Tanpa Dasar Ilmu Ackermann Steering Geometry Mobil Anda Enggak Bakal Bergerak Lincah

29/12/2018 Arfian Alamsyah TOP mobil

Pernahkah Anda berpikir mobil dengan dimensi besar dapat dengan mudah melakukan aksi putar balik dengan radius putar yang kecil? Anda harus tahu hal ini, karena tanpa dasar ilmu ackermann steering geometry, mobil Anda enggak bakal bergerak lincah.

Pernahkah Anda berpikir, mobil sebongsor Mitsubishi Pajero Sport atau All New Honda Brio misalnya, dapat berputar balik dengan mudah dengan turning radius yang bisa dibilang sangat baik. Apa penyebabnya? Ternyata yang berperan besar adalah suatu sistem ilmu pengetahuan ackermann steering geometry. Karena tanpa adanya ackermann steering geometry, mobil Anda enggak bakal bisa bergerak lincah. Lalu apa sih itu Ackermann Steering Geometry? Simak pembahasannya lebih lanjut di Mobilmo.com yang merupakan situs seputar teknik mobil nomor satu yang ada di Indonesia.

Cara Kerja Ackermann Steering Geometry

Ackermann Steering Geometry membantu sudut belok mobil semakin patah

Pertama yang harus dipahami adalah Ackermann steering geometry, Ackermann steering geometry sebenarnya adalah sebuah susunan geometris dari hubungan setir mobil yang dirancang secara khusus untuk menyelesaikan problem bagian roda dalam dan juga luar tergelincir karena memiliki sudut belokan yang berbeda. Ackerman Steering adalah metode yang digunakan pada sistem steering mobil pada umumnya. Sistem Ackermann steering geometry menawarkan stabilitas yang baik, dan pada prinsipnya dua roda belakang sebagai penggerak digerakkan oleh satu motor dan dua roda depan hanya berfungsi sebagai kemudi.

>>> Baca juga: Mengapa Biaya setting ECU Stand Alone Itu Mahal?

Tampak sebuah Sistem Ackermann Steering

Ackermann steering geometry menawarkan stabilitas yang baik

Sistem Ackermann steering geometry ini ditemukan serta dipatenkan oleh di Inggris, oleh Rudolph Ackermann (1764-1834) pada tahun 1818. Dan sistem Ackermann steering geometry ini pertama kali digunakan untuk kereta kuda. Cara kerja dari ‘geometri Ackermann’ ini adalah untuk mencapai tujuan utama yakni menghindari ban dari sisi berlawanan tergelincir ke samping saat mengikuti jalur di sekitar kurva (misal mobil berbelok kekanan sudut ban kanan tidak lekas mentok ke sasis dan kemiringannya masih masuk dalam batas toleransi). 

>>> Baca juga ulasan tentang mobil baru yang tergolong rare (jarang) di Indonesia, hanya di Mobilmo.com :

Tampak Ban dan pelek depan All New Honda Brio

Mobil modern seperti All New Honda Brio tidak menggunakan Ackermann Steering Geometry murni demi rasa rigid saat bermanuver

Ackermann steering geometry ini mengatur agar semua roda yang diatur pada-asnya sebagai jari-jari lingkaran dengan titik tengah adalah sama. Jadi ketika roda belakang geometry (sudut)-nya diperbaiki, titik tengah ini harus berada pada garis yang diperpanjang dari poros belakang. Perpotongan sumbu roda depan pada garis ini juga mensyaratkan bahwa roda depan bagian dalam diputar, saat kemudi, melalui sudut yang lebih besar daripada roda luar.

Tampak All New Honda Brio Satya bermanuver cepat

Pada dasarnya mobil dapat menikung lincah karena adanya dasar ilmu teknis ini

Mobil modern seperti Mitsubishi Pajero Sport, serta All New Honda Brio misalnya memang tidak menggunakan sistem Ackermann geometry murni, karena sebagian mengabaikan efek penting yang dinamis dan juga sesuai, tetapi pada prinsipnya, untuk manuver tajam pada kecepatan rendah. Beberapa mobil balap menggunakan geometri Ackermann dengan sudut yang terbalik untuk mengimbangi perbedaan besar dalam sudut selip antara ban depan dalam dan luar sambil menikung dengan kecepatan tinggi. Penggunaan geometri semacam ini akan membantu mengurangi suhu ban saat menikung dengan kecepatan tinggi tetapi sisi negatifnya akan menurunkan kinerja manuver kecepatan rendah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Pergi Berlibur Berdua, Ini Mobil Paling Cocok dan Layak Dipilih
    TOP mobil Fatchur Sag

    Pergi Berlibur Berdua, Ini Mobil Paling Cocok dan Layak Dipilih

    31/12/2018

    Ketika Anda merencanakan liburan, tentunya ada berbagai hal yang wajib dipertimbangkan masak-masak, termasuk pilihan moda transportasinya. Anda bisa pilih gunakan sarana transportasi umum seperti pesawat, kereta api, maupun bus, atau pilih naik kendaraan pribadi. Tapi jika hanya pergi berlibur berdua, apa kira-kira mobil paling cocok dan layak dipilih?

  • Cara Kerja Transmisi i-Shift Pada Truk Volvo
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Cara Kerja Transmisi i-Shift Pada Truk Volvo

    14/12/2018

    Tak kenal maka tak sayang, peribahasa tersebut rasanya pas untuk mengawali tulisan mengenai cara kerja transmisi i-shift pada truk Volvo ini.

  • Memahami Cara Kerja Honda LaneWatch Technology
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Memahami Cara Kerja Honda LaneWatch Technology

    12/12/2018

    Blind spot adalah titik buta yang berbahaya bagi pengemudi maupun orang yang disekitar kendaraan yang Anda kemudikan. Honda punya solusinya, mari kita memahami Honda LaneWatch Technology