Berapa Lama Ganti Aki Mobil Ertiga? Intip Spesifikasi Sekaligus Harganya

01/05/2022 | Padli

Perjalanan jauh bukan hanya melelahkan bagi pengemudi dan penumpang, tapi juga untuk kendaraan. Selain mesin, komponen lainnya yang patut diperhatikan adalah aki mobil. Khusus bagi Anda pemilik Suzuki Ertiga, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi aki mobil Ertiga agar tidak menjadi masalah besar di kemudian hari.

Spesifikasi dan Ukuran Aki Mobil Ertiga

Sebagai salah satu komponen penting untuk menyuplai listrik ke berbagai area, seperti lampu, audio, dan sistem kelistrikan lainnya, aki mobil tak kalah penting dan mesti mendapatkan perhatian khusus. Lalu bagaimana ketika aki mobil sudah mulai soak dan butuh diganti? Coba cek spesifikasi aki mobil Ertiga di bawah ini.

Seperti aki mobil pada umumnya, sebenarnya ada tiga tipe aki yang bisa digunakan oleh Ertiga, yaitu aki kering, basah, serta aki hybrid. Walaupun aki hybrid cukup jarang di pasaran dibandingkan kedua aki lainnya.

Suzuki juga sebelumnya pernah memasarkan model bermesin Hybrid pada Ertiga Diesel bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Tapi SHVS belum menggunakan baterai lithium ion, namun energi listrik disimpan pada aki. Inilah yang membuat mobil tersebut masih menggunakan aki layaknya mobil konvensional biasa.

mobil baru Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Ada dua model Ertiga yang dipasarkan, yaitu mesin bensin dan diesel

Yang membedakan aki Suzuki Ertiga bensin dan diesel adalah kapasitas mesin. Pasalnya untuk mobil bermesin diesel, tenaga yang digunakan untuk memanaskan glow plug pada saat awal starter lebih besar dibandingkan mesin bensin. Bahkan bagi mobil dengan mesin keluaran lama membutuhkan aki dengan spesifikasi mencapai 100 Ampere.

Biasanya aki mobil Ertiga bensin berkapasitas 12 volt dengan 30 sampai dengan 35 Ah. Sedangkan Ertiga Diesel menghadirkan kapasitas lebih besar, bahkan mencapai dua kali lipatnya, yaitu 12 Volt dengan daya 70 Ah. Begitu pula dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan aki biasa.

Misalnya Ertiga menggunakan aki standar dengan dimensi 34B19L, mengindikasikan bahwa mobil menggunakan aki berkapasitas 34 Ampere dan memiliki panjang 19 cm. Sedangkan penanda “L” menunjukkan bahwa aki memiliki kepala positif di bagian kiri. Jadi, jangan salah pilih dengan aki yang memiliki kepala positif di bagian kanan atau “R”.

>>> Spesifikasi Mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016 : MPV Untuk Kendaraan Keluarga Dengan Desain Mewah

Umur Aki Mobil Ertiga

Untuk urusan aki mobil, sebenarnya tidak ada perbedaan mendasar dan signifikan antara aki mobil Ertiga maupun mobil lainnya. Penggunaan dan perawatan yang diperlukan masih tetap sama, begitu pula dengan masa dan seberapa lama aki mobil bisa bertahan dalam penggunaan harian.

Jika dilihat secara umum, biasanya aki mobil akan bertahan hingga 5 tahun pemakaian. Namun tergantung dengan perawatan serta cara penggunaan kendaraan, aki mobil bisa using lebih cepat. Bahkan dengan pemakaian yang buruk, aki mobil bahkan harus diganti dalam pemakaian 2 tahun atau kurang.

Beberapa hal yang mempengaruhi masalah pada aki adalah penggunaan yang serabutan serta pemakaian yang berlebihan. Misalnya saja dengan menghidupkan lampu atau musik terus-menerus, sampai dengan sering memati-hidupkan mobil dalam waktu singkat.

