Review Hyundai Venue 2019 : Mobil SUV Terkecil Dengan Harga Terjangkau

07/06/2019 | Abdul

1. PENGANTAR HYUNDAI VENUE 2019

Review Hyundai Venue 2019 - Sebagai pelengkap dalam segmen mobil SUV Hyundai, maka Venue 2019 turut diperkenalkan. Jika dilihat dari namanya memang terlihat berbeda dengan yang lain. Jadi sebagian besar namanya menggunakan nama tempat atau kota. Namun untuk Hyundai Venue menunjukkan gaya akan keunikan dan juga trendi yang merupakan mobil SUV terkecil dari Hyundai.

Desain yang digunakan mobil SUV Hyundai tersebut terlihat kompak tapi tetap fungsional. Venue akan bergabung dengan saudaranya seperti Hyundai Kona Electric, Santa Fe, Tucson dan juga Palisade 8 penumpang.

2. EKSTERIOR HYUNDAI VENUE 2019

Pada saat melihat mobil besutan Hyundai tersebut, akan tampak  desain yang berani serta modern. Selain itu terdapat pula pilihan warna ekstrovert 2 nada sehingga mobil tersebut tampak lebih menarik lagi.

Review Hyundai Venue 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan dari Hyundai Venue 2019

Bagian depan mempunyai wajah khas mobil Hyundai

Jika dilihat di bagian depannya, akan tampak beberapa bagian dengan bentuk empat sudut. Seperti pada bagian lampu depan dan juga bagian grillnya. Selain itu wajah khas Hyundai yang menggunakan Grill cascading juga dapat ditemukan pada Hyundai Kona. Ditambah lagi untuk eksterior Hyundai Venue 2019 telah dihiasi dengan NEXO. Tampilan juga lebih menawan dengan penggunaan lampu LED komposit dan juga lampu depan bentuk kubus.

Review Hyundai Venue 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Hyundai Venue 2019 tampak bagian samping

Tampak bagian samping memiliki karakter yang kuat

Berlanjut ke bagian samping Hyundai Venue 2019. Yang mana profilnya terlihat solid dengan beberapa lekukan yang diberikan dan juga garis yang memiliki karakter kuat. Ditambah lagi penggunaan pelek ukuran 15 inci dengan roof rail dan juga desain spion yang mengandalkan dual tone membuat mobil Hyundai Venue 2019 tampak lebih menawan.

Venue 2019 sendiri merupakan mobil SUV terkecil dari Hyundai. Untuk ukurannya dibandingkan Kona lebih pendek 13 cm untuk panjangnya dan lebarnya terpaut 2 cm. Bahkan jarak sumbu roda juga terdapat perubahan yakni lebih pendek 8 cm. Yang mengalami penambahan adalah tingginya karena bertambah 1.5 cm.

Review Hyundai Venue 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Hyundai Venue 2019

Bagian belakang tampak unik dengan garis karakter yang diberikan

Sementara  untuk bagian belakang Hyundai Kona 2019 mempunyai garis karakter yang terlihat unik. Penggunaan desain mengkotak  juga tampak di bagian belakangnya ini seperti di bagian 2 lampu belakang yang memakai skid plate tinggi. Alhasil Hyundai Venue 2019 dapat diajak bepergian meskipun melintasi medan yang cukup sulit. Pada pintu belakangnya sendiri memiliki beberapa pahatan yang tajam. Bahkan tampak belakang mobil ini terlihat sebagai kendaraan mungil yang terlihat kecil sebagai sebuah mobil SUV.

>>> Lihat Juga, Review Hyundai Santa Fe 2019: Mobil SUV Baru Dengan Fitur Lebih Lengkap

3. INTERIOR HYUNDAI VENUE 2019

Tentunya dengan perbedaan ukuran di bagian lura berpengaruh dengan ukuran interiornya. Dibandingkan Hyundai Kona ukurannya lebih kecil 76.5 liter. Bahkan desain kotak juga masuk ke beberapa bagian pada interior Hyundai Venue 2019. Jika memilih warna eksterior denim maka di bagian kabin juga akan tersedia kain denim yang dikombinasikan dengan interior kulit imitasi.

Review Hyundai Venue 2019: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Hyundai Venue 2019

Bagian dalam juga memiliki tampilan yang mungil

Ketika masuk ke dalam interior Hyundai Venue 2019 akan ampak kesan mungil di dalamnya. Seperti di bagian dashboard yang mengandalkan dual tone dan dilengkapi dengan sistem infotainment ukuran 8 inci. Tidak hanya itu saja, kontrol tengah yang dimiliki mengandalkan aksen krom, ditambah lagi ada tombol AC yang sudah memakai desain terbaru Hyundai. Sistem Start/Stop juga telah diberikan pada mobil ini yang diletakkan di bagian kanan kemudi. Bahkan untuk menambah kenyamanan, dari pihak Hyundai memberikan ruang penyimpanan yang ditempatkan pada bagian dashboard.

Berlanjut ke bagian kemudinya, yang mana untuk desainnya mengandalkan 3 palang yang terbalut dengan pelapis kulit sehingga nyaman saat digenggam. Tidak hanya itu saja, beberapa tombol juga nampak pada bagian kemudi yang meliputi volume audio dan juga handsfree dan lainnya yang memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengoperasikan beberapa fitur yang dimiliki Hyundai Venue 2019.

Review Hyundai Venue 2019: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan kursi baris kedua mobil Hyundai Venue 2019

Kursi penumpang baris kedua memiliki ruang kaki yang tidak terlalu lega

Mengingat dimensinya yang terbilang kecil, tentunya hal tersebut berpengaruh pada bagian interiornya. Seperti misalnya pada bangku penumpang belakang yang perlu dikorbankan dalam hal kenyamanan. Meskipun telah dibekali dengan fitur penghangat kursi, namun untuk ruang kaki hanya tersedia sedikit pada penumpang belakang. Tapi jangan khawatir karena telah diberikan ventilasi AC dan juga terdapat pengisian daya nirkabel yang membuat penumpang dapat melakukan pengisian daya ponsel atau smartphone yang dimiliki.

Review Hyundai Venue 2019: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil yang dimiliki Hyundai Venue 2019

Kursi kedua dapat dilipat untuk menambah kapasitas bagasi

Pada Hyundai Venue 2019 memiliki pembagian 60:40 untuk baris keduanya dan bisa dilakukan pelipatan jadi rata. Dengan begitu dapat dipakai untuk ruang penyimpanan lebih luas. Kapasitas bagasinya mencapai 530 liter dan jika kursi belakang dilipat dapat bertambah menjadi 900 liter.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Hyundai

4. FITUR HYUNDAI VENUE 2019

Gambar  ini menunjukkan kemudi mobil dan dashboard pada mobil Hyundai Venue 2019

Beragam fitur diberikan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara

Dari pihak Hyundai mencoba memberikan yang terbaik pada konsumennya. Sehingga mobil Hyundai Venue 2019 diberikan beragam fitur mumpuni seperti layar infotainment dengan ukuran 8 inci yang dapat terintegrasi dengan Android Auto & Apple CarPlay. Selain itu saat baterai ponsel habis tidak perlu khawatir, karena di bagian dashboard mobil sudah terdapat port USB yang bisa dipakai untuk pengisian daya. Selain itu juga terdapat fitur baru yang berupa pembaruan peta gratis yang berupa navigasi dalam 3 tahun pertama. Meskipun dalam hal ini belum terdapat kejelasan mengenai fitur tersebut, apakah untuk semua negara atau hanya tertentu saja.

Toyota Venue 2019 tertaut dengan sistem teknologi rumah yang berupa Amazon Echo ataupun Google Home. Selain beberapa hal di atas, dari pihak Hyundai masin memberikan beragam fitur menarik yang dapat mendukung kenyamanan berkendara yang berupa layar cluster instrument 3.5 TFT yang berfungsi untuk mengilustrasikan informasi berguna, Dual USB, telepon Handsfree Bluetooth, sistem audio dengan layar warna 8 inci dan kamera spion serta adanya spion yang bisa dilakukan pemanasan.

Selain beberapa fitur yang mendukung kenyamanan, Hyundai Venue 2019 juga memiliki fitur keselamatan mumpuni. Jadi Hyundai sendiri merupakan salah satu pabrikan yang mengandalkan sistem untuk mengetahui akan fokus pengemudi. Jadi fokus berkendara, posisi jalur, lalu lintas dibelakang , resiko tabrakan di depan dan titik buta dilakukan pengawasan dengan mengandalkan teknologi keselamatan otomatis yang disematkan pada Hyundai Venue 2019. Dari pihak Hyundai menyebutkan, bahwasanya teknologi tersebut dapat memberikan pengalaman berkendara yang santai saat menempuh perjalanan dengan Venue di perkotaan.

>>> Baca Juga, Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

5. OPERASI HYUNDAI VENUE 2019

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Hyundai Venue 2019

Mesin yang digunakan memiliki beberapa pilihan transmisi

Meskipun merupakan yang terkecil namun dari banyak pihak menginginkan efisiensi yang tinggi. Untuk performa pihak Hyundai memberikan mesin 4 silinder "Gamma" 1.6 liter yang dipadukan dengan penggunaan transmisi 6 manual 6 percepatan, IVT (Intelligent Variable Transmission) dan CVT (continuously variable transmission) khas Hyundai.

>>> Lihat Juga, Sudah Punya Sedan Premium, Hyundai Siapkan Model Lain Berdimensi Mungil

6. SPESIFIKASI HYUNDAI VENUE 2019

DIMENSI

Panjang

4.036 mm

Lebar

1.770 mm

Tinggi

1.564 mm

Jarak Poros Roda

2.520 mm

Luas Bagasi

530 liter

MESIN

Tipe Mesin

1.6 liter “Gamma” empat silinder

Tenaga Tertinggi

121 dk (perkiraan)

Transmisi

CVT dan 6 Percepatan Manual

Ekonomi Bahan Bakar

13 kilometer/jam

KAKI - KAKI

Pelek

15 inci (opsional 17 inci)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HYUNDAI VENUE 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Merupakan entry terkecil dan kompak dari keluarga Hyundai untuk mobilitas perkotaan

Desain yang kompak memaksa Hyundai mengorbankan ruang pada kursi belakang

Mempunyai sistem infotainment dan keselamatan standar yang canggih

Belum ada kejelasan kapan mobil ini akan dibawa ke pasar lain, seperti Indonesia

Memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan lini SUV Hyundai lainnya

 

>>> Baca Juga, Hyundai Adakan Tiga Program Layanan Khusus Momen Ramadan 2019

8. DAFTAR HARGA HYUNDAI VENUE 2019

Berkaitan dengan masalah harga Hyundai Venue 2019, di Amerika Serikat dibanderol $ 20.000 atau jika dirupiahkan berkisar Rp. 280 jutaan. Apabila mobil tersebut masuk ke Indonesia tentunya akan menjadi salah satu penawaran yang menarik.

9. VIDEO HYUNDAI VENUE 2019

10. KESIMPULAN HYUNDAI VENUE 2019

Kehadiran Hyundai membawa beragam teknologi kenyamanan dan keselamatan kelas premium untuk penumpangnya. Di Amerika sendiri menjadi salah satu model SUV terkecil dengan harga yang terjangkau. Dengan modelnya tersebut membuatnya sangat cocok untuk melintasi jalanan perkotaan.

Produksi Hyundai Venue 2019 dilakukan di Ulsan, Korea. Untuk waktu produksinya juga masih belum terdapat bocoran dari pihak Hyundai, meskipun sebenarnya di India mobil ini telah diluncurkan. Kalau Di Indonesia sendiri kemungkinan menjadi salah satu yang akan dimasuki oleh Hyundai Venue 2019, mengingat pasar SUV di Tanah Air cukup besar.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 10/05/2019 | Fatchur Sag

    Review Hyundai KONA 2019

    Dua tahun setelah diluncurkan dan hanya dipasarkan di Eropa, Hyundai Kona 2019 akhirnya resmi dijual di Indonesia dan siap bersaing dengan model-model kompetitor di segmen compact SUV. Apa saja keistimewaan yang dimiliki mobil ini, berikut ulasannya!

  • 25/02/2019 | Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?

  • 19/02/2019 | Abddul

    Review Hyundai Santa Fe 2019: Mobil SUV Baru Dengan Fitur Lebih Lengkap

    Mobil SUV merupakan salah satu kendaraan yang cukup diminati, hal tersebut karena dapat melaju di segala medan jalan. Mobil terbaru dalam segmen ini yang ikut meramaikannya adalah Hyundai Santa Fe 2019. Yang mana mobil ini sempat booming karena ikut masuk dalam film Ant Man. Untuk lebih jelasnya mari kita simak Review Hyundai Santa Fe 2019.