Lebih Efisien Dan Bertenaga, Yuk Pahami Cara Kerja Sequential Turbocharger

26/03/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Sebelum era twin scroll turbocharger, turbo jenis squential turbocharger cukup lazim digunakan oleh mobil-mobil sport era 1990-an, sistem ini diklaim lebih efisien nan bertenaga. Mari kita pahami cara kerja sequential turbocharger yang sederhana tapi nampol ini.

Jauh sebelum era twin scroll turbocharger yang digadang-gadang oleh pabrikan mobil di dunia saat ini, pada era 1990-an sistem kerja turbo sekuensial begitu diminati oleh pabrikan mobil didunia. Ambil contoh Mazda dengan salah satu produk sports car ikonik '90an andalan mereka yakni Mazda RX-7 juga menggunakan teknologi turbo dengan cara kerja squential turbocharger, Sebenarnya apa sih squential turbocharger itu?

>>> Mengapa tuning mesin ber-turbo itu lebih sulit dari naturally aspirated? Ini alasannya

Ini dia sequential Turbo di mobil

Sequential turbocharger membutuhkan controlling unit yang canggih

Sequential turbocharger sebenarnya adalah sistem kerja turbo yang diatur secara mekanis dan komputer. Sistem kerja sequential turbocharger itu bergantian dengan ada dua buah turbocharger yang bekerja secara simultan. Jadi saat putaran rendah turbo yang bekerja yang punya boost kecil, nah saat putaran tinggi turbocharger kedua mulai bekerja juga, Mudahnya, squential turbocharger adalah sistem yang membuat kedua turbo dalam satu mesin bekerja bergantian.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Tampak Mekanisme kerja Sequential Turbocharger

Mekanisme sequential turbocharger yang bekerja bergantian di masing-masing rpm

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Sayangnya sistem ini rumit dan kurang praktis. Karena sistem kerja sequential turbocharger membutuhkan controlling unit yang canggih dan rumit. Karena proses kerja dua buah turbocharger tersebut ada campur tangan komputer yang canggih dan njelimet disitu. Itulah mengapa pabrikan saat ini lebih suka menggunakan turbo twin scroll turbo yang lebih sederhana alias tidak rumit namun impact-nya kurang lebih akan sama dengan sequential turbocharger yakni fast spooling dan efisien.

>>> Temukan tips mobil paling lengkap dan menarik serta detail hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca