Ini Yang Harus Diperhatikan Dan Dilakukan Ketika Melakukan Reparasi Turbo

01/05/2019 | Arfian Alamsyah

Turbo memang seakan menjadi sebuah identitas mesin modern nan kekinian. Hampir semua pabrikan berusaha mengembangkan mesin yang seefisien mungkin dengan sokongan peranti induksi udara paksa tersebut. Namun, tidak ada gading tak tidak retak, semua buatan manusia pasti bisa rusak termasuk peranti turbo ini. Sebagai situs teknik nomor satu seputar mesin mobil, rasanya sudah menjadi kewajiban kami memberi informasi yang terbaik, akurat serta mendidik. So, ini yang harus diperhatikan dan dilakukan ketika akan melakukan reparasi turbo.

>>> Habis jalan jauh mesin mobil berturbo tidak boleh langsung dimatikan? Ini yang benar

Tampak twin scroll turbo milik Subaru

Turbo memang part yang rumit, namun bukan berarti kerusakannya tak bisa diperbaiki atau direparasi

1. Analisis Kerusakan Turbo

Analisis kerusakan pada turbo

Cek dulu kerusakan turbonya, jangan sampai salah proses perbaikan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan reparasi turbo ini adalah Anda harus melakukan analisis kerusakan turbo. Secara umum, kerusakan turbo dapat dirasakan ketika mobil sedang dijalankan, seperti terjadi ngebul asap, turbo gagal spooling atau terjadi kebocoran oli pelumasan turbo.

>>> Lebih efisien dan bertenaga, mari kita pahami cara kerja turbo skuensial

2. Siapkan Repair Kit Turbo

Tampak repair kit turbo

Siapkan repair kit turbo seperti diatas ini, harga yang ditawarkan pun bervariasi

Hal kedua yang dapat diperhatikan dan dilakukan dalam melakukan reparasi turbo adalah Anda harus menyiapkan repair kit turbo. Repair kit turbo biasanya berupa sil, journal bearing (2 buah), atau thrust bearing (1 buah), karena umumnya dua jenis bearing serta sil ini yang sering mengalami kerusakan dan harus diganti.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Lumasi Seluruh Bagian Berputar Pada Turbo

Turbo dan bagian-bagiannya di meja

Lumasi seluruh bagian berputar pada turbo dengan cairan pelumas khusus

Ketiga yang harus dilakukan setelah melakukan pergantian part pada turbo adalah Anda harus melumasi seluruh bagian berputar pada turbo, atau istilahnya rotating parts. Macam turbin shaft, bearing, piston ring dan sebagainya. Tujuannnya adalah agar mempermudah ke langkah selanjutnya yaitu balans turbo.

>>> Benarkah menggunakan BBM dengan oktan lebih tinggi akan menambah tenaga? Ini jawabannya

4. Lakukan Balans Turbo

Balancing Turbo Dengan Special Tools

Balans turbo dilakukan untuk lebih yakin akan hasil kerja, namun proses ini butuh tool khusus dan mahal

Hal keempat yang harus Anda lakukan dalam proses reparasi turbo adalah melakukan balans turbo. Tujuannya adalah agar part-part turbo yang sudah dipasang lebih balans saat nanti berputar pada kecepatan tinggi. Karena putaran turbin turbo itu berkali-kali lebih cepat dari putaran mesin mobil.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

5. Cek Ulang Hasil Pengerjaan Turbo

Turbocharger Skoda Fabia R5

Cek ulang hasil reparasi turbo yang telah diperbaiki sebelum dipasang

Terakhir yang harus dilakukan setelah turbo yang telah selesai direparasi atau direkondisi adalah Anda harus cek ulang hasil pengerjaan turbo. Pastikan part yang sudah dirakit serta dibalans ulang telah presisi tidak ada miring, maju dan mundur shaft baik clearance-nya. 

>>> Ini dia mesin terbaru yang akan digunakan oleh Honda Jazz, sudah pakai turbo lho!

Cara cek turbo rusak

Ingat, tidak semua kerusakan turbo dapat diatasi dengan repair kit, ada kondisi tertentu turbo tidak dapat direpair

Yang harus Anda perhatikan adalah, tidak semua kerusakan dapat diatasi dengan menggunnakan repair kit. Makanya dari awal kami menyarankan Anda untuk melakukan analisis kerusakan turbo terlebih dahulu. Jangan sampai, Anda sudah membeli repair kit turbo yang harganya tidak murah, namun turbo yang berniat Anda perbaiki malah tidak bisa diperbaiki karena kerusakan yang terjadi sudah sangat parah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 18/09/2019 | Abdul

    Beberapa Tanda Kompresor AC Mobil Lemah Yang Perlu Diperhatikan

    AC mobil memiliki tugas yang cukup penting untuk mendukung kenyamanan berkendara baik pengemudi ataupun penumpang. Bahkan fitur ini sekarang menjadi salah satu fitur standar yang harus diberikan pada mobil baru. Di dalamnya ada komponen yang bernama kompresor AC mobil. Fungsinya tergolong penting, karena jika kompresor AC mobil lemah maka kinerja AC jadi terganggu saat menyalurkan udara ke dalam kabin mobil.

  • 13/09/2019 | Abdul

    Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC Mobil

    Beragam fitur dipasangkan pada kendaraan untuk membuat kabin mobil terasa nyaman saat dikendarai. Selain hal tersebut, pemberian fitur unggulan juga bisa menarik lebih banyak konsumen. Salah satu fitur pendukung kenyamanan dan membuat seseorang lebih betah di dalam kendaraan adalah AC mobil. Dalam komponennya terdapat evaporator yang mendukung kinerja dari AC mobil. Bisa saja terjadi korosi pada evaporator AC mobil yang dapat mengganggu kinerjanya.

  • 05/09/2019 | Abdul

    Apakah Bisa Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik?

    Perkembangan mobil listrik semakin kesini semakin banyak peminat. Apakah sobat menjadi salah satunya?. Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan listrik sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Dengan dipadukan desain yang menarik membuat mobil jenis tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat terutama di Indonesia. Yang jadi pertanyaan adalah apakah bisa modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik?