Review Toyota Avanza 2008 : Mobil MPV Keluarga Dengan Kaki-Kaki Yang Sangat Baik

13/09/2019 | Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA AVANZA 2008

Penjualan Toyota Avanza sempat mengalami penurunan, namun setelah beberapa saat peminatnya kembali naik setelah ekonomi di Indonesia mulai membaik. Pada tahun 2007, penjualan Toyota Avanza mencapai 62.010 unit dan 85.535 unit dari beragam tipe yang dimiliki dan sampai ditangan konsumen pada tahun 2008. Oleh sebab itulah pada tahun tersebut mulai ada pengembangan, lebih tepatnya di bulan Oktober 2008. Pengembangan tersebut meliputi perubahan di bagian desain foglamp (S&G), bumper, center mesh bumper dan juga terdapat penambahan ornamen krom di bagian pintu belakang (S&G).

Jadi untuk tahun sebelumnya persaingan dilakukan dengan Nissan Grand Livina. Setelah itu pada tahun 2008 penyegaran dilakukan dengan beberapa ubahan yang dilakukan seperti pada bagian grill yang dibuat lebih dewasa, bumper yang dibuat lebih cantik dan juga diberikan cover foglamp. Untuk bagian minor juga ikut dilakukan penyegaran dengan menerapkan atap menggunakan model beralur gelombang. Tampilannya jadi berbeda dan bisa membuat suara bising saat terkena air hujan jadi berkurang. Untuk tahu lebih jelas tentang perubahan mobil Toyota Avanza pada tahun 2008, silakan simak review Toyota Avanza 2008 dari Mobilmo.com di bawah ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA AVANZA 2008

Review Toyota Avanza 2008 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil  Toyota Avanza 2008

Terdapat penyegaran dibanding model sebelumnya

Pada bagian depan Toyota Avanza 2008 tampak langsung perubahan yang dilakukan apabila perbandingan dilakukan dengan model yang belum mendapatkan sentuhan facelift. Seperti pada bagian grill dan juga bumpernya yang sudah terdapat perubahan. Di bagian grill memakai plastik yang mendapatkan tambahan kelir dengan warna krom. Bahan krom ini sangat berkualitas, karena meskipun bahan tersebut yang digunakan tapi tidak menguning walau penggunaan telah bertahun-tahun. Untuk bumper terlihat lebih dewasa dengan penggunaan lekukan yang elegan sehingga sangat masuk pada karakter khas konsumen di Indonesia.

Review Toyota Avanza 2008 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagtian samping mobil Toyota Avanza 2008

Bagian samping masih tampak sederhana seperti biasanya

Berlanjut ke bagian samping, jika dilihat memang tidak ada tampak perubahan yang begitu berarti. Dari segi model masih sama dengan Avanza keluaran tahun 2003. Toyota Avanza 2008 masih dengan handle pintu senada dengan warna bodi dan belum ada lekukan yang beda dan bikin wow.

Review Toyota Avanza 2008 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Avanza 2008

Penggunaan lampu telah mengandalkan model multireflektor

Sementara di bagian belakang Toyota Avanza 2008, perbedaannya terletak pada bagian lampu yang sudah memakai stoplamp dengan model kristal multireflektor. Memang pada saat itu untuk jenis LED belumlah popular seperti sekarang, akan tetapi dari segi kemampuan tergolong kuat. Bahkan pada saat itu, saat melakukan mobil Avanza 2008, pihak diler yang memberikan bonus berupa tanduk hitam pada bagian bumper belakang. Walaupun hanya tambahan, tapi dari segi kualitas tetap tidak boleh diragukan.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA AVANZA 2008

Review Toyota Avanza 2008 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Toyota Avanza 2008

Dashboard masih sama dengan model sebelumnya

Mungkin Sobat akan kecewa saat masuk ke dalam Avanza 2008 dan melihat dashboardnya. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya perubahan. Untuk desainnya juga masih tetap mempertahankan sampai pada tahun 2010. Pada kelengkapan di bagian dashboard juga masih biasa saja, tetap ada slot untuk menyimpan kartu, kontrol pengatur AC dan radio tape. Walaupun begitu, untuk tahun 2009 mobil Avanza diberikan kemudi yang menggunakan palang 4 dengan bahan material yang empuk dan juga nyaman saat digenggam.

Review Toyota Avanza 2008 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok baris kedua Toyota Avanza 2008

Jok didesain tebal sehingga lebih empuk

Yang menjadi nilai plus pada mobil Toyota Avanza 2008 adalah bagian joknya yang lebih tebal. Hanya saja masih ada kekurangannya yaitu daya topangnya yang terbilang kurang begitu baik. Alhasil saat melakukan perjalanan jauh akan membuat tubuh menjadi mudah kelelahan. Ternyata hal tersebut juga berlaku pada jok baris kedua, sedangkan untuk baris ketiga jika ingin diduduki orang dewasa sebaiknya cukup 2 orang. Karena untuk pengaturan sudutnya terbatas.

Review Toyota Avanza 2008 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Avanza 2008

Bagasi cukup memadai apalagi saat bangku belakang tidak digunakan

Bagasi Toyota Avanza 2008 cukup memadai. Sehingga saat digunakan untuk melakukan perjalanan dalam atau luar kota, mobil besutan Toyota satu ini masih tetap bisa diandalkan. Namun jika ingin lebih luas bisa memilih Avanza keluaran tahun 2011 yang mempunyai overhang lebih Panjang meskipun sedikit.

>>>  Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA AVANZA 2008

Review Toyota Avanza 2008 : Jok Baris Ketiga

Pada jok baris ketiga Toyota Avanza 2008 cukup memadai, meskipun belum terbilang luas. Hal tersebut dikarenakan kemiringan sudut yang dimiliki memang pas untuk postur orang Indonesia dan sudah diberikan headrest. Fitur ini tentunya cukup membantu dalam menopang kepala, apalagi pada Avanza 2008 ini bisa diatur ketinggiannya sesuai keinginan dan disesuaikan dengan kepala. Hanya saja untuk fitur ini tidak dijadikan standar karena masih ada beberapa mobil keluaran terbaru tidak memilikinya.

Gambar ini menunjukkan blower aca belakang Toyota Avanza 2008

Suhu dingin di dalam kabin maksimal saat AC dinyalakan

Review Toyota Avanza 2008 : Fitur AC Dual Blower

Salah satu fitur yang terdapat pada Avanza 2008 dan tergolong diunggulkan adalah AC Dual Blower. Yang mana fitur ini tergolong bukan kaleng-kaleng. Jadi fitur tersebut telah dilengkapi dengan adanya evaporator yang dapat mendinginkan suhu di dalam kabin dengan lebih maksimal.

>>> Review Toyota Fortuner 2014 : Mobil SUV Tangguh Dengan Tampilan Gahar

5. OPERASI TOYOTA AVANZA 2008

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Avanza 2008

Mesin mumpuni dengan tunggangan yang nyaman

Berhubungan dengan performa, mesin Toyota Avanza 2008 mengandalkan seri K3-VE DOHC yang telah menggunakan teknologi VVT-i. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 86 Hp dan torsi puncak yang didapatnya adalah 120 Nm. Yang menarik adalah, mesin tersebut merupakan salah satu yang tergolong terbaik pernah dibuat oleh group Toyota-Daihatsu. Jadi tentunya tidak diragukan lagi akan kehandalan yang dimiliki.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA 2008

Tentunya kurang lengkap jika membahas review tidak ada tabel spesifikasi Toyota Avanza 2008. Nah daripada Panjang lebar, berikut tabelnya:

DIMENSI

Panjang

4.120 mm

Lebar

1.630 mm

Tinggi

1.695 mm

Kapasitas Tangki

45 liter

Jarak Poros RodA

2.655 mm

MESIN

Seri

K3-VE, DOHC, VVT-i

Kapasitas

1298 cc

Tenaga Maksimal

86 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimal

120 Nm @ 4400 rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan dan Otomatis 4 Percepatan

KAKI-KAKI

Power Steering

Hidrolik

Pelek

R14

Ban

Dunlop SP10

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AVANZA 2008

Mobil tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Begitu juga dengan Toyota Avanza 2008, ada yang menyanjungnya dan juga yang mengejeknya. Hal tersebut berhubungan dengan selera dan kepuasan masing-masing orang. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza 2008:

Review Toyota Avanza 2008 : Kelebihan

Toyota mencoba memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya, hal tersebut dibuktikan dengan jaringan servis yang diberikan sangatlah baik. Untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya, kaki-kaki dibuat dengan sangat baik. Sementara kemudahan juga diberikan pada mobil Toyota Avanza 2008, bahkan radius putar yang dimiliki juga kecil.

Review Toyota Avanza 2008 : Kekurangan

Selain kelebihan, Toyota Avanza 2008 juga tentu mempunyai kekurangan yang patut dijadikan pertimbangan. Salah satunya adalah pada bagian mesin yang terasa agak meraung saat melaju di jalan tol dikarenakan rasio gigi yang kasar. Sedangkan fitur di dalam kabinnya juga terlalu minim sehingga kurang maksimal dalam memberikan hiburan. Untuk joknya memang tebal, namun dari segi kenyamanan masih kurang.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA AVANZA 2008

Harga Toyota Avanza 2008 sebenarnya tergolong terjangkau dalam kondisi bekasnya. Hingga saat ini umurnya sudah 11 tahunan dan harga yang ditawarkan untuk mobil bekas Avanza 2008 berkisar Rp. 80 juta sampai rp. 115 jutaan. Hanya saja untuk kondisi tersebut tergantung dari kondisi dan wilayah tempat pembelian.

9. VIDEO TOYOTA AVANZA 2008

10. KESIMPULAN TOYOTA AVANZA 2008

Toyota Avanza 2008 merupakan sebuah kendaraan MPV yang memiliki cukup banyak peminat. Dengan harga terjangkau sudah mendapatkan kendaraan keluarga yang cukup nyaman, aman dan juga Tangguh. Bahkan Avanza sendiri sudah terkenal akan gelar mobil sejuta umat.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 30/07/2019 | Abdul

    Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Mobil Kelas Light Commercial Vehicle Dari Toyota

    Toyota menjadi salah satu pabrikan mobil yang sudah dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu produk andalannya adalah Toyota Avanza yang menjadi kendaraan sejuta umat dengan banyak peminat. Pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai review Toyota Avanza Transmover 2016.

  • 26/01/2019 | Arfian Alamsyah

    Review New Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

    Inilah New Toyota Avanza yang paling cocok diajak mengarungi kemacetan ibu kota sembari sesekali diajak pelisir keluar kota. Ini pendapat kami mengenai New Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

  • 25/01/2019 | Arfian Alamsyah

    Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

    PT Toyota Astra Motor memperbaharui amunisi mereka di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan meluncurkan Toyota Avanza generasi terbaru. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019? Berikut ini ulasan lengkap kami mengenai New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019.