Review dan Test Drive Toyota All New Prius PHV 2019

12/10/2018 Arfian Alamsyah Review Toyota

Hati ini merasa senang bukan main ketika mendapat tawaran untuk melakukan review dan test drive Toyota All New Prius PHV 2019. Tim Mobilmo.com langsung meluncur ke kawasan Depok, Jawa Barat guna mengetes mobil ini lebih jauh.

Bagaimana kami tidak senang dan kegirangan? Pasalnya, bisa dibilang Mobilmo.com yang merupakan saudara dari web marketplace mobil nomor satu di Indonesia yakni Cintamobil.com ini, merupakan media pertama yang diberi kesempatan oleh salah satu institusi pendidikan tinggi paling terkemuka di Indonesia untuk mencoba secara langsung di jalanan Indonesia.

Tampak depan sebuah Toyota All New Prius PHV 2019 berwarna biru

Tawaran untuk test drive Toyota All New Prius PHV 2019 tidak akan kami sia-siakan begitu saja

Bila digambarkan seperti apa rasanya, itu ibarat seperti halnya anak-anak yang diberi mainan baru oleh ayah dan ibunya. Itulah hal yang saya rasakan selaku test driver Mobilmo.com saat menerima kunci smart entry Toyota All New Prius PHV 2019 ini. For your information mobil yang Mobilmo.com coba ini merupakan varian tertinggi dari Prius PHV versi Inggris.

Gambar sisi belakang dengan tulisan Plug In Hybrid

Ini bukan Prius biasa

Lho, kok Inggris. Yes, PT. Toyota Astra Motor yang mendatangkan mobil ini, mengambil basis dari versi yang dijual di Inggris. Hal tersebut kami sadari saat melakukan 'fitting' di ruang kemudinya, kami menemukan kejanggalan, yakni posisi tuas sein dan lampu utama ada di sebelah kiri. Sementara kami pernah mencoba Prius 'normal' non PHV, posisi tuas seinnya ada di sebelah kanan.

Tampak sebuah Toyota All New Prius PHV 2019 sedang difoto

Toyota All New Prius PHV 2019 ini merupakan versi Inggris

Toyota All New Prius PHV 2019 yang kami coba ini merupakan varian tertinggi. Di Inggris sendiri, dimana mobil ini dijual, Toyota All New Prius PHV 2019 ini bernama resmi Prius Plug-in Excel 5-doors hatchback. Dibandingkan dengan varian dibawahnya yakni Prius Bussiness Edition Plus 5-doors hatchback, mobil yang kami coba ini memiliki kelengkapan yang lebih banyak. Contoh Leather seat, JBL 10 speakers premium sound, Toyota 2 navigation system dan yang lainnya. 

Tim Mobilmo.com sedang lihat sisi interior mobil Toyota Prius PHV 2019

Tim Mobilmo.com pun terihat sangat antusias ingin tahu mengenai mobil spesial ini

Alangkah bahagianya negara yang mendapatkan kebijakan keringanan pajak untuk mobil rendah emisi seperti Toyota All New Prius PHV 2019. Mobil yang kami coba ini mendapatkan dispensasi pajak sebesar 2500 Euro atau nyaris sebesar Rp 45 juta. Padahal, harga jual on the road Toyota All New Prius PHV 2019 di negara lahirnya David Beckham ini adalah Rp 554 juta. Info dari PT. TAM, jika masuk sini tanpa keringanan pajak seperti itu, harga jual di Indonesia tembus Rp 1 miliar. Bukan main.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

EKSTERIOR TOYOTA ALL NEW PRIUS PHV 2019

Tampak depan sebuah Toyota All New Prius PHV 2019 berwarna biru sedang parkir di lapangan yang luas

Mobil ini dirancang begitu aerodinamis untuk membantu meningkatkan efisiensinya

Oke, sebelum mengemudikan mobil ini dan merasakan impresinya secara langsung mari kita lihat dulu sisi eksteriornya. Kalau boleh jujur saya pribadi jatuh cinta pada desain mobil ini. Desainnya slim and sleek, seolah tiap lekukan sudah dihitung secara presisi untuk memperkecil nilai coefficient of drag sehingga berdampak positif pada efisiensinya. Lampu depan ada empat buah lampu berteknologi Light Emitting Diode (LED) yang menyipit garang seolah ingin menerkam.

