Banyak Oli Transmisi Di Pasaran, Yang Mana Yang Cocok Untuk Mobil Anda?

20/12/2018 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Di pasaran kini banyak tersebar oli transmisi untuk mobil, pasti Anda bingung karena saking banyaknya pilihan tersebut, lalu jika banyak oli transmisi di pasaran, yang mana yang cocok untuk untuk mobil Anda?

Saat ini dipasaran banyak sekali oli transmisi manual yang tersebar dan dijual, baik itu ditoko online maupun toko fisik seperti di atrium, pasar mobil kemayoran, hingga sentra onderdil BSD, maupun Harapan Indah, Bekasi. Hal ini sontak membuat Anda bingung sebagai pemilik mobil, oli transmisi yang seperti apa yang cocok untuk mobil kesayangan Anda. Apakah oli baik untuk transmisi maupun mesin semakin mahal harganya itu semakin bagus? Mobilmo.com sebagai situs teknik mobil nomor satu di Indonesia pun tergelitik untuk mengulasnya. Banyak oli transmisi di pasaran, yang mana yang cocok untuk mobil Anda?

>>> Baca juga: Mengapa Mobil LCGC Menggunakan Oli Sekelas Supercar?

Tampak Oli Transmisi GL 4 Castrol

Tidak semua oli transmisi manual cocok dengan transmisi itu sendiri

Ternyata semakin mahal oli transmisi manual yang dijual di pasaran belum tentu cocok untuk transmisi manual mobil Anda lho. "Saat ini dipasaran sudah banyak oli pelumas transmisi mahal yang punya jenis GL-5, itu belum tentu cocok untuk mobil. Karena spesifikasi masing-masing transmisi manual itu berbeda," papar Yongki Prioutomo selaku mekanik bengkel Om Mobi. Pria berkacamata minus ini juga menambahkan tidak semua oli mahal akan bersahabat dengan gigi sinkrtomes. "Ambil contoh mobil transmisi manual yang punya bahan gigi sinkromes dari perunggu, ketika suhu dalam transmisi tinggi oli transmisi GL-5 yang punya aditif khusus bisa merusak sinkromes mobilnya, karena korosi," tukas pria yang akrab disapa dengan Om Turbo ini.

>>> Baca juga: Masih Idealkah Mengganti Oli Mesin Mobil Per 10.000 Kilometer Ditengah Kepadatan Ibu Kota?

Tampak Transmisi manual 6 percepatan Toyota Corrola Altis

Transmisi manual juga membutuhkan oli yang cocok agar dapat bekerja secara optimal

Lalu oli transmisi seperti apa yang cocok untuk mobil Anda? "Paling mudah adalah mengikuti rekomendasi pabrikan mobil," tambah pria yang gepe modifikasi mobil berturbo ini. Jadi, Anda bisa membuka buku panduan kepemilikan mobil Anda untuk mengetahui oli transmisi jenis apa yang sebaiknya Anda beli ataupun gunakan untuk transmisi mobil Anda. So, jangan sampai salah beli oli transmisi ya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Tampak Gigi sinkromes Mitsubishi Mirage

Kesalahan isi oli transmisi, akan membuat cincin gigi sinkromes rusak

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang

    02/01/2019

    Masih ada beberapa hal yang masih diperdebatkan soal penggunaan knalpot racing pada mobil, terutama mobil penumpang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mobil keluarga. Apakah bikin boros BBM, atau mungkin meningkatkan performa kendaraan. Simak ulasan berikut!

  • Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil

    30/12/2018

    Gunung Anak Krakatau kembali aktif pasca bencana tsunami Selat Sunda beberapa hari lalu, menyebarkan abu vulkanik hingga sampai ke daerah pemukiman. Layak dicermati bagi pemilik mobil apa dampak buruk abu vulkanik ini dan bagaimana cara membersihkannya.

  • Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!

    26/12/2018

    Mobil dengan desain - desain terkini banyak menggunakan fitur sunroof, di mana menghasilkan tampilan mobil yang jauh lebih berkelas dibandingkan dengan atap mobil biasanya. Hal ini dapat menjadi salah satu daya tarik bagi calon pembeli. Tetapi banyak pula yang mempertanyakan benarkah sunroof bisa meledak.