Spesifikasi Mobil KIA Sedona 2016 : MPV Premium Temani Perjalanan Bersama Keluarga

07/11/2020| Abdul

1. PENGANTAR MOBIL KIA SEDONA 2016

Pada tahun 2016 pihak KIA menghadirkan Sedona yang masuk kedalam kelas premium MPV. Di Indonesia sendiri kehadirannya dengan membawa 2 varian yaini Grand Sedona dan Grand Sedona Ultimate. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, mobil ini mempunyai harga yang terjangkau dan mempunyai banyak keunggulan. Lantas seperti apakah spesifikasi dan fitur yang diberikan? Mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR MOBIL KIA SEDONA 2016

Spesifikasi mobil KIA Sedona 2016 : Sisi Depan

Gambar iini menunjukkan bagian depan mobil Mobil KIA Sedona 2016

Desain keren dengan wajah depan yang gagah

Bagian depan merupakan wajah dari kendaraan, tampilannya terlihat keren atau menarik bisa karena bagian depannya yang diunggulkan. Untuk mobil besutan KIA ini diberikan grille dengan ukuran yang cukup besar dan menggunakan desain ala tiger nose. Kemudian untuk headlamp yang digunakan dibuat tegas dan tampil cukup dinamis. Alhasil kesan segar dan Tangguh jadi terpancar dari bagian wajah Sedona keluaran tahun 2016.

Spesifikasi Mobil KIA Sedona 2016 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Mobil KIA Sedona 2016

Tampak samping terlihat bongsor sehingga kabin tampak luas

Mobil KIA Sedona 2016 didesain sebagai mobil nyaman dan bukan untuk kecepatan. Sehingga dari segi tampilan yang terlihat dari arah samping kurang begitu aerodinamis dan desainnya tampak boxy. Kesan tangguhnya dapat terlihat berkat penggunaan lekukan bodinya yang dimiliki, hal tersebut juga membuatnya tampak elegan khas mobil Eropa yang tampil gagah.

Spesifikasi Mobil KIA Sedona 2016 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Mobil KIA Sedona 2016

Dengan rear guard bumper membuat tampilannya lebih sporty dan elegan

Setelah membahas kedua bagian di atas dilanjutkan ke sisi buritan. Sisi elegan seakan ditegaskan pada mobil ini dengan diberikannya rear guard bumper. Bahkan hal tersebut juga membuat tampilannya jadi lebih sporty. Di bagian tengahnya juga terdapat sedikit aksen krom dipadukan dengan penggunaan wiper belakang. Desainnya tersebut membuat mobil ini seakan menunjukkan bahwa KIA Sedona siapa digunakan perjalanan kemanapun yang diinginkan oleh pemiliknya.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR MOBIL KIA SEDONA 2016

Spesifikasi Mobil KIA Sedona 2016 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard kemudi mobil Mobil KIA Sedona 2016

Desain two tone dengan kemudi banyak tombol

Kabin yang dimiliki juga tampak mewah dengan penggunaan bahan material kulit dan soft touch pada beberapa bagian kendaraan. Untuk bagian dashboardnya menggunakan material bahan soft touch dengan mengandalkan warna two tone. Ada Pula aksen krom di bagian panel dashboard sehingga kemewahan terpancar saat melihat dashboardnya.

Di sisi kemudi, pihak KIA memberikannya dengan adanya tombol audio steering switch. Sebenarnya untuk setirnya ini tidak begitu istimewa. Kemudian untuk mendukung kenyamanan selama perjalanan menggunakan mobil ini, kemudinya dibekali dengan fitur tilt dan telescopic. Untuk tilt yaitu pengaturan naik turun kemudi, sedangkan telescopic adalah pengaturan maju mundur.

Spesifikasi mobil KIA Sedona 2016 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Mobil KIA Sedona 2016

Jok nyaman saat diduduki dengan bahan material soft touch

Untuk jok mobil mempunyai ruang kaki dan kepala yang luas. Jok mobilnya menggunakan bahan material soft touch yang membuatnya nyaman ketika diduduki. Dengan jok yang diberikan akan mendukung kenyamanannya selama dipakai untuk perjalanan dekat ataupun jauh.

Spesifikasi mobil KIA Sedona 2016 : Bagian Jok Dan Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Mobil KIA Sedona 2016

Bagasi adalah ruang penyimpanan mobil yang berguna untuk tempat barang bawaan. Mobil KIA Sedona 2016 bagasinya tidak terlalu luas, namun hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan pelipatan jok baris ketiganya.

>>> Baca Juga:

4. FITUR MOBIL KIA SEDONA 2016

Gambar ini menunjukkan fitur mobil Mobil KIA Sedona 2016

Menuju ke bagian fitur, yang merupakan pembahasan yang kerap dinantikan oleh para pembaca. Untuk mendukung keselamatan dibekali dengan fitur yang terbilang lengkap. Hal tersebut dibuktikan dengan pemberian sistem pengereman ABS dan EBD. Fitur lainnya adalah seatbelt dengan 3 titik, side impact beam, airbag dan front impact beam. Kalau soal keamanan sudah diberikan immobilizer dan alarm.

Agar perjalanan semakin menyenangkan terdapat fitur hiburan yang berupa head unit 2 DIN yang sudah touchscreen. Meskipun begitu, ternyata belum ada sistem navigasi pada fiturnya ini. Namun hal tersebut sudah memberikan rasa menyenangkan selama berkendara.