Tampak Prius PHV 2019 berwarna biru kelihatannya sangat bagus

Jarak terendah ke tanah mobil ini begitu pendek

Ada satu hal yang kami kurang sukai dari tampilan depan Toyota All New Prius PHV ini, yaitu penempatan positioning lamp di pipi kanan dan kiri bumper depan. Rasanya penempatannya kurang pas, lebih oke bila dijadikan satu dengan headlampnya, jadi foglampnya dapat ditempatkan pada rumah positioning lamp tersebut. Lalu ground clearence yang hanya 122 mm, membuat mobil ini kurang kapabel melintasi jalanan Indonesia yang masih banyak jalan rusak.

Tampak belakang mobil Toyota All New Prius PHV 2019 berwarna biru sedang difoto

Lampu belakangnya juga mengadopsi teknologi LED agar lebih terang namun hemat daya

Berjalan ke bagian samping mobil, kami menemukan sedikit hal yang mengganggu yaitu lekuk kabin depan, antara pillar A ke B yang lebih besar agak sedikit mengganggu mata kami. Well, ini hanya masalah selera sih, secara umum desain mobil ini apik dan mengalir layaknya angin. Guratan garis pada sekujur pintu depan hingga belakang sengaja didesain untuk mengalirkan arah angin agar mobil dapat melaju lebih bebas hambatan. Sayang, karena fokus pada efisiensi, penggunaan pelek standar 15 inchi dibalut ban eco dari Bridgestone terlihat kurang proporsional. 

Foto Toyota All New Prius 2019 PHV Mobilmo

Karena jarang terlihat dijalanan, saat kami mengetes mobil ini, kami selalu menjadi pusat perhatian

Lanjut ke bagian belakang guratan-guratan garis bodi yang menunjang aerodinamika masih terlihat mendominasi. Kami suka desain stoplamp-nya yang memanjang selebar bodi. Guna mengurangi bobot, bahan pintu bagasi Toyota All New Prius PHV 2019 ini menggunakan material karbon komposit yang ringan. Maklum, seperti halnya Toyota membuat mobil hybrid, baterai pasti diletakkan dibawah bagasi. Harusnya Toyota meniru langkah Tesla di produknya Roadster Concept yang meletakkan baterai di lantai, sehingga penyebaran bobotnya jadi lebih merata.

>>> Baca juga:

INTERIOR TOYOTA ALL NEW PRIUS PHV 2019

Tampak layout interior Toyota All New Prius PHV 2019

Layout interior Toyota All New Prius PHV 2019 varian tertinggi

Set back, mari kita masuk ke interiornya. Sentuh ujung handle-nya untuk membuka pintu jika kunci smart entry-nya sudah dikantungi. Interior warna hitam akan menyambut. Berbeda dengan varian dibawahnya, yang punya warna dominan putih pada layout dasbornya. Warna gelap akan menguntungkan bagi Anda yang enggak terlalu apik dalam memakai mobil ataupun jika kurang rajin merawat interior. Layout dasbor Toyota All New Prius PHV 2019 ini sudah jauh membaik dari model sebelumnya.

Tampak Head Unit Toyota All New Prius PHV 2019

Warna piano black ditengah konsol tampak rapi dan mewah

Karena ini bukan mobil 'biasa' maka kami sempatkan dulu untuk beradaptasi dengannya. Paling atas adalah layar multifungsi yang menjadi satu dengan spidometer, desainnya membuat kami flashback di era 2006-an, dimana Honda CIvic menggunakan desain serupa namun tak sama dan dinamakan layar multiplex. Bergeser sedikit ke bawah dasbor ada layar yang juga berfungsi sebagai penunjuk mode hybrid, mode perpindahan tenaga dari mesin ke listrik, audio system, maupun perangkat anti tersesat yaitu GPS. Dibawahnya ada pengaturan AC dual zone,

Tampak konsol transmisi dan pilihan mode berkendara Toyota All New Prius PHV 2019