Modifikasi yang berlebihan turut membuat pengguna mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli aki baru. Khususnya bagi pemilik mobil yang mengubah sistem kelistrikan hingga audio. Mengganti lampu standar dengan lampu yang lebih terang serta menggunakan sistem audio dengan output yang lebih besar akan mempengaruhi kinerja aki.

umur aki mobil Ertiga di Indonesia
Biasanya aki mobil Ertiga bisa dipakai hingga 5 tahun

Tak ketinggalan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa memangkas umur aki mobil. Misalnya saja mur yang tidak kencang ketika memasang aki. Hal ini bisa mengakibatkan aki tidak pas dan ikut bergoncang ketika mobil melewati polisi tidur atau medan yang tidak rata. Menyebabkan aki soak lebih cepat.

Membuat umur aki bertahan lama sebenarnya tidak terlalu susah, tapi sayangnya masih banyak yang belum menerapkannya. Perawatan berkala yang teratur akan sangat membantu untuk menjaga kondisi aki. Termasuk sebagai deteksi dini ketika ada masalah yang muncul pada aki mobil.

Memanaskan mobil juga berdampak baik pada aki mobil. Hanya saja, tidak perlu memanaskan mobil setiap hari. Cukup panaskan mobil sekali dua hari bisa membantu menjaga kualitas dan umur aki. Asal jangan meninggalkan mobil lebih dari beberapa minggu tanpa dipanaskan. Aki akan lebih mudah soak dan berumur pendek.

>>> Suzuki Melakukan Penyegaran All New Ertiga, Apa Yang Baru

Harga Aki Mobil Suzuki Ertiga

Seperti mobil lainnya, ada banyak pilihan aki mobil yang bisa digunakan untuk Ertiga Anda dengan harga yang berbeda-beda pula. Mungkin tipe yang paling banyak digunakan adalah aki NS40ZL dari merek Incoe, Yuasa, hingga GS Astra. Termasuk pilihan aki basah, aki kering, dan hybrid.

Misalnya untuk harga aki mobil NS40ZL merek Incoe, harganya berada di kisaran Rp 600 ribu hingga Rp 700 ribuan. Sedangkan aki basah NS40ZL merek Yuasa dibanderol Rp 650 ribu hingga Rp 700 ribuan. Sedangkan GS Astra menawarkan tipe aki basah, kering dan hybrid untuk tipe NS40ZL, yang bisa didapatkan dengan harga Rp 700 ribuan (aki basah dan hybrid), Rp 900 ribuan (aki kering).

aki mobil Suzuki Ertiga GS Astra Hybrid
Ada tiga pilihan aki; basah, kering, dan hybrid

Sedangkan harga aki mobil diesel cukup jauh berbeda dibandingkan untuk mobil bensin. Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan komponen dan spesifikasi yang lebih besar sehingga membuat harga yang dikeluarkan pun lebih tinggi.

Contohnya aki Varta tipe 59512 SD dengan jenis aki kering bisa mencapai harga Rp 3,3 jutaan, sedang tipe ISS 57001 SD AGM dipasarkan dengan pasaran harga Rp 4 jutaan. Untuk aki tipe Amaron DIN 84, harganya terpantau sekitar Rp 2,5 jutaan. Bagi Anda yang menginginkan aki yang lebih murah, ada aki Sail DIN 57035 yang dibanderol di kisaran Rp 1,9 jutaan.

>>> Satu Sasis, Harga Aki Mobil Calya Sama dengan Sigra?

aki mobil Suzuki Ertiga GS Astra Hybrid
Ada tiga pilihan aki; basah, kering, dan hybrid

 

Berita sama topik

  • 26/04/2022 | Padli

    Satu Sasis, Harga Aki Mobil Calya Sama dengan Sigra?

    Berapa harga aki mobil Calya? Jika terpaksa, apakah aki mobil MPV 7-seater milik Toyota ini bisa diganti dengan aki kembarannya, Daihatsu Sigra?

  • 31/08/2021 | Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.

  • 31/08/2021 | Anna

    Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    Saat mobil Anda mogok di tengah jalan karena kehabisan listrik aki, charger aki mobil adalah penyelamat Anda. Pada artikel di bawah ini, Mobilmo.com akan memberikan beberapa informasi serta harga charger aki mobil 100 ampere bagi yang berminat.