>>> Baca Juga, Review KIA Big Up 2020: Kendaraan Niaga Dapat Memanjakan Pengemudi

5. OPERASI MOBIL KIA SEDONA 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Mobil KIA Sedona 2016

Pembahasan selanjutnya ke bagian performa, jika membahas soal mesin memang cukup menarik. Seperti yang telah diketahui, dengan mengandalkan mesin membuat mobil dapat melaju dengan kecepatan maksimal yang telah ditentukan. Meskipun mobil jarang dipacu dengan kecepatan penuh karena jalanan yang ramai dan ada batas kecepatan lalu lintas di jalan.

Mesin yang diberikan pada mobil KIA Sedona 2016 adalah Lamda II V6. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 270 Ps dan torsi puncak yang bisa didapatkan adalah 317 Nm. Kenyamanan berkendara juga didukung oleh suspensi, yang mana tugasnya meredam getaran baik di jalanan biasa tau bergelombang. Suspensi depan mengandalkan MacPherson Strut dan pada suspensi belakang memakai Multilink.

Mobil KIA dengan mesin V6 dapat ikut pesaingnya dari pabrikan Toyota yakni Alphard. Hanya saja untuk tenaga yang dihasilkan kami tidak mengetahuinya, apakah sama atau tidak. Sebagai mobil MPV kelas premium, mesin yang diberikannya tentu mumpuni.

>>> Ingin membeli mobil Kia? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

6. SPESIFIKASI MOBIL KIA SEDONA 2016

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil KIA Sedona 2016 Indonesia:

DIMENSI

Panjang

5115 mm

Lebar

1985 mm

Tinggi

1755 mm

Jarak pijak roda depan

1740 mm

Jarak pijak roda belakang

1747 mm

Ground Clearance

170 mm

Jarak Sumbu Roda

3060 mm

Jumlah Pintu

5

Kapasitas Tempat Duduk

8 Kursi

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

78 L

MESIN

Tipe

Lamda II V6

Tenaga

266 hp

Torsi

318 Nm

Kapasitas mesin

3342 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Sistem Suplai Bahan Bakar

MPFI

Jumlah Silinder

6

Katup per Silinder

4

Rasio KompresI

11.5:1

KAKI-KAKI

Ukuran Ban

235/60 R18

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Velg Alloy

18 Inch

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MOBIL KIA SEDONA 2016

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil KIA Sedona 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk sebuah mobil MPV berkelas premium

Berhubungan dengan kestabiloan kendaraan terbilang masih kurang

Tampilannya begitu Tangguh dan gagah serta mempunyai kabin yang lega berkat tubuhnya yang bongsor

 

8. DAFTAR HARGA MOBIL KIA SEDONA 2016

Berbicara soal harga, mobil ini dikeluarkan pada tahun 2016. Sehingga untuk mendapatkannya dalam kondisi baru terbilang sulit. Nah untuk kondisi bekas harga mobil KIA Sedona 2016  di angka Rp. 320 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi mobil dan wilayah melakukan pembelian. Pada saat melakukan pembelian mobil bekas diharapkan untuk melakukan pengecekan secara teliti. Usahakan membeli mobil bekas yang terdapat catatan servisnya.

9. VIDEO MOBIL KIA SEDONA 2016

10. KESIMPULAN MOBIL KIA SEDONA 2016

Mobil MPV kerap dijadikan sebagai kendaraan keluarga, bahkan harganya juga bervariasi dan terdapat perbedaan model satu dengan lainnya dalam segmen yang sama. Mobil KIA Sedona 2016 bisa dijadikan alternatif bagi Sobat yang ingin membeli kendaraan dalam kelas MPV premium untuk menemani perjalanan bersama keluarga. Soal harganya cukup terjangkau dan telah dibekali beragam fitur yang menarik sehingga mobil ini bisa dijadikan pilihan yang pas. Memang untuk mobil ini kurang populer di Indonesia sehingga untuk mendapatkannya dalam kondisi bekas perlu usaha lebih.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Mobil KIA Sedona 2016 : MPV Premium Temani Perjalanan Bersama Keluarga

    07/11/2020| Abdul

    Spesifikasi Mobil KIA Sedona 2016 : MPV Premium Temani Perjalanan Bersama Keluarga

    Salah satu segmen mobil yang cukup menarik adalah kelas MPV premium. Dalam pasar ini pihak KIA menghadirkan salah satu produknya yaitu mobil KIA Sedona 2016. Sebelum namanya tersebut, dulunya pernah dijual dengan diberi nama Carnival yang mempunyai ukuran luas dan besar.

  • Review KIA Big Up 2020: Kendaraan Niaga Dapat Memanjakan Pengemudi

    31/08/2020| Abdul

    Review KIA Big Up 2020: Kendaraan Niaga Dapat Memanjakan Pengemudi

    KIA Big Up 2020 merupakan kendaraan komersial yang masuk dalam segmen kendaraan niaga. Yang mana perkenalannya dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020. Dengan kehadiran mobil tersebut PT Kreta Indo Artha ‘comeback’ dalam kelas kendaraan komersial.

  • Review KIA All New Rio EX AT 2019: Mobil Hatchback Dengan Sunroof

    24/03/2020| Abdul

    Review KIA All New Rio EX AT 2019: Mobil Hatchback Dengan Sunroof

    Sebuah Hatchback yang akan menantang rivalnya asal Jepang yakni KIA Rio. Mobil ini sudah lama berkiprah di pasar otomotif Indonesia. Pada segmen kali ini pembahasan akan dilakukan pada varian EX. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya mengenai review KIA All New Rio EX AT 2019.

International