Review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

24/12/2018 Arfian Alamsyah Review Suzuki

Saat bertandang ke pabrik Suzuki Indonesia, kami menemukan sebuah harta karun! Tidak hanya menemukan saja, kami juga sengaja mencobanya. Dan inilah review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 hanya untuk Anda pembaca setia website nomor satu seputar teknik mobil.

1. PENGANTAR SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019Suzuki Carry memang adalah sebuah mobil yang legendaris di Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Carry? Mesinnya bandel, jago nanjak, muat banyak (untuk versi minibus), dan juga durabilitas ekstra kuat. Bahkan kami dari Mobilmo.com yang punya kacamata teknik dalam menilai mobil, menganggap jika Suzuki Carry adalah sebuah truk berbodi pick up mini. Suzuki Carry sendiri di Indonesia kini umurnya sudah 35 tahun dari mulai pertama kali diluncurkan di tahun  1983. Dan selama lebih dari 3 dekade itulah Suzuki Carry bertransformasi guna memenuhi tuntutan dari para konsumennya. Dari mulai pakai mesin F10A yang legendaris, sampai terakhir menggendong mesin G15 injeksi yang sudah Euro 2.

Sebuah Mobil Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 berwarna putih

Foto ini kami ambil langsung dari 'kandang macan' PT Suzuki Indomobil Sales, akankah segera dipasarkan di Indonesia?

Namun sayangnya. hegemoni Suzuki Carry sebagai mobil sejuta umat untuk mengangkut barang nampaknya sudah mulai tergeser dengan rivalnya Daihatsu Gran Max dan Hi Max. Maklum saja, Duo Daihatsu itu menggunakan desain rancang bangun yang lebih modern, dan mesin yang lebih modern dari Suzuki Carry. Terlebih, kedepan ada kewajiban standar emisi Euro 4 dari pemerintah yang membuat Suzuki Carry makin tergeser. Lalu apakah nasib Suzuki Carry akan berakhir begitu saja? Well... bukan Mobilmo.com namanya jika tidak memiliki naluri jurnalistik yang kuat, saat bertandang ke pabrik Suzuki, kami menemukan sebuah harta karun yang enggak sembarangan orang menyadari. Sebuah Suzuki Super Carry pick Up Diesel 2019! Berikut ini kami persembahkan review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019.

Gambar mobil Maruti Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Apakah mobil ini sebuah sedang dipelajari oleh pihak PT Suzuki Indomobil Sales? Who knows?

2. EKSTERIOR SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Seperti yang biasa kami dari Mobilmo.com lakukan, kami akan mengajak Anda mengitari secara utuh mobil yang akan kami review. Tujuannya jelas, agar Anda mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai mobil yang akan kami ulas. Berikut ini review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 untuk bagian eksterior.

Tampilan Depan Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Tampilan depan mobil Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 berwarna putih

Secara umum tidak terlalu berbeda tampilan mobil ini dengan Suzuki Carry yang dijual di tanah air

Sebenarnya kalau kami boleh jujur, tidak terlalu berbeda tampilan depan dari Suzuki Super Carry Pick up Diesel 2019 versi India ini dengan yang dijual di tanah air tercinta kita. Hanya, memang ada sedikit pembeda minor jika diperhatikan lebih detail. Seperti lampu utamanya kini lebih jenong dan bagian atasnya lebih lebar bila dibandingkan dengan Suzuki Carry versi Indonesia. Belum lagi grill-nya kini lebih sederhana, hanya model hitam polos saja, malah menurut kami lebih oke Suzuki Carry yang dijual di Indonesia, karena masih ada sedikit ornamen warna silver pada grillnya. Lalu, terdapat 'mata kucing' dibawah bumper, dan terakhir logo TURBO berupa stiker warna merah yang jadi pembeda.

Tampilan Samping Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Tampilan Samping sebuah Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Dilihat dari samping, malah hampir tidak ada beda sama sekali

Jika Anda melihat mobil ini dari samping, Anda nyaris tidak akan menemukan perbedaan apa-apa, karena memang basis mobil yang digunakan oleh Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 ini sama dengan Suzuki Carry yang ada di Indonesia. Namun, jika Anda jeli Anda tetap akan menemukan sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan Suzuki Carry pick up rasa lokal. Pembedanya hanyalah di bagian sepatbor belakang, yang tidak akan Anda temukan di Suzuki Carry versi Indonesia. Sepatbor seperti itu hanya akan Anda temukan di Suzuki Carry Pick Up Wide Deck yang dijual dengan harga lebih mahal di tanah air. Lalu, jika Anda melongok ke bagian sampingnya lagi, Anda akan menemukan high mounted intake duck warna hitam alias snorkel seperti mobil-mobil yang digunakan untuk medan off-road berat.

Tampilan Belakang Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Gambar bagian belakang mobil Suzuki  Super Carry Pick Up Diesel 2019 dengan Maruti Suzuki Logo

Logo Maruti Suzuki ini adalah pembeda terbesar di mobil ini dibandingkan Suzuki Carry rasa lokal

Beralih ke bagian belakang Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 ini, Anda akan menemukan pembeda terbesar antara Suzuki Carry produksi India ini dengan Suzuki Carry versi Indonesia. Yaitu logo Maruti Suzuki yang bertengger apik pada bagian kiri belakang bak. Bukan hanya itu saja, garis mata kucing berwarna merah juga menjadi pembeda antara Suzuki Carry 'rasa lokal' dengan Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 yang sedang kami ulas ini. Lainnya, masih sama saja dengan Suzuki Carry yang dijual di Indonesia, seperti penemapatan lampu belakang, hingga posisi ban serep.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Kursi Dan Layout Dasbor Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Gambar bagian Kursi dan interior Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Secara umum tidak ada perbedaan antara interior Suzuki Carry Pick Diesel 2019 dengan Suzuki Carry yang dijual di Indonesia

Seperti yang kami sudah bilang berkali-kali, bahwa sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan yang berarti antara Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 ini dengan Suzuki Carry yang dijual di Indonesia. Kursi dari Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 yang diproduksi di India ini juga sama tipisnya dengan Suzuki Carry yang dijual di Indonesia, bedanya kalau di mobil ini menggunakan bahan kursi two tone, abu-abu dengan hitam. Dan juga untuk layout dasbornya mobil ini juga menggunakan model yang hampir sama dengan Suzuki Carry yang dijual di Indonesia. Belum lagi, panel spidometernya yang ternyata tidak selengkap varian lokal, karena tidak ada takometernya.

>>> Baca juga:

4. FITUR SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Ringkasan Fitur Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Gambar  Brosur Suzuki Super Carry Pick Up 2019

Untuk sebuah mobil niaga yang biasa digunakan untuk membawa barang, fitur mobil ini sudah lebih dari cukup

Esensi dari sebuah mobil niaga adalah, mobil yang kuat dan biasa digunakan untuk membawa barang dari titik A ke titik B. Fitur sebenarnya tidak terlalu penting berada pada sebuah mobil pengangkut barang seperti ini. Namun, tetap saja kelengkapan fitur dapat menjadi nilai lebih. Dan, Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 ini sudah bisa dikatakan lebih dari cukup fitur yang diusungnya. Seperti adanya power stering, power outlet 12 volt untuk mengecas handphone, seatbelt 3 titik untuk 2 orang, hingga head unit yang sudah bisa memainkan file musik dari USB. Fitur dibagian luarnya tidak kalah menarik, ada snorkel yang berfungsi agar mobil mampu tetap melaju meski banjir. hingga peletakan posisi ban serep yan mudah dijangkau serta pelindung aki agar tidak mudah terjamah oleh maling. 

>>> Perlu informasi tentang mobil Suzuki lainnya, klik sini untuk siamk semua artikel review mobil Suzuki di Mobilmo.com

5. OPERASI SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Performa Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 Sedang Membawa Barang

Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 diklaim jago membawa barang

Mesin diesel yang diusung oleh Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 adalah unit berkode DDiS BS - IV yang punya kubikasi bersih 793 cc dengan konfigurasi 2 silinder segaris 8 katup. Setiap silinder dilayani oleh dua katup in dan dua katup ex, serta prediksi kami dari Mobilmo.com rotasi putaran kruk as-nya pakai yang 360 derajat, dimana gerakan naik turun piston akan secara bergantian dan simultan sehingga tenaga akan terasa mengisi terus dari putaran bawah hingga menengah. Apalagi mesin ini sudah dilengkapi dengan sistem induksi udara paksa alias turbocharger yang membuat Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 tetap memiliki tenaga baik serta torsi yang memadai.

Gambar bagian Mesin DDiS BS-IV Suzuki Super Carry Pick Up Diese 2019

Mesin diesel mungil ini hanya berkapasitas 800 cc dan dengan konfigurasi 2 silinder

Gambar menunjukkan Struktur sasis Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Rangka dengan bahan high tensille menjamin kekuatan pada mobil ini

6. SPESIFIKASI SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019.

Mesin Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Seri mesin

DDiS Diesel Engine BS - IV, DOHC

Bahan Bakar

Solar

Tenaga Maksimum

24 Kw @ 3.500 rpm

Torsi Maksimum

75 Nm @ 2.000 rpm

Kapasitas Silinder

793 cc

Jumlah Silinder

2 Silinder

Transmisi Tipe

Manual 5 Percepatan

Rangka Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Berat Kotor

1600 kilogram

Radius Putar

4,3 meter

Jarak Poros Roda

2.110 mm

Kapasitas Tangki

30 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

Pelek

Besi

Ukuran Ban

155 R13 / LT 8PR

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin diesel irit bahan bakar

Tidak dijual di Indonesia

Fitur lengkap untuk sebuah kendaraan niaga

Belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat

Layanan purna jual Suzuki yang baik

Akselerasi berat

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

Karena belum dijual di Indonesia maka yang akan kami sajikan adalah harga Suzuki Carry Pick Up yang dijual di Indonesia, namun prediksi kami jika mobil ini akan dijual di Indonesia, maka akan lebih mahal sekitar Rp 5 jutaan dari Suzuki Carry Pick Up Wide Deck yang dijual di Indonesia.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI CARRY PICK UP BARU

Suzuki Carry Pick Up CH

Rp 101,500,000

Suzuki Carry Pick Up PICK UP Non Torii

Rp 140.500.000

Suzuki Carry Pick Up PICK UP FD PS

Rp 147.000.000

Suzuki Carry Pick Up PICK UP WD

Rp 142,500,000

Suzuki Carry Pick Up PICK UP WD PS

Rp 147,500,000

Suzuki Carry Pick Up BOX

Rp 149,500,000

Suzuki Carry Pick Up With Torii

Rp. 140.500.000

Suzuki Carry Pick Up FD PS With Torii

Rp. 147.000.000

Suzuki Carry Pick Up WD With Torii

Rp. 142.500.000

Suzuki Carry Pick Up WD PS With Torri

Rp. 147.500.000

Suzuki XTRA Pick Up WD

Rp. 138.500.000

Suzuki XTRA Pick Up WD PS

Rp. 145.500.000

*Harga Per Tanggal 7 Desember 2018

9. VIDEO SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI SUPER CARRY PICKUP DIESEL 2019

So, is this car for you? Kami memprediksi mobil ini akan masuk Indonesia pada pertengahan tahun 2019. Karena, peraturan pemerintah kini sudah mewajibkan seluruh mobil baru yang dijual di Indonesia harus berstandar emisi Euro4. Dan, pilihan PT. Suzuki Indomobil Sales bisa dikatakna tepat jika hendak memasukkan mobil ini sebagai pengganti Suzuki Carry di Indonesia. Apalagi, di negara kita tercinta ini masih sedikit sekali pemain pick up dengan mesin diesel. Dan, sejauh pengalaman kami mencoba mobil ini impresi kami cukup baik.

>>> Jangan lupa klik sini utnuk simak artikel review mobil lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    14/03/2019

    Nissan merupakan salah satu pabrikan yang memiliki nama di Indonesia. Produknya banyak diminati dan mampu bersaing dengan para rivalnya. Salah satu mobil yang baru dirilis adalah Nissan Serena terbaru. Perlu diketahui bahwa mobil ini memiliki 2 tipe yakni All New Nissan Serena X-Grade dan All New Nissan Serena Highway Star. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review All New Nissan Serena Highway Star 2019.

  • Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo
    Review Honda Abdul

    Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo

    28/02/2019

    Mobil SUV mempunyai peminatnya tersendiri, meskipun di Indonesia masih banyak penyuka mobil segmen MPV. Umumnya mobil kelas SUV diminati oleh kalangan kelas atas. Nah kali ini kami akan membahas salah satu kendaraan dalam segmen tersebut dan kami rangkum dalam Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo.

  • Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019
    Review Hyundai Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    25/02/2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?