Corona Makin Merajalela, VW Hentikan Produksi di Eropa

19/03/2020| Fatchur Sag

Produsen mobil Jerman Volkswagen telah mengumumkan sedang bersiap-siap untuk sementara waktu menutup sebagian besar pabrik Eropa setelah virus Corona (COVID-19) menyebar dengan hebat.

Foto menunjukkan Pabrik Volkswagen di Wolfsburg Jerman

Sejumlah besar pabrik VW di Eropa tutup demi mencegah Corona

Dilansir dari CNBC, (17/3/2020) Kepala Eksekutif, Herbert Diess mengatakan perusahaan akan menutup produksi di pabrik-pabrik yang dioperasikan oleh merek kelompok “dalam waktu dekat,” dengan sebagian besar pabrik Eropa diatur untuk menangguhkan pekerjaan selama setidaknya dua minggu.

"Produksi di pabrik Volkswagen di Spanyol, Slovakia dan Italia semua akan dihentikan sebelum akhir minggu," tambah Diess.

Keputusan itu diambil tak lama setelah produsen mobil dengan penjualan terbesar di dunia itu mengeluarkan peringatan bahwa 2020 akan menjadi “tahun yang sangat sulit,” mengingat wabah virus Corona yang menimbulkan “tantangan operasional dan keuangan yang tidak diketahui.”

Hingga 17 Maret 2020, lebih dari 182.000 kasus virus Corona telah dilaporkan di seluruh dunia, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins, dengan 7.155 kematian.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

Foto menunjukkan proses Perakitan mobil VW di pabrik

VW punya banyak pabrik di berbagai negara

WHO sendiri menyatakan Eropa sebagai tempat penyebaran terbesar virus Corona. Beberapa negara terpaksa melakukan tindakan menutup akses dari dan ke dunia luar (lockdown) dalam upaya untuk menahan penyebaran.

Italia telah mencatat sebagian besar kasus COVID-19 di Eropa, dengan hampir 28.000 infeksi yang dikonfirmasi dan 2.158 kematian secara nasional.

“Penyebaran coronavirus saat ini berdampak pada ekonomi global. Tidak pasti seberapa parah atau berapa lama ini juga akan mempengaruhi Grup Volkswagen,” kata Frank Witter, chief financial officer di Volkswagen, dalam keterangan resminya, seperti diberitakan CNBC.

“Saat ini, hampir tidak mungkin untuk membuat perkiraan yang andal. Kami memanfaatkan sepenuhnya semua tindakan dalam mode satuan tugas untuk mendukung karyawan dan keluarga mereka dan untuk menstabilkan bisnis kami,” tambahnya.

>>> Penjualan VW Golf Menakjubkan, Terjual Tiap 41 Detik

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International