Keunggulan Mesin Toyota 1TR-FE, Dari 2004 Hingga Hari Ini

31/10/2019| Arfian Alamsyah

Ada yang unik dari Toyota Kijang Innova bermesin bensin. Pasalnya, mesin berkode 1TR-FE yang digunakan pada Toyota Kijang Innova sudah digunakan 15 tahun sejak pertama kali diperkenalkan di 2004. Mesin bensin 1TR-FE ini masih juga digunakan bahkan hingga Toyota Kijang Innova Reborn. Lantas, lantas apa keistimewaan dan keunggulan dari mesin ini hingga masih digunakan sampai hari ini?

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Kijang Innova tipe Q yang jadi Kijang termewah di tanah air

Gambar menunjukkan Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Sejak pertama kali muncul ke publik tahun 2004, Kijang Innova sudah menggendong mesin 1TR-FE

Keunggulan utama dari mesin Toyota Kijang Innova bensin berkode 1TR-FE ini adalah konstruksinya. Mesin ini dirancang memiliki karakter alami square engine. Dimana langkah piston dan besarnya diameter piston sama atau minimal memiliki batas toleransi di bawah 0,5 mm. Sehingga mesin dengan ukuran bore 86,0 mm dan stroke 86,0 mm ini punya semburan torsi dan tenaga yang rata setiap putaran mesinnya.

>>> Mana yang terbaik? Mesin overbore, mesin overstroke, atau mesin square engine?

Gambar menunjukkan mesin 1TR-FE Toyota Kijang Innova

Mesin 1TR-FE masih dipertahankan di Kijang Innova Reborn karena masih bisa di improve kemampuannya

Keistimewaan kedua dari mesin 1TR-FE yang punya kubikasi 1,998 cc ini adalah masih kapabel dilakukan improvement. Antara lain adalah penerapan teknologi katup variabel Dual VVT-i dari yang sebelumnya masih single VVT-i. Dengan penerapan dual VVT-i otomatis mesin menjadi lebih efisien mengolah bahan bakar, sebab bukaan dan tinggi angkatan klep (katup) dapat diatur oleh komputer sesuai dengan kebutuhan serta load mesin. 

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International