Mau Tahu, Berapa Dealer Wuling di Indonesia Saat Ini?

06/03/2019 | Fatchur Sag

Foto Wuling Confero S tampak dari samping depan

Peluncuran Wuling Confero S di GIIAS 2017 menandai dimulainya perjalanan Wuling di Indonesia

Sebagaimana diketahui nama Wuling pertama dikenal publik pada pertengahan 2017 di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 BSD City Tangerang Banten saat meluncurkan produk pertamanya Wuling Confero S. Model low MPV ini cukup menarik karena banderol harganya yang 'murah meriah' dibanding model-model lain di kelasnya. Hingga akhir 2017, Wuling Motors mengaku tidak memasang target penjualan untuk Confero S, tapi lebih pada memperluas jaringan penjualan dan layanan after sales. Di tahun pertamanya Wuling berhasil memiliki dealer resmi sebanyak 54 dealer atau lebih besar dari yang ditargetkan yaitu 50 dealer.

Tahun 2018 ekspansi Wuling Motors Indonesia terus berlanjut. Dua produk diluncurkan untuk menemani Wuling Confero S, yaitu medium MPV Wuling Cortez dan commercial vehicle Wuling Formo. Dan seperti tahun sebelumnya, di tahun ini pun Wuling masih fokus pada perluasan jaringan. Target penjualan 30.000 unit bahkan diabaikan demi memperbanyak pendirian dealer di berbagai daerah. Hasilnya, penjualan Wuling (wholesales) sepanjang satu tahun hanya sebanyak 17.002 unit. Namun jumlah dealer yang dimiliki melebihi dari yang ditargetkan, yaitu 87 dealer dari target 80 dealer di seluruh Indonesia.

>>> Dealer Wuling Jambi Diresmikan, Jadi Yang Pertama Di 2019

Foto peresmian Dealer Wuling Motors Jambi

Wuling Motors fokus memperbanyak jaringan penjualan di seluruh Indonesia

Target Wuling Motors Indonesia tahun 2019

Apa hal serupa juga bakal dilakukan Wuling di 2019 ini? Sepertinya iya. Hingga saat ini Wuling Motors belum membocorkan berapa target penjualan yang ingin dicapai di tahun 2019. Bahkan pada saat peluncuran Wuling Almaz di The Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019) lalu Wuling hanya menginformasikan target dealer hingga akhir tahun, yaitu 120 dealer dan tidak menginformasikan target penjualan. Menurut Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, ketersediaan dealer-dealer resmi untuk penjualan dan layanan after sales menjadi bagian paling penting untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, menghilangkan stigma negatif dan keragu-raguan masyarakat serta untuk menjaga keberlangsungan bisnis Wuling di Indonesia.

"Kami komitmen memberi pelayanan yang terbaik untuk konsumen Indonesia, kami lebih fokus ke penghembangan diler, target kami adalah 120 diler di seluruh Indonesia," tutur Dian di sela-sela acara tersebut.

Untuk target ini Wuling Motors Indonesia tidak main-main dan sangat serius. Penambahan investasi dilakukan oleh principal mereka sebesar Rp 9 triliun untuk dipergunakan dalam kepentingan perluasan jaringan pemasaran dengan mendirikan outlet-outlet baru, memastikan ketersediaan suku cadang, dan menguatkan teknologi untuk keperluan pembangunan Research and Development (RnD) Center.

>>> Serius Berbisnis Di Indonesia, Wuling Bakal Tambah Investasi Rp 9 Triliun

Foto Wuling Almaz tampak dari samping depan

Wuling Almaz, model keempat Wuling Motors bergenre SUV yang diproduksi di pabrik lokal

"Penambahan investasi tahun ini adalah untuk penambahan diler, perluasan supplier, dan juga pengembangan produk. Pengembangan Wuling di Indonesia itu masih sangat panjang dan headquarter (prinsipal) kami juga melihat ada potensi besar di pasar Indonesia. Sehingga mereka ingin serius," tutur Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors Indonesia beberapa waktu lalu.

Hingga Januari 2019 Wuling Motors telah memiliki 93 dealer resmi di seluruh Indonesia. Masih tersisa 27 dealer baru yang harus didirikan hingga akhir tahun. Layak untuk ditunggu apakah target Wuling Motors mendirikan banyak dealer ini bisa dicapai atau bahkan lebih.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 18/11/2019 | Fatchur Sag

    GAIKINDO: Meski Ada Yang Keluar, Pasar Otomotif Indonesia Masih Potensial

    Chevrolet memilih menyerah dan keluar dari persaingan di pasar otomotif Indonesia, menyusul Ford yang telah pergi lebih dulu. Menurut GAIKINDO, kepergian keduanya tidak akan banyak berpengaruh pada penjualan nasional, pasar Indonesia tetap lah potensial.

  • 18/11/2019 | Fatchur Sag

    ProPILOT 2.0 Nissan Skyline Raih Penghargaan Teknologi Terbaik Tahun Ini

    Sistem bantu pengemudi, ProPILOT 2.0 buatan Nissan meraih penghargaan tertinggi dari peneliti dan wartawan otomotif di Jepang, Automotive Researchers' and Journalists' Conference (RJC) sebagai teknologi otomotif terbaik tahun ini.

  • 13/11/2019 | Abdul

    Teknologi Hyundai Terbaru Sedang Dikembangkan, Mobil Akan Lebih Senyap

    Baru lagi, salah satu pabrikan mobil yaitu Hyundai Group melakukan pengembangan teknologi terbaru yang tentunya dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Adapun pengembangannya adalah sistem Road Noise Control (RANC) pertama di dunia. Pembangunannya di atas teknologi Active Noise Control (ANC). Jadi dengan teknologi Hyundai terbaru tersebut maka kebisingan dapat dikurangi mulai dari suara mesin, roda, jalanan dan juga angin.