Spesifikasi Mobil Suzuki Swift 2013 : Mobil Mungil Untuk Temani Aktivitas Di Perkotaan

10/11/2020| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI SWIFT 2013

Mobil diperuntukkan sesuai dengan kebutuhan, seperti kendaraan jenis MPV kerap dipakai untuk mobil keluarga. Nah pada kali ini kami membahas tentang Suzuki Swift yang merupakan sebuah kendaraan City Car yang cocok dipakai di daerah perkotaan. Sedikit membahas sejarah tentang mobil ini, yang mana produksinya pertama kali dilakukan pada tahun 1983 yang pemasarannya ditujukan di seluruh dunia, yang mana pada beberapa pasar dikenal dengan nama Cultus.

Di Indonesia mobil ini dihadirkan pada tahun 2000 yang menjadi generasi pertama. Setelah itu dilanjutkan generasi kedua yang hadir pada tahun 2012 dalam ajang bergengsi IIMS. Pada generasi ini pihak Suzuki menghadirkan dalam 2 varian yakni GX dan GL dan 2 pilihan transmisi yakni manual dan otomatis. Untuk varian GS hadir pada tahun 2015 dalam acara Jakarta Fair 2015.

Di pertengahan tahun 2013 pihak Suzuki sempat melakukan pembaruan dan peningkatan. Salah satu bagian yang berubah adalah bagian bumper dan penggunaan roda baru. Dari segi interior kabinnya nyaman dan pengemudi dan penumpang akan merasa di dalam kabin tidak membosankan.

2. EKSTERIOR SUZUKI SWIFT 2013

Spesifikasi Mobil Suzuki Swift 2013 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Mobil Suzuki Swift 2013

Wajahnya tampak memandang ke arah depan dengan berani

Ketika melihat bagian depannya akan dihadapkan dengan grille yang mempunyai ukuran cukup kecil. Hal tersebut dipadukan dengan penggunaan headlamp dengan ukuran cukup besar di depan dan mengecil ke belakang. Desain bumper yang terlihat baru dan untuk memberikan visibilitas lebih baik, pihak Suzuki memberikan lampu siang LED yang mengandalkan bentuk L di bagian fog lamp nya. Namun perlu diketahui, bahwa pada varian sport pihak Suzuki mengandalkan lampu proyektor setelah facelift dilakukan.

Review Suzuki Swift 2013:  Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mobil Suzuki Swift 2013

Warna handle pintu dan spion menggunakan aksen sewarna dengan bodi

Ketika melihat bagian samping akan melihat tidak adanya perbedaan dengan model sebelumnya. Untuk perubahan yang dilakukan pihak Suzuki hanya pada sisi bodinya yang dibuat dengan ukuran lebih panjang. Di bagian handle pintu menggunakan sewarna bodi, begitupun di spionnya yang sudah terdapat lampu sein. Menariknya lagi adalah penggunaan roda baru yang mempunyai ukuran 16 inci.

Review Suzuki Swift 2013:  Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Mobil Suzuki Swift 2013

Sisi belakang tampak polos dipadukan dengan wiper belakang

Tampak bagian buritan yang seakan polos dan tidak terdapat aksen yang membuat seseorang merasa wah ketika melihatnya. Mobil ini sudah dibekali dengan wiper belakang dengan kaca belakang yang mungil. Di bagian tengah ada logo Suzuki dan bagian kiri emblem bertuliskan SUZUKI dan samping kanan SWIFT. Ditambah lagi mobil ini sudah mendapatkan lampu rem LED.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR SUZUKI SWIFT 2013

Spesifikasi Mobil Suzuki Swift 2013 : Sisi Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan jok mobil Mobil Suzuki Swift 2013

Tampilan dashboard terlihat sederhana dengan menggunakan bahan plastik

Lanjut pembahasan ke bagian interior, yang mana di bagian dashboard tidak mengalami perubahan pada edisi faceliftnya. Sobat tetap akan menemukan material plastik yang keras. Memang kurang menarik di bagian dashboardnya ini dengan dibekali banyak tombol dan tampilannya terlihat biasa. Meskipun begitu, fiturnya sudah cukup untuk menemani perjalanan ke tempat yang dituju.

Di bagian kemudi mobil menggunakan model 3 palang. Dibandingkan dengan model sebelumnya memang tidak terdapat perbedaan. Hanya saja ada yang menjadi pembeda antara Swift yang dipasarkan di luar negeri dan di Indonesia yakni pemberian tombol di pada setirnya. Di bagian kanan tidak ada tombol dan terlihat polos, hanya saja saat digenggam kemudi akan terasa nyaman dan juga pas.

Spesifikasi Mobil Suzuki Swift 2013 : Sisi Jok Mobil & Bagasi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Mobil Suzuki Swift 2013

Mobil ini mampu membawa 4 penumpang

Ketika Sobat mempunyai mobil ini maka dapat digunakan untuk menampung 4 penumpang saja. Pada jok belakang proporsinya terbagi menjadi 40/60/40, namun pada saat menempuh perjalanan jauh memang jok nya ini kurang mengesankan terutama bagi penumpang yang posturnya tinggi. Sebagai kendaraan dalam segmen City Car, jok nya cukup nyaman dengan mengandalkan material bahan kain siap untuk temani aktivitas sehari-hari.

Untuk bagasi mobil sama dengan kendaraan city car lain yang ukurannya tidak besar sih. Kapasitas bagasinya adalah 204 liter untuk kompartemen belakangnya. Apabila membawa barang bawaan banyak dan hanya jok depan yang diduduki maka bisa melipat jok belakang untuk mendapatkan ruang yang lebih luas.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI SWIFT 2013

Gambar ini menunjukkan fitur mobil Mobil Suzuki Swift 2013

Sudah ada tombol di bagian kiri kemudi mobil Swift

Berlanjut ke sektor fitur yang dimiliki oleh Suzuki Swift 2013. Pihak Suzuki memberikan mobil ini dengan AC model digital  dan pada bagian kemudinya sudah ada beberapa tombol multifungsi meskipun jumlahnya sedikit. Fitur lain yang diberikan berupa immobilizer dan juga auto folding mirror, dengan begitu kenyamanan selama berkendara akan bertambah.

Untuk memberikan keselamatan pihak Suzuki memberikan sistem rem ABS dan EBD sebagai fitur keselamatan aktif. Sehingga saat melaju di jalan yang licin karena basah akibat kehujanan bisa lebih stabil. Selain itu, untuk mencegah cedera parah saat terjadi benturan mobil ini dibekali dengan dual airbags.

>>> Klik disini untuk cek harga mobil idaman Anda

5. OPERASI SUZUKI SWIFT 2013

Gambar ini menunjukkan mesin Mobil Suzuki Swift 2013

Mesin mendukung perjalanan pemiliknya melintasi jalanan perkotaan

Di bagian mesin juga tidak mengalami perubahan sejak tahun 2010 yang merupakan Swift generasi kedua. Mesin Suzuki Swift 2013 adalah K12 1.2 liter dengan bahan bakar bensin. Mesin tersebut bisa menghasilkan torsi maksimal sebesar 190 Nm dan tenaganya mencapai 75 dk. Meskipun begitu, mobil ini merupakan kendaraan perkotaan yang dapat memberikan rasa menyenangkan di dalamnya.

Namun ketika melaju di jalan tol mobil ini kurang begitu menonjol. Ditambah lagi untuk sistem transmisinya mengandalkan manual dan otomatis 5 speed, yang mana saat dilakukan perpindahan akan terasa mulus dan hal tersebut menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki.

>>> Baca Juga, Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Mobil Pick Up Keren Kesan Mewah & Eksklusif

6. SPESIFIKASI SUZUKI SWIFT 2013

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Suzuki Swift 2013:

DIMENSI

Panjang

3.850 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.530 mm

Berat

1.060 kg

Kapasitas Bagasi

204 liter

Jarak Poros Roda

2.430 mm

Ground Clearance

170 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter DDiS

Percepatan (0-100 km/jam)

14.8 detik

Kecepatan Tertinggi

155 km/jam

Isi Silinder

1.248 cc

Tenaga Maksimal

75 dk @ 4.000 rpm

Torsi Maksimal

190 Nm @ 2.000 rpm

HANDLING DAN SUSPENSI

Rem Depan dan Belakang

Front Disk dan Rear Drum

Tipe Ban

165/80 R14

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam Coil Spring

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SWIFT 2013

Berikut ini merupakan tabel kelebihan dan kekuarangan mobil Suzuki Swift 2013:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kabin mobil terasa lebih nyaman meskipun perubahan yang dilakukan tidak terlalu banyak dibandingkan model sebelumnya

Sebagai mobil mungil radius putar yang dimiliki tergolong terlalu jauh

Nyaman ketika melakukan perpindahan transmisi karena terasa halus

Jok baris kedua tergolong sempit, namun hal tersebut sama seperti mobil dalam kelas city car pada umumnya

Visibilitas lebih baik dengan penambahan lampu LED di bagian depan

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SWIFT 2013

Bagi Sobat yang ingin membeli mobil Suzuki Swift bekas keluaran tahun 2013 sebaiknya melakukan pengecekan dengan teliti. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagian perawatannya, jika ada bisa meminta catatan servisnya. Karena mobil yang terawat biasanya minim mengalami masalah. Untuk harga bekas Suzuki Swift 2013 di situs jual beli online sekitar Rp. 80 juta sampai Rp. 200 jutaan tergantung kondisi, varian dan wilayah melakukan pembelian.

9. VIDEO SUZUKI SWIFT 2013

10. KESIMPULAN SUZUKI SWIFT 2013

Bagi Sobat yang mencari kendaraan perkotaan untuk  menemani aktivitas keseharian bisa memilih mobil Suzuki Swift 2013. Dengan mengandalkan mobil ini akan terasa mengesankan karena mesinnya dan juga pengendaraannya. Perubahan yang terjadi dibandingkan model sebelumnya tidak terlalu berbeda jauh. Namun setidaknya tampilannya cukup menarik dan sudah bisa merasakan kenyamanan selama berada di dalam mobil besutan Suzuki satu ini.

Menurut kami di bagian belakang terasa sempit dan bagasinya bisa besar ketika melipat jok baris belakang. Sehingga saat jok diisi penuh maka barang bawaan yang bisa dibawa di bagasi mobil terbilang sedikit.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

International