Tuas transmisinya begitu kecil dan imut namun mudah saat dioperasikan

Bergeser lagi kebawah dasbor, ada tombol untuk pilihan mode berkendara mulai dari ECO, NORMAL, dan SPORT juga pilihan mode listrik dari EV City, HV, dan EV. Disamping kanannya ada tuas transmisi imut yang penggunaannya pun tidak biasa. Jika pada mobil hanya tinggal injak pedal rem dan bisa digeser, atau dengan menekan tuas pembebas. Di Toyota All New Prius PHV 2019 ini berbeda, tombol P sistemnya ditekan, dan posisi lainnya harus dengan tuas geser. Enaknya, jika dari posisi D atau B tiba-tiba harus berhenti lama, tinggal tekan saja tombol P dikanan itu.

Tampak sebuah layar spidometer menyatu dengan on board computer

Layout spidometernya mengingatkan kami akan panel instrumen Multiplex pada Honda Civic generasi ke-8 (FD)

Tekan tombol START dengan sentuhan ringan dar jari, maka tidak akan terdengar suara mesin ataun apapun yang mengisyaratkan mobil ini telah hidup dan siap jalan. Hanya tulisan READY yang jadi tanda mobil ini sudah siap melaju, Geser tuas transmisinya ke posisi D, angkat pedal rem maka mobil akan melaju secara melaju secara "bisu". Rasanya benar-benar sedang berjalan dimasa depan, dimana nanti kendaraan listrik akan menjadi hal yang lumrah dan menjadi andalan anak generasi diatas milenial. 

Tampak kursi penumpang depan Toyota All New Prius PHV 2019

Kursi depan Toyota All New Prius PHV 2019 ini nyaman diduduki

Prius PHV ini menggunakan baterai yang berbeda dengan Prius biasa. Prius biasa pakai baterai nikel, Prius PHV ini menggendong baterai jenis lithium. Secara kapasitas jelas lebih besar baterai Prius PHV dan untuk sumber listriknya hanya butuh 8V alias tinggal colok saja ke listrik rumah. Interupsi dari mesin 1800 cc-nya baru akan terasa ketika listrik dari baterai dibawah 25% alias baterai butuh segera dicharge dan yang jadi catatan kami adalah proses pengambilalihan mesin saat mengisi baterai yang prosesnya kurang halus.

Tampak Toyota All New Prius PHV 2019 sedang melaju kencang

Jangan main-main dengan performanya, hentakan torsi motor listriknya mampu menghempaskan Anda ke kursi

Meski secara teknis tenaga totalnya hanya 122 hp, namun kami penasaran bagaimana responnya jika digaspol. Klaimnya kecepatan 135 km/jam dapat diraih dengan jarak 70 meter saja. Sontak, saya mencari area yang kosong dan aman. Mode diubah dari ECO ke SPORT latar di layar spidometer dari biru jadi merah, pedal rem diinjak penuh, sembari pedal gas diinjak setengah. Diiringi decit ban, mobil langung berlari dengan brutal. Bagai anak panah yang dilepas dari busurnya. Dalam jarak kurang dari 50 meter saya melirik ke spidometer digital-nya sudah menunjuk angka 96 km/jam.

Tampak motion sensor pada lengan ayun Toyota All New Prius PHV 2019

Ada sensor yang membaca pergerakan mobil pada lengan ayun Toyota All New Prius PHV 2019

Tiba-tiba ada anak-anak tanpa menggunakan helm naik sepeda motor memotong jalur saya, dengan sigap setir langsung diputar ke kiri untuk menghindari bocah nakal tersebut. Beruntung Toyota All New Prius PHV 2019 ini mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA), yang mana tidak hanya sasis, sistem kemudi, saja yang dirancang baru, namun keseluruhan yang menyangkut performa mobil dirancang sedemikan rupa sehingga mobil asyik dan juga aman dikemudikan. Bahkan, pada lengan ayun belakang Toyota All New Prius PHV 2019 ini terdapat sebuah sensor yang membaca motion (gerakan) mobil. Alhasil, Mobilmo.com terhindar dari celaka.

Tampak kami mencoba menjadi penumpang pada Toyota All New Prius PHV 2019

Kami juga mencoba untuk menjadi penumpang di Toyota All New Prius PHV 2019 ini

Tidak hanya duduk dibangku pengemudi, saya selaku tester Mobilmo.com juga sempat disupiri oleh rekan dan teman kami yang meminjamkan mobil ini ke Mobilmo.com. Duduk dibangku belakang terasa cukup nyaman, untuk saya yang punya postur tinggi 173 cm. Ruang kepala terasa cukup, dan ruang kaki juga masuk batas toleransi. Melakukan perjalanan jauh dengan mobil ini rasanya tidak akan terlalu melelahkan. Sayangnya kerebahan sudut kursi belakang tidak bisa leluasa diatur seperti kursi depan.

Tampak Pengisian Listrik Pada Toyota All New Prius PHV 2019

Tidak hanya smartphone saja yang punya fitur quick charge, Toyota All New Prius PHV 2019 ini juga punya

Bagaimana dengan lama pengisian ulang dayanya? Pada Toyota All New Prius PHV 2019 ini tersedia dua mode pengisian daya, yakni dengan daya listrik 200V memerlukan waktu isi ulang 2 jam 20 menit hingga baterai terisi penuh. Tak ingin menunggu lama? Anda dapat menggunakan metode quick charging secepat 20 menit hingga 80 %  kapasitas baterai. Untuk konektor charger menggunakan Type 2 yang sudah menjadi standar mayoritas mobil berteknologi plug-in hybrid. Asyik kan?

Tampak tester Mobilmo.com berfoto dengan Toyota All New Prius PHV 2019

Mobilmo.com menyempatkan diri berfoto dengan mobil ini sebelum dikembalikan

Lalu bagaimana kesimpulan kami mengenai mobil ini? Is this car for you? Ya, mobil ini sangat layak untuk Anda yang menginginkan mobil untuk commuter sehari-hari di kota besar. Hanya saja karena mobil ini masih lama untuk dijual bebas di Indonesia, kami sangat menyarankan Anda menabung terlebih dahulu, jadi ketika nanti mobil ini sudah dijual di Indonesia, Anda tinggal beli saja deh. 

Tampak mesin Toyota All New Prius PHV 2019

Meskipun hanya 'genset' namun selalu isi dengan bensin oktan 95 ya, karena rasio kompresinya mencapai 13,0:1

>>> Kecelakaan Terbesar di New York Selama 9 Tahun, Tersangka Akhirnya Tertangkap

SPESIFIKASI TOYOTA ALL NEW PRIUS PHV 2018

Berikut ini kami akan beri tabel tentang spesifikasi Toyota All New Prius PHV 2019 dan juga kelebihan serta kekurangan mobil ini. Setelah cukup banyak membahas tentangnya, kini Mobilmo.com hendak melampirkan spesifikasi Toyota All New Prius PHV 2018.

SPESIFIKASI TOYOTA ALL NEW PRIUS PHV 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.646 mm x 1.760 mm x 1.471 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Jarak Pijak Depan

1.529 mm

Jarak Pijak Belakang

1.539 mm

Jarak Terendah

122 mm

MESIN

Tipe Mesin Utama

2ZR-FXE 4 Silinder Segaris 16 Katup Single VVT-i

Kapasitas Silinder

1.797 cc

Daya Maksimum Mesin Utama

98 PS / 5.200 Rpm

Torsi Maksimum Mesin Utama

142 Nm / 3.600 Rpm

Kompresi

13,0 : 1

Daya Maksimum Motor

72 PS / 53 kW

Sistem Transmisi

Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (ECVT)

Mode Penggerak

Front-Wheel Drive

HANDLING

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut dan Double Wishbone Style dengan Stabilizer Bars

Suspensi Belakang

Multi-Link Rear dengan Stabilizer Bars

Rem Depan

Power-Assisted Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Integrated Regenerative Braking

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS)

Ukuran Ban

P195/65 R15 dengan ban ECO

KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ALL NEW PRIUS PHV 2019

Seperti artikel-artikel sebelumnya, Mobilmo.com hendak memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Toyota Prius PHV 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil tercanggih dari Toyota saat ini

Desain bukan selera semua orang

Interior jauh membaik bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Performa memukau dipadu efisiensi luar biasa

Fitur keselamatan patut diacungi jempol dengan memadukan Toyota Safety Sense dan Star Safety System

Belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!