Sering Hujan Lebat, Siapkan Perlengkapan Ini Saat Liburan!

01/01/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Cuaca cerah jadi sesuatu yang paling diharapkan saat orang sedang punya keperluan di luar rumah, seperti bekerja, jalan-jalan dan saat liburan. Lalu bagaimana bila cuaca sering musim hujan lebat, apa yang mesti dipersiapkan agar aktifitas liburan dan yang lain tetap berjalan tanpa hambatan?

Memang benar bahwa hujan maupun panas tak semestinya jadi penghalang Anda saat liburan. Karena itu, selain mobil yang bisa melindungi Anda selama perjalanan, Anda pun perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk berlibur nanti agar keseruannya tidak terganggu oleh hujan lebat yang turun. Apa saja daftarnya? Temukan ulasannya di bawah ini!

1. Jas Hujan

Foto jas hujan setelah baju celana

Direkomendasikan jas hujan setelan, bukan jas hujan ponco / Batman

Jika Anda akan banyak menggunakan sepeda motor saat berlibur nanti, barang yang satu ini jelas jangan sampai terlewat. Bahkan, jas hujan selalu bisa Anda manfaatkan kapanpun hujan lebat turun walaupun Anda sedang tidak mengendarai motor sekalipun. Apalagi memakai jas hujan jauh lebih praktis dibandingkan menggunakan payung karena Anda masih bisa bebas bergerak. Pilihlah jas hujan yang berkualitas dan praktis untuk dilipat, sehingga tidak merepotkan Anda ketika membawanya nanti.

>>> Hati-Hati, Perhatikan Beberapa Komponen Mobil Rawan Rusak Saat Musim Hujan

2. Payung

Foto aksi gadis payung di sirkuit

Selalu ingat sedia payung sebelum hujan

Walaupun Anda sudah siap jas hujan, tak ada salahnya mempersiapkan payung juga sebagai perlindungan ekstra. Apalagi sekarang Anda bisa temukan berbagai pilihan payung yang kecil dan mudah dilipat, sehingga tidak akan memenuhi isi tas Anda selama berlibur nanti.

3. Cover Anti Air untuk Tas

Foto Cover air pelindung tas

Cover warna cerah agar mudah terlihat saat hujan

Sayangnya, tidak semua ransel dibuat dengan bahan anti air. Bahkan ransel dengan bahan tebal pun tetap berisiko basah di dalamnya jika terus-menerus diterpa air hujan. Untuk melindungi barang bawaan Anda di dalam ransel, pastikan bahwa ransel yang Anda gunakan dilengkapi dengan cover alias penutup anti air. Kalau penutupnya tidak ada, belilah penutup ekstra untuk Anda gunakan langsung begitu hujan lebat turun saat liburan nantinya.

>>> Jangan Takut Saat Mobil Terkena Air Hujan, Begini Cara Mudah Mencucinya!

4. Alas Kaki Tahan Air

Foto sepatu berbahan karet anti air

Sepatu karet melindungi kaki dari kebasahan

Untuk menghadapi air selama berlibur di musim hujan, mengenakan sepatu berbahan kulit atau kain jelas bukan pilihan yang tepat. Untuk sepatu, pilihlah sepatu karet yang bahannya tahan air dan sangat mudah dibersihkan serta dikeringkan nantinya. Soal kenyamanan, Anda tidak perlu cemas lagi karena desain sepatu karet saat ini sudah dibuat semakin lebih nyaman.

Pilihan alas kaki lainnya adalah sandal tahan air, tapi bukan sandal jepit. Kalau hanya untuk berjalan kaki tanpa harus membawa beban seperti ransel, sandal jepit bukanlah pilihan yang salah. Akan tetapi, jika Anda harus membawa beban sambil berjalan kaki di tengah hujan lebat, pilihlah sandal tahan air seperti sandal gunung yang desainnya baik dan kuat. Hal ini pun untuk mencegah Anda terpeleset karena kondisi jalan yang basah dan licin.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

5. Kantong Plastik

Foto Kantong plastik berbagai warna

Kantong plastik tersedia dalam berbagai ukuran, tinggal pilih

Idealnya, siapkan kantong plastik dalam jumlah banyak dan dalam berbagai jenis ukuran agar dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis barang Anda selama liburan nanti. Lebih bagus lagi, pilih kantong plastik dengan zip line agar mampu mencegah air merembes masuk, terutama jika kantung tersebut digunakan untuk mengamankan barang elektronik seperti smartphone dan kamera. Kantong yang berukuran besar dapat Anda gunakan untuk memisahkan pakaian basah terkena hujan lebat selama sementara di dalam ransel agar tidak tercampur dengan pakaian yang masih kering dan bersih.

>>> Wow! Membuat Mobil Tetap Kinclong Dengan Balon Plastik

6. Dry Bag

Salah satu model dry bag

Dry bag punya fungsi serupa kantong plastik, tapi lebih keren

Bagi Anda yang menggemari olahraga air, barang yang satu ini pasti sudah tak lagi asing di telinga Anda. Ketika berlibur nanti pun dry bag akan sangat berguna untuk digunakan terlepas dari kondisinya nanti, termasuk saat hujan lebat. Serupa dengan fungsi kantong plastik. Anda dapat menggunakan dry bag untuk menyelamatkan barang elektronik maupun barang berharga lainnya.

>>> Mungkin Anda tertarik, Banyak tulisan review mobil yang tertarik hanya ada di sini

7. Handuk Kecil

Foto handuk kain berbagai warna

Lebih baik bawa handuk kecil ketimbang banyak tisu

Menggunakan tisu memang praktis karena dapat langsung dibuang setelah digunakan. Akan tetapi, hal tersebut pun berarti penggunaan tisu dan sampah yang lebih banyak. Nah, untuk mengelap bagian tubuh yang basah karena hujan lebat, Anda bisa gunakan handuk sebagai pengganti tisu yang dapat Anda gunakan lagi setelah dijemur sampai kering nantinya. Karena itu, bawalah handuk kecil dalam jumlah cukup dan gunakan kantong plastik untuk memisahkan handuk basah dari handuk kering di dalam tas Anda.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca