Review Hyundai Ioniq Electric 2020 : Mobil Listrik Harga Murah Fitur Cukup Lengkap

01/10/2020| Abdul

1. PENGANTAR HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Mobil konvensional seakan terusik dengan kehadiran mobil listrik. Banyak pabrikan otomotif yang memproduksi jenis kendaraan tersebut, tidak terkecuali pabrikan mobil Hyundai. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut menghadirkannya ke Indonesia setelah sukses mengenalkannya di pasar global yang mempunyai penjualan cukup memuaskan.

Pertama kali mobil tersebut diperkenalkan dalam ajang Geneva Auto Show dengan membawa 3 varian. Namanya merupakan sebuah gabungan dari kata ion dan unique dan menjadi model pertama dari Hyundai yang mengandalkan tenaga hibrida plug-in, hibrida dan tenaga listrik yang murni pada satu kendaraan (pure elektrik).

Penjualannya laris manis karena di Amerika mobil tersebut menjadi kendaraan yang sangat efisien dari EPA (Environmental Protection Agency). Yang mana pada bulan Januari 2018 dapat mencatatkan penjualan di seluruh dunia sampai 106.300 unit dan hampir 25.000 mobil listrik murni yang terjual. Untuk pengenalannya di Indonesia dilakukan eksklusif.

2. EKSTERIOR HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Hyundai Ioniq Electric 2020 tampak depan

Lubang pada grille dapat kebuka dan ketutup otomatis

Kita mulai dari bagian depan, mobil Hyundai Ionic Electric 2020 menggunakan grille khas milik Hyundai. Untuk perbedaan dengan model konvensional adalah pada grillenya dibuat tertutup dan tidak diberikan lubang udara. Sebagai mobil listrik tidak butuh udara yang disalurkan ke bagian mesin. Dengan begitu maka aerodinamikan selama berkendara jadi lebih baik untuk efisiensi tenaganya.

Pada bagian lampu depan mengandalkan teknologi LED, kemudian pada front end juga terdapat lampu yang desainnya menjorok ke bagian dalam. Tujuannya adalah supaya dapat memecah udara yang berasal dari arah depan. Kemudian di bawahnya terdapat aksen silver meskipun sedikit sehingga tampak senada dengan bagian grille nya.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Hyundai Ioniq Electric 2020

Bagian samping tampak polos dan tidak banyak lekukan diberikan

Menuju ke sisi sampingnya, tampilannya terlihat polos dan tidak terdapat banyak lekukan. Sangat berbeda dengan kendaraan konvensional yang biasanya terdapat lubang pada bagian peleknya sebagai tempat untuk mengalirkan udara. Pelek yang digunakan adalah alloy 16 inci yang menggunakan tampilan unik. Bagian ini dibuat dengan desain agak tertutup yang diberi nama aerospoke yang menjadikan udara dapat langsung menuju ke bagian belakang supaya bisa lebih baik dalam hal aerodinamika.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Hyundai Ioniq Electric 2020

Sisi belakang tampak unik dan minimalis

Pada sektor belakang mempunyai desain unik, hal tersebut tampak pada bagian lampu belakang yang didesain minimalis dipadukan dengan penggunaan pintu belakang yang mempunyai desain milik Toyota Prius. Di sisi tengah terdapat lampu tambahan yang berupa fog lamp dengan fungsi membantu pengendara belakang melihat mobil Sobat terutama ketika dalam kondisi hujan lebat.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard Hyundai Ioniq Electric 2020

Tampilan dashboard terlihat menarik dengan desainnya

Menuju ke sektor interior, di bagian dashboardnya tidak terlalu berbeda dengan mobil Hyundai baru lain. Dipadukan dengan display audio 7 inci memiliki konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Dengan bagian tersebut membuat bagian dashboardnya terlihat modern. Ditambah lagi terdapat ambient light yang tampil berkesan elegan. Di bagian konsol tengahnya mempunyai pilihan fitur yang bisa dipilih seperti mode berkendara dan rem parkir yang tidak pakai tuas, tapi telah elektrik.

Pada bagian kemudi mobil menggunakan desain flat-bottom dila[isi dengan kulit. Fitur yang diberikan di bagian setir adalah Tilt & Telescopic dan ada juga Audio Remote Control yang membuat berkendara jadi lebih mudah. Selain itu, mobil Hyundai Ioniq 2020 menggunakan transmisi single gear yang membuat fitur paddle shift di belakang setir untuk membuat regenerative brake control jadi aktif.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Hyundai Ioniq Electric 2020

Ruang kaki jok mobil cukup luas untuk kenyamanan

Di bagian jok mobil diberikan Leather Seat yang dipadukan dengan Lumbar Support yang dapat membuat pengendaraan lebih menyenangkan. Selain itu, saat mengemudi mobil dalam kondisi dingin seperti di malam hari bisa memanfaatkan penghangat yang mempunyai 3 tingkatan panas. Sementara di bagian jok belakang mempunyai ruang kaki yang baik. Memang soal ruang kepala tidak terlalu tinggi karena desainnya berkesan coupe, apalagi bagi Sobat yang tingginya lebih 170 cm. Lantai belakang tidak rata dan jok tidak terlalu rebah karena baterai berada di bagian belakang.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Hyundai Ioniq Electric 2020

Bagasi cukup luas untuk membawa barang bawaan yang dibutuhkan selama perjalanan

Menuju ke bagian bagasi mobil, ruang penyimpanan yang dimiliki dapat digunakan untuk menyimpan barang dan juga tas. Memang bagian ini terpangkas kapasitasnya karena baterai di bagian belakang sehingga lantainya cukup tinggi. Kalau soal angka resminya, pihak Hyundai belum mengeluarkan secara resmi berapa kapasitasnya.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Mobil Hyundai Ioniq Electric 2020 mempunyai fitur terbaru, bahkan di bagian kursinya ada fitur penghangat. Soal pemanas ini terdapat 3 tingkatan dan yang paling tinggi atau tingkat ketiga  terbilang cukup panas, mengingat musim di Indonesia adalah tropis.

Selain itu, untuk cluster instrument 7.0 inci yang bisa menampilkan kecepatan, mode berkendara, kapasitas baterai, total jarak tempuh yang tersisa dan informasi konsumsi baterai. Di bagian tengah terdapat display audio 7.0 inci yang dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay & Android Autolink, USB, Bluetooth, konektivitas Aux dan iPod. Sementara di sisi bawahnya terdapat pengaturan AC yang mengandalkan touchpad dan ada soket 12 volt yang dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel.

Fitur lain yang diberikan adalah Parking Distance Warning, Rear View Mirror with ECM (Electronic Chromic Mirror) dan Tire Pressure Monitoring System. Bahkan saat mengemudi di musim hujan auto wiper bisa diaktifkan. Mobil listrik memiliki komponen yang paling penting yaitu modul dan kabel pengecasan supaya daya baterai mobil bisa diisi. Jadi bagi Sobat yang menginginkan mobil ini perlu memastikan daya listrik di rumah setidaknya 2.200 watt atau lebih. Hanya saja sangat disayangkan karena ketika  membeli  mobil listrik tersebut tidak dibekali dengan modul fast charging.

Gambar ini menunjukkan head unit Hyundai Ioniq Electric 2020

Fitur lengkap siap menemani perjalanan pengendaranya

Review Hyundai Ioniq 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Untuk mendukung keselamatan pihak Hyundai memberikan fitur keselamatan aktif berupa Blind Spot Monitoring Assist, Electronic Stability Control dan sistem pengereman yang sudah ABS. Selain itu, fitur lain yang diberikan berupa Smart Cruise Control dan t buah airbag yang disebar.

>>> Review Hyundai Santa Fe 2019: Mobil SUV Baru Dengan Fitur Lebih Lengkap

5. OPERASI HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Sebagai mobil listrik tentunya menggunakan tenaga baterai sebagai sumber tenaganya. Baterai yang dipakai adalah lithium-ion polymer yang mempunyai kapasitas 38,3 kW. Tenaga mesin yang dihasilkan pada mobil ini adalah 136 Ps dan torsinya mencapai 295 Nm. Pada saat melihat bagian kap mesin maka Sobat bisa melihat baterai dan juga motor listrik.

Gambar ini menunjukkan mesin Hyundai Ioniq Electric 2020

Mobil ini menggunakan mesin listrik murni

Pada saat pemilik mengisi penuh baterainya, maka mobil dapat menempuh sampai jarak 373 km untuk sekali pengecasan yang dilakukan. Mobil Hyundai Ioniq 2020 merupakan kendaraan listrik asli, jadi pemilik perlu berhati-hati saat mengemudikannya karena saat menekan pedal gas dapat merasakan tarikan tinggi.

Dalam waktu 54 menit  baterai dapat terisi sampai 80% saat pengisian dilakukan di stasiun pengisian super cepat dengan daya 100 kW. Sementara jika menggunakan pengisian yang standar AC (240) maka pengisian dari 0 sampai 80% dapat dilakukan dalam waktu 6 jam 5 menit. Dari pihak Hyundai menyebutkan bahwa listrik berkapasitas 3.500 kW adalah pasokan ideal agar dapat cukup dalam mengisi baterai.

>>> Baca Juga, Review Hyundai Venue 2019 : Mobil SUV Terkecil Dengan Harga Terjangkau

6. SPESIFIKASI HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil Hyundai Ioniq Electric 2020 :

DIMENSI

Panjang

4.470 mm

Lebar

1.820 mm

Tinggi

1.450 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

MESIN

Tipe Motor

38,3 Lithium-ion

Jarak Tempuh

373 kilometer

Transmisi

Single Gear

Sistem Penggerak

FWD

Tenaga Maksimal

136 PS

Torsi Maksimal

295 Nm

RODA

Ukuran Ban

205/60 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Hyundai Ioniq Electric 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Menjadi pilihan mobil listrik di Indonesia dan jadi yang termurah

Ketika mengemudikan mobil listrik ini membutuhkan penyesuaian

Mempunyai kelengkapan fitur keselamatan dan juga fitur infotainment

Saat melaju tidak terdapat suara sehingga pengguna jalan lain tidak tahu saat mobil ini melintas

Bila dibandingkan dengan mobil konvensional desain yang dimiliki tidak jauh berbeda

Belum ada modul fast charging dan bila ingin memilikinya dijual terpisah

8. DAFTAR HARGA HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Mobil listrik satu ini memiliki harga yang termurah. Hal tersebut dikarenakan untuk mobil listrik lain harga yang ditawarkan melebihi Rp. 1 miliar. Sedangkan untuk harga Hyundai Ioniq Electric 2020 hanya dibanderol Rp. 569 jutaan saja Off the Road. Harga tersebut menjadikannya sebagai kendaraan listrik termurah di Indonesia.

9. VIDEO HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

 

10. KESIMPULAN HYUNDAI IONIQ ELECTRIC 2020

Untuk sampai ke Indonesia pihak Hyundai membutuhkan waktu 3 tahun, akan tetapi hal tersebut tidaklah masalah karena penantian dari konsumennya jadi tidak sia-sia. Jadi mobil Hyundai Ioniq Electric 2020 merupakan kendaraan listrik dengan harga cukup terjangkau dibandingkan dengan lainnya. Apalagi untuk konsumen yang berada di Jakarta tidak terkena aturan ganjil genap dan juga dapat bebas pajak balik nama. Hanya saja untuk pengisian daya di Indonesia masih jarang.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review Hyundai Ioniq Electric 2020 : Mobil Listrik Harga Murah Fitur Cukup Lengkap

    01/10/2020| Abdul

    Review Hyundai Ioniq Electric 2020 : Mobil Listrik Harga Murah Fitur Cukup Lengkap

    Sebuah mobil listrik dengan harga cukup terjangkau dari Hyundai menawarkan banyak keunggulan di dalamnya. Fitur yang diberikan terbilang cukup lengkap sehingga dapat mendukung keamanan dan kenyamanan pengendara. Lantas seperti apakah spesifikasinya, mari kita simak informasinya tentang mobil listrik Hyundai Ioniq Electric 2020.

International