kondisi Mesin Idle Itu Lebih Berbahaya Dari Mesin Berputar Di Putaran Tinggi, Kok Bisa?

Honda Odyssey dengan Honda LaneWatch Technology

Honda Odssey adalah salah satu big MPV Honda yang dilengkapi dengan fitur canggih ini

Yang kedua yang harus Anda pahami adalah cakupan area-nya. Honda LaneWatch Technology dapat mengidentifikasi cakupan objek di samping mobil hingga 80 derajat area disamping mobil. Hal ini tentunya menguntungkan sekaligus dapat memberikan rasa aman bagi Anda. Karena, umumnya spion hanya mampu mendeteksi objek dibelakang kendaraan sebanyak 18 derajat. Jauh sekali bukan bedanya?

>>> Ingin tahu mengenai mesin dan teknologi terbaru di mobil saat ini, jangan abaikan tulisan tulisan ini

Cara aktivasi fitur Honda LaneWatch Technology

Aktivasi Honda LaneWatch Technology dapat melalui tombol pada tuas lampu sein

Lalu yang ketiga adalah cara aktivasinya, ada dua sistem konfigurasi cara aktivasi Honda LaneWatch Technology ini yang pertama ketika lampu tanda belok kiri atau kanan dinyalakan (tergantung posisi setir, jika posisi setir di kanan, maka fitur Honda LaneWatch Technology diletakkan di spion kiri, begitu juga sebaliknya), lalu aktivasi dengan menekan tombol ON pada ujung tuas lampu sein atau tanda belok.

Sebuah Layar interpretasi Honda LaneWatch Technology

Seluruh blind spot pada kendaraan akan terpantau dari layar ini

Honda LaneWatch ini memiliki keuntungan ketika Anda hendak berpindah lajur maka semua objek yang masuk dalam blind spot kendaraan akan terlihat, seperti sepeda motor, pejalan kaki, dan objek lainnya. Uniknya gambar yang tampil ada layar monitor diproses sedemikian rupa agar ringkas dan semua objek tertangkap dengan sempurna oleh kamera yang ada di mobil.

>>> Baca juga: Ternyata Kondisi Mesin Idle Itu Lebih Berbahaya Dari Mesin Berputar Di Putaran Tinggi, Kok Bisa?

Tampak Layar Honda LaneWatch Technology dalam mobilnya

Terdapat tiga garis yang dapat menjadi panduan dalam membaca blind spot di samping mobil Anda

Ada tiga refrensi panduan jarak yang dapat Anda jadikan patokan memprediksi kedekatan objek pada blind spot mobil Anda. Garis pertama (paling ujung) menunjukkan objek ada 20 meter pada belakang samping dari kendaraan Anda, garis kedua (tengah) menunjukkan jarak objek ada 10 meter dibelakang samping kendaraan Anda, dan yang terakhir garis pertama (yang paling panjang di depan) menunjukkan objek 0 meter di samping kendaraan Anda.

>>> Baca juga: Review Dan Test Drive Honda New Brio Satya 2018

Tampak All New Honda Brio Satya dan RS

Di masa depan bukan tidak mungkin All New Honda Brio memiliki fitur canggih ini

Sementara fitur pintar anti titik buta ini hanya dapat dinikmati oleh Honda Accord yang dijual di Indonesia. Namun, jika permintaan bagus, bukan enggak mungkin fitur pintar seperti ini dapat ditemui pada produk populer Honda seperti All New Honda Brio maupun Honda New Mobilio di masa depan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca