Mobil Listrik Hyundai Buatan Cikarang Meluncur Tahun 2022

16/07/2021| Fatchur Sag

Hyundai Motor Asia Pacific mengungkap rencana model yang diproduksi di pabrik baru mereka di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dan bakal diluncurkan tidak lama lagi. Dari mobil pembakaran internal atau model ICE [Internal Combustion Engine] hingga mobil listrik.

Dijelaskan COO Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun, dalam presentasinya saat Investor Daily Summit (IDS) 2021 secara virtual, Rabu (14/7/2021), bahwa segala persiapan sudah selesai, dari pembangunan hingga pemasangan mesin-mesin pabrik. Bahkan produksi pertamanya sudah dimulai sejak Mei 2021. Jika tidak ada halangan akhir tahun ini satu model bakal diluncurkan.

"Jadi memang tahun ini, kira-kira bulan Mei, sudah mulai pilot production. Akhir tahun ini akan meluncurkan ICE [Internal Combustion Engine] satu model," papar Hyun.

Foto menunjukkan COO Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun

COO Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun memaparkan strategi elektrifikasinya di tanah air di acara Investor Daily Summit (IDS) 2021

3 model baru tahun depan

Untuk tahun depan, Hyundai bakal meluncurkan tiga mobil baru produksi Cikarang. Dua berupa mobil ICE dan yang satu adalah mobil listrik. Ketiganya bakal diluncurkan sekitar bulan Maret 2022.

"Terus tahun depan ada rencana mengeluarkan dua model ICE dan satu mobil listrik, sekitar mungkin bulan Maret, ini buatan CKD [completely knock down] di Indonesia tahun depan," kata Hyun tanpa menjelaskan lebih detail identitas mobil baru - mobil baru tersebut.

Rumor yang beredar mobil baru itu kemungkinan memakai platform Hyundai Kona Electric, Ioniq Electric, atau menggunakan Ioniq 5 yang telah diluncurkan di sejumlah negara.

>>> Hyundai Staria Resmi Diluncurkan, Harga Lebih Murah Dari Alphard

Hyundai Staria

Hyundai memang serius menggarap mobil listrik. Namun juga tidak mengabaikan mobil konvensional dimana saat ini pasarnya masih bagus. Yang terbaru Hyundai Staria diluncurkan di Thailand pada 9 Juli lalu setelah sebelumnya diluncurkan di Korea Selatan pada bulan April.

Minibus berkapasitas 11 penumpang ini dibekali mesin diesel berkapasitas 2.200 cc, dengan tenaga maksimum 174,5 Hp pada putaran 3,800 rpm dan torsi 431 Nm pada putaran 1,500 - 2,500 rpm.

Tidak lama lagi, Staria juga bakal diluncurkan di Indonesia. Namanya sudah terdaftar di laman Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai Staria 2.2 2 WD 8AT dengan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) sebesar Rp 450 juta.

Sebagai catatan NJKB adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum mobil bisa dijual ke konsumen.

Foto menunjukkan Pabrik Hyundai di Cikarang Bekasi Jawa Barat

Pabrik Hyundai Cikarang sudah beroperasi

>>> Baca berita otomotif lainnya di Mobilmo.com!

Berita sama topik

International