Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

29/03/2019 Fatchur Sag Review Wuling

Desain Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT, mobil SUV pertama dari Wuling ini merupakan terobosan baru dengan berbagai teknologi yang jauh di luar ekspektasi. Kelengkapan fitur yang ada, mulai dari fitur ESC, TSC hingga cruise control memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman.

1. PENGANTAR WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 - Setelah kesuksesan peluncuran tiga produk dalam kurun waktu 2 tahun, yakni Wuling Confero, Wuling Cortez dan Wuling Formo, Wuling Motors Indonesia kembali membuat gebrakan baru dengan meluncurkan produk terbarunya di tahun 2019 ini, yaitu Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019. Mobil SUV pertama Wuling ini sebenarnya telah dikenalkan saat ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) pada tahun 2018 lalu. Bagi Anda yang penasaran dengan detail reviewnya, berikut ini adalah beberapa ulasannya.

2. EKSTERIOR WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

Tampilan eksterior merupakan salah satu yang menjadi daya tarik utama sebuah mobil. Detail eksterior Wuling Almaz 2019 ini antara lain.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 : Bagian Depan

Foto bagian depan Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Grill besar di bagian depan Wuling Almaz memunculkan kesan gagah

Tampilan depan dari mobil Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 tak berbeda jauh dengan prototype-nya yang dipamerkan saat event GIIAS 2018, mobil ini kental dengan desain futuristik yang terlihat jelas dari desain lampu utama dan lampu kabut yang menyatu dengan bagian bumper. Tak hanya itu, lampu senja dan lampu sipit yang memiliki fungsi sebagai Daytime Running Light (DRL) juga memiliki desain yang menawan. Lampu utama yang digunakan merupakan LED projector yang memiliki cahaya yang terang sehingga Anda tetap nyaman berkendara di malam hari.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019: Bagian : Samping

Foto bagian samping Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Penampilan dari samping Wuling Almaz terlihat elegan

Sementara pada eksterior bagian samping mobil ini terlihat cukup elegan dengan adanya aksen garis yang sejajar, memanjang dari lampu sipit mobil yang ada di depan hingga menyatu ke lampu belakang. Salah satu yang membuat Wuling Almaz 2019 ini memiliki kesan modern dan futuristik adalah adanya efek floating roof yang merupakan efek yang dihasilkan dari pilar D yang berwarna hitam. Velg yang digunakan pada mobil ini adalah velg dengan ukuran 17 inch, di mana ukuran ini sebenarnya dianggap kurang ideal untuk mobil SUV yang memiliki bodi keseluruhan yang besar.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019: Bagian Belakang

Foto bagian belakang Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Desain dua lobang seperti knalpot memberikan kesan sporty

Hal menarik dari desain eksterior Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 ini adalah desain lampu utama bagian belakang uang memanjang tanpa terpotong oleh pintu bagasi. Selain itu, lampu sein juga ditempatkan di sisi kanan kiri dari bumper belakang. Namun, lampu sein ini hanya dapat diaktifkan saat pintu bagasi terbuka. Sementara saat Anda berkendara, lampu utama lah yang berfungsi sebagai sein karena rumah lampunya menyatu.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

Bagian interior mobil menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan penting yang menentukan kenyamanan selama berkendara. Berikut ini beberapa ulasan tentang interior mobil, di antaranya.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019: Kabin

Foto kabin Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Bagian kabin terasa lapang karena hanya berkonfigurasi 5 penumpang

Saat Anda masuk ke dalam kabin Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019, Anda akan langsung dibuat takjub dengan adanya layar monitor dengan ukuran cukup besar, di atas rata - rata, yaitu sekitar 10.4 inch yang ada di tengah dashboard. Mobil ini merupakan SUV dengan 5 seater yang nyaman. Secara keseluruhan, desain kabin dalam mobil ini cukup mewah dan canggih.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 : Dashboard dan Setir

Foto dashboard dan setir Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Head unit layar sentuh 10.4 inchi, paling besar di kelasnya

Space dashboard pada Wuling Almaz 2019 ini didominasi dengan head unit sebesar 10.4 inch. Layar monitor di layout dashboard ini mampu mengakomodasi hampir seluruh operasional mobil ini secara terintegrasi. Anda dapat memutar musik, radio, mengatur AC, hingga mengakses Wuling Link langsung melalui layar monitor ini. Tak hanya itu, penguncian, pengaturan jendela, hingga lampu dapat Anda akses dengan mudah melalui layar yang sama.

Setir mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi steering control, di mana pengemudi dapat dengan mudah mengatur audio, multimedia hingga MID melalui tombol yang ada pada bagian setir.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 : Kursi / Jok

Foto kursi Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Kursi Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT terbuat dari bahan semi kulit

Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 ini memiliki kapasitas sebanyak 5 kursi, di mana jok memiliki bahan semi kulit dan memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk kursi penumpang bagian belakang pun terdapat leg room yang cukup luas, sehingga memungkinkan Anda untuk selonjor kaki dengan nyaman. Untuk kursi pengemudi, adanya pengaturan posisi secara elektrik ini memungkinkan pengemudi mendapatkan posisi ketinggian kursi yang nyaman dan ergonomis.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 : Bagasi

Foto bagasi Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 dengan 2 koper di dalamnya

Bagasi Wuling Almaz sangat luas mampu menampung banyak barang

Seperti mobil tipe SUV pada umumnya, bagasi yang dimiliki oleh Wuling Almaz 2019 ini relatif kecil. Namun, karena memiliki tinggi yang cukup, yaitu sekitar 1, 76 m, bagasi mobil ini memungkinkan untuk menampung barang cukup banyak.

>>> Baca juga:

4. FITUR WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

Saat berpikir akan membeli mobil baru, tentu salah satu poin yang turut menjadi pertimbangan adalah berbagai fitur terkini yang mampu mendukung kenyamanan dan keselamatan selama berkendara. Berikut ini beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 adalah.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 : Fitur keselamatan

Foto fitur Electric Parking Brake Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Electric Parking Brake (EPB) memudahkan pengemudi mengaktifkan rem parkir melalui ujung jari

Sebagai salah satu kendaraan yang mengadaptasi teknologi canggih, mobil Wuling Almaz ini juga memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Fitur keselamatan paling dasar yang biasanya ada pada mobil modern dan hadir dalam mobil besutan terbaru Wuling ini adalah fitur Anti-lock Braking System (ABS), Braking Assist (BA) dan fitur EBD (Electronic Brake - force Distribution). Ketiga fitur ini memiliki peran penting untuk membuat daya rem mobil semakin baik. Selain itu masih ada lagi fitur keselamatan yang lain seperti Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), hingga front and side airbag.

Bila Anda tiba - tiba mengerem secara mendadak, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur Emergency Stop Signal (ESS), di mana lampu hazard pada mobil akan berkedip otomatis sebagai bentuk peringatan kepada pengemudi yang ada di belakang agar dapat mengurangi kecepatan sehingga meminimalisir kemungkinan terjadi kecelakaan.

Review Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Foto Sunroof Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Ada sunroof di bagian atap Wuling Almaz, pemandangan langit terlihat dari dalam mobil

Dalam hal kenyamanan berkendara, Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 dibekali dengan beberapa fitur terkini seperti Electronic Stability Control (ESC) yang bertanggung jawab menjadi kestabilan selama berkendara, dan fitur Traction Control System (TCS) yang berperan untuk mempertahankan kontrol terhadap traksi mobil. Tak hanya itu, fitur unggulan lainnya yang ada pada mobil ini adalah fitur cruise control. Dengan adanya fitur ini, memungkinkan Anda untuk dapat mengemudi dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas terus menerus. Fitur ini dapat Anda aktifkan dengan mengatur tombol yang ada di sisi kiri setir. Selain itu, meski dilengkapi dengan transmisi CVT yang memungkinkan Anda berkendara dengan transmisi otomatis, Anda dapat pula mengemudi dengan mode manual yang dilengkapi dengan 8 percepatan.

Foto head unit Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Berbagai fitur hiburan dan setting kendaraan bisa dilakukan melalui monitor layar sentuh

Untuk fitur hiburan, Wuling Almaz memiliki head unit di bagian dashboard yang sangat luas dan mampu mengakomodasi setiap kebutuhan hiburan Anda, mulai dari mendengarkan musik, koneksi dengan berbagai basis smartphone dan akses berbagai hal yang dapat dilakukan secara terpusat melalui layar monitornya yang berukuran besar.

Fitur sunroof memberikan visibilitas pemandangan langit cerah di siang hari dan gemerlap bintang di malam hari. Fitur ini nyaris tak ada duanya untuk mobil SUV dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa membandingkan dengan SUV lain.

>>> Tiga Mobil Baru Wuling Untuk Tahun 2019 Bermesin 1500 cc Dan Berturbo

5. OPERASI WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

Foto bagian mesin Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019

Mesin Turbo Wuling Almaz 1.5 memberikan tenaga hingga 140 Hp

Salah satu hal menarik dari Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 ini ada pada mesin operasi yang digunakan. Mobil ini merupakan produk pertama yang menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.451 cc. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan oleh mesin pada Wuling Almaz ini mencapai 140 Hp pada 5200 rpm, karena penggunaan teknologi turbocharged yang dipadukan dengan DOHC. Dengan teknologi operasi yang digunakan ini, membuat Wuling Almaz memiliki respon akselerasi yang sangat baik dan terasa halus. Transmisi CVT dari Bosch Holland yang digunakan pun terasa sudah nyaman, karena saat pedal gas diijak penuh, tidak terasa adanya jeda akselerasi.

Foto tuas transmisi CVT Wuling Almaz 2019 mudah digunakan dan sangat nyaman

Akselerasi Wuling Almaz 1.5 maki halus dengan adanya transmisi CVT dari Bosch Holland

>>> Preview Wuling E200 2018: Tidak Hanya Sekedar Mobil Listrik Mini

6. SPESIFIKASI WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

DIMENSI

Panjang

4.655 mm

Lebar

1.833 mm

Tinggi

1.760 mm

Wheelbase

2.750 mm

MESIN

Jenis

In-line 4 cylinders, DOHC DVVT with Turbocharger

Isi silinder

1.451 cc

Daya maksimum

140 Hp/5.200 rpm

Torsi maksimum

250 Nm / 1,600-3,600 rpm

Fuel

Gasoline

Standar Emisi

EURO 4

Transmisi

CVT

SASIS DAN KAKI-KAKI

Drive Train

Front Wheel Drive

Sistem kemudi

Rack & pinion, Electric Power Steering

Suspensi depan

McPherson Strut, Coil Spring

Suspensi belakang

Multi-link, Trapezoidal Independent Suspension

Rem depan

Disc

Rem belakang

Disc

Ukuran ban

215/60 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior dan interiornya yang menawan. Desain eksterior dan interior pada mobil ini sangat terlihat modern dan atraktif, di mana setiap hal kecilnya telah dikonsep dan dipersiapkan dengan matang. Tak hanya nyaman, konsep desain interior yang diterapkan juga terlihat mahal dan canggih.

Belum tersedia dalam versi 7 seater. Bagi Anda yang merupakan keluarga besar, tentu mobil dengan kapasitas jok yang lebih banyak sering menjadi pilihan utama.

Memiliki fitur modern yang melimpah. Wuling Almaz ini menjadi salah satu mobil modern dengan banyak fitur, mulai dari fitur hiburan dan kenyamanan mengemudi, hingga fitur keselamatan yang cukup lengkap dan inovatif.

Memiliki banyak opsi desain menarik tetapi dengan tambahan biaya. Wuling Almaz memungkinkan Anda mendesain interior dan eksterior mobil sesuai keinginan, namun juga harus rela mengeluarkan tambahan biaya.

Memberikan rasa kenyamanan dan stabil saat berkendara. Mesin turbo dan transmisi CVT yang digunakan memungkinkan mobil ini memiliki tenaga dan torsi lebih besar dan transmisi yang lebih nyaman.

Kinerja mesin turbo masih sidikit nge-lag. Kurang spontan saat dipakai berakselarasi.

8. DAFTAR HARGA WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 merupakan satu-satunya varian dan tipe yang tersedia untuk Wuling Almaz. Mobil ini dijual dengan harga Rp 318.800.000 OTR Jakarta. Untuk daerah lain harga mungkin berbeda. Anda bisa mengaksesnya melalui lama resmi Wuling Motors Indonesia.

9. VIDEO WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

10. KESIMPULAN WULING ALMAZ 1.5 TURBO CVT 2019

Murah atau mahal harga Wuling Almaz 1.5 Turbo CVT 2019 ini adalah relatif. Kalau dibandingkan dengan kompetitor satu segmen, harga Wuling Almaz ini termasuk yang paling murah. Namun jika Anda hanya melihat nominal harga yang lebih dari Rp 300 juta, Anda akan menilai Almaz sebagai mobil mahal. Meski demikian ini cukup sepadan dengan tampilan mobil baik eksterior dan interior yang terlihat mewah dan nyaman, dan memiliki berbagai fitur terkini, mulai dari fitur keselamatan, kenyamanan berkendara hingga hiburan yang tentunya akan memanjakan Anda selama berkendara dengan mobil ini.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda Amaze 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    10/07/2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    08/07/2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    04/07/2019

    Kabar baik yang datang dari pihak Mitsubishi, yang mana mobil terbarunya New Triton 2019 baru saja dihadirkan di Indonesia pada tanggal 2 Juli 2019. Tentunya hal ini membuat para konsumen dan masyarakat yang menantikannya merasa bahagia dan ingin segera melihatnya secara langsung. Untuk mengurangi sedikit rasa penasaran sobat semua, kali ini kami berikan informasi tentang Review Mitsubishi New Triton 2019.