Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft 1996 : Mobil 90-an Bisa Untuk Bernostalgia

08/11/2020| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU TAFT 1996

Mobil ini didesain supaya bisa melaju dengan Tangguh pada medan yang berat. Untuk perpanjangan dari nama Taft adalah Tough Almighty Four-Wheel Touring Vehicle. Salah satu kunci yang membuat mobil ini dapat melintasi beragam medan jalan adalah sistem penggeraknya yang menggunakan 4x4 atau Four-wheel.

Untuk pembahasan kali ini yakni keluaran tahun 1996 yang merupakan model terakhir di Indonesia. Mobil tersebut adalah Daihatsu Taft F73 yang menggantikan model F70. Kendaraan ini menggunakan sistem penggerak 4x4 dengan bahan bakar diesel  dan rata-rata akan menemui mobil ini di daerah pegunungan dan perbukitan.

2. EKSTERIOR DAIHATSU TAFT 1996

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft 1996 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Taft 1996

Desainnya terlihat mengkkotak

Ketika melihatnya akan tampak kekokohan yang dimiliki dan juga terlihat maskulin. Di kala itu tampilan mobilnya sangat menarik perhatian banyak orang. Bahkan banyak yang mengakui tampilan bagian depan Taft. Pada bagian lampu menggunakan desain kotak yang terlihat menarik. Hal tersebut disebabkan perpaduannya dengan grille yang juga mengandalkan desain mengkotak dengan 3  palang bertingkat dan tampak begitu minimalis.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft 1996 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Daihatsu Taft 1996

Sisi samping tampak menarik dan tangguh

Mobil ini mengandalkan pintu 3 buah yang posisinya berada di samping dan belakang. Tren bodi seperti itu memang sangat menarik perhatian di tahun 90-an. Tampilannya terlihat kokoh seakan bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat dalam berkendara. Pada bagian fendernya dibuat menonjol, serba mengkotak dan juga kokoh yang tampak pas dengan desain bodi yang dimiliki.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft 1996 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang mobil Daihatsu Taft 1996

Tampak menarik dengan adanya konde di belakang

Jika melihat bagian buritan akan dihadapkan dengan desain yang juga mengkotak. Pada sisi atas terdapat kaca yang ukurannya tergolong cukup besar. Ada konde yang menarik perhatian di zamannya sampai saat ini yang berupa ban cadangan. Kemudian di sisi kiri ditemukan handle pintu dan ada tulisan Taft serta Daihatsu sebagai identitas mobil ini. Dan yang terakhir bagian bawah ada bumper yang dibuat menonjol seakan menjadi tameng ketika ada kendaraan lain yang menabrak dari belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU TAFT 1996

Di bagian interior minim akan fitur sehingga menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Taft. Bahkan soal kabin menurut kami kurang lapang dan lega. Untuk melihat lebih jelasnya mari kita simak ulasannya.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft 1996 : Sisi Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Taft 1996

Tampilan dashbiard sederhana khas 90-an

Jika membahas mobil 90-an memang tidak sebanyak mobil saat ini. Di bagian dashboard memang sudah ada penyejuk AC, hanya saja masih seadanya saja. Sementara pada panel audio juga sama, namun setidaknya cukup untuk memberikan pengendaraan lebih senang dan tidak merasa bosan. Yang menarik adalah dalam penataan kabin dan desainnya yang ditata dengan rapi. Untuk tempat penyimpanan juga kecil namun hal tersebut wajar mengingat mobil inni merupakan keluaran tahun 90-an.

Review Daihatsu Taft 1996: Sisi Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil Daihatsu Taft 1996

Jok ditata klasik dan unik untuk baris belakang

Di bagian jok mobil dibalut menggunakan kain yang mempunyai kualitas khususnya untuk kursi depan. Hanya saja ada yang unik pada mobil ini yakni bangku belakangnya ditempatkan berhadapan. Sehingga bagi sebagian orang saat ini tampak seperti mobil untuk angkutan umum. Hanya saja untuk mobil tersebut memang bisa membuat kita mengingat kembali era 90-an.

>>> Baca Juga:

4. FITUR DAIHATSU TAFT 1996

Jika membahas mobil 90-an, fitur yang dimiliki belum begitu lengkap. Nah untuk mobil ini yang diunggulkan adalah suspensinya. Suspensi yang diberikan adalah IFS sementara model sebelumnya hanya mengandalkan per daun yang membuat kenyamanan meningkat. Dengan begitu ketika melintasi jalanan terjal dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Sistem penggeraknya sudah menggunakan 4x4 yang membuatnya mudah untuk melintasi jalanan off-road seperti jalanan berlubang dan area yang terjal. Ground Clearance nya juga tinggi sehingga ketika melintasi banjir atau hilir bisa dilakukan dengan mudah.

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

5. OPERASI DAIHATSU TAFT 1996

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Taft 1996

Mesin tangguh dan bandel buatnya bisa lewati jalanan terjal

Berlanjut ke bagian performa, mesin yang digunakan terbilang mumpuni yang mengandalkan kode DL42 4 silinder dan mempunyai kapasitas 2.8 Liter. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan torsi maksimal sebesar 245 Nm dan tenaganya adalah 76 Hp. Hanya saja kapasitas besarnya kurang mempunyai tenaga ketika melakukan akselerasi. Tidak dipungkiri, pihak Daihatsu membuat mesinnya memiliki torsi yang besar diselaraskan dengan pengusungan tema off-road.

Apabila dibandingkan dengan mesin generasi sebelumnya, mesinnya ini lebih halus karena adanya penambahan Camshaft oleh timing belt. Untuk sistem transmisinya mengandalkan manual 5 speed.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

6. SPESIFIKASI DAIHATSU TAFT 1996

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Daihatsu Taft 1996:

DIMENSI

Jarak Poros Roda

2.210 mm

Panjang

3.761 mm

Lebar

1.754 mm

Tinggi

1.840 mm

MESIN

Tipe Mesin

DL42 2.8 Liter 4 Silinder Segaris

Daya Maksimum

76 HP / 3.600 Rpm

Torsi Maksimum

245 Nm / 2.200 Rpm

Kapasitas Silinder

2.800 cc

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

Mode Penggerak

4x4 4WD

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Drum

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Independent

Suspensi Belakang

Rigid 5 Link dan Per Keong

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

60 Liter

Ukuran Ban

195/70 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU TAFT 1996

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu taft 1996:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dapat melintasi segala medan jalanan baik itu perkotaan maupun jalanan terjal sekalipun

Mesin diesel yang digunakan menghasilkan getaran yang sampai ke kabin mobil

Mesin yang digunakan bandel dan sudah teruji ketangguhannya

Untuk fitur keselamatan yang diberikan hanya berupa sabuk pengaman dan sistem suspensi saja

Perawatan mudah dengan biaya yang mydah dan sparepart memiliki harga murah

 

Penggunaan suspensi lebih baik dibandingkan model sebelumnya

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU TAFT 1996

Setelah melihat beberapa informasi di atas apakah Sobat ingin memilikinya. Jika ya maka tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau. Adapun harga mobil bekas Daihatsu Taft 1996 berada di kisaran Rp. 35 juta sampai Rp. 90 jutaan tergantung kondisinya dan wilayah melakukan pembelian.

9. VIDEO DAIHATSU TAFT 1996

10. KESIMPULAN DAIHATSU TAFT 1996

Jika Sobat hobi untuk melakukan off-road saat ada waktu luang atau melakukan petualangan ke tempat yang cukup terjal. Maka memilih mobil Daihatsu Taft 1996 tergolong pilihan yang tepat. Selain itu, mobil ini juga bisa diajak bernostalgia dan mengenang masa-masa indah di tahun 90-an. Dari segi perawatan juga mudah dan sparepartnya harganya mudah sehingga memiliki mobil ini akan lebih hemat dalam pengeluaran biaya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

International