Mengetahui Kapasitas Tangki Bahan Bakar Toyota Avanza Dari Tahun Ke Tahun

25/04/2020| Abdul

Toyota Avanza pertama diluncurkan pada pertengahan tahun 2003. Mobil ini terkenal akan tenaganya yang mumpuni dan bahan bakar yang irit sehingga banyak yang meliriknya. Selain itu, soal perawatan juga mudah sehingga mobil besutan Toyota ini sangat laris manis di pasaran. Lantas berapa kapasitas tangki bahan bakar Toyota Avanza?

Gamar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza tampak bagian depan

Sejak diluncurkan Toyota Avanza sudah digemari

>>> Baca Juga, Ingin Toyota Avanza Lebih Hemat Bahan Bakar, Begini Caranya

Jika melihat dari penjualan, sejak pertama kali dihadirkan sampai tahun 2019 lalu hampir mencapai angka 2 juta unit. Dari kota sampai pelosok desa mobil ini mudah ditemukan, sehingga tidak heran jika Avanza mempunyai julukan sebagai “mobil sejuta umat”.

Toyota Avanza mengandalkan mesin 1.300 cc Injection saat pertama dihadirkan. Setelah setahun barulah terdapat penambahan yakni teknologi VVT-I dan berkodekan K3-VE. Dilanjutkan pihak Toyota menghadirkan mobil Toyota Avanza dengan varian 1.500 cc VVT-i. Hanya saja setelah itu mesin awalnya dilakukan penggantian dengan mesin berkode 1NR-FE 1.300 cc dan 2NR-FE 1.500 cc. Keduanya juga telah memakai teknologi Dual VVT-I dengan harapan tenaganya bisa lebih baik dan konsumsi bahan bakar meningkat.

Kapasitas Tangki Bahan Bakar Toyota Avanza

Berlanjut ke bagian tangki bahan bakar yang dimiliki Avanza. Berdasarkan rangkuman kami yang dihasilkan dari berbagai sumber, untuk kapasitas tangki Avanza keluaran 2003 sampai 2004 yaitu 45 liter. Sedangkan untuk tipe S 1.500 cc juga sama yakni 45 liter. Bahkan sampai Toyota Avanza produksi tahun 2008 juge mempunyai kapasitas 45 liter. Tidak hanya itu, kapasitas tersebut tetap dipertahankan pada Avanza G, , E dan Veloz keluaran tahun 2011. Begitupun pada Avanza keluaran tahun 2015.

Pihak TAM pada tahun 2019 kembali menghadirkan Toyota Avanza terbaru. Bahan bakar yang bisa ditampung oleh tangkinya sama dengan generasi sebelumnya yaitu 45 liter. Kesimpulannya, dari awal peluncuran sampai saat ini tetap mempertahankan kapasitas yang sama.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pengisian bahan bakar Toyota Avanza

Terdapat 2 cara mengetahui konsumsi bahan bakar Toyota Avanza

>>> Baca Juga, Apakah Aman Bahan Bakar Solar B20 Dikonsumsi Mesin Diesel Toyota? Ini Penjelasannya​

Selain soal kapasitas bahan bakar Toyota Avanza, mobil tersebut juga terkenal akan keiritannya. Untuk mengetahui seberapa besar konsumsi bahan bakarnya dapat dilakukan dengan 2 cara. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, bahwasanya bisa saja mobil satu pabrikan, jenis dan merek yang sama memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi jalan, beban muatan, gaya mengemudi dan tekanan angin ban mobil.

Adapun cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui seberapa besar konsumsi bahan bakar Avanza adalah dengan melihat di panel speedometer. Sobat bisa melihatnya pada bagian panel dekat sisi pengemudi yang dibekali tulisan monokrom pada layar MID. Pada layar tersebut terdapat beberapa informasi seperti jarak tempuh kendaraan, kapasitas bahan bakar dan juga konsumsi bahan bakar yang ditunjukkan dengan satuan km/L.

Untuk cara yang kedua memang lebih repot yakni dengan mereset odometer sampai angka 0. Jika tidak bisa mencatat angka yang tertampil pada odometer. Dilanjutkan dengan mengisi tangki Avanza sampai penuh. Setelah itu gunakan mobil berjalan dengan normal dengan jarak yang cukup jauh. Usahakan jika mereset atau mencatat angka odometer saat berada di pom bensin untuk hasil yang akurat.

Ketika mobil telah menempuh jarak tertentu, selanjutnya masuk SPBU kembali untuk melakukan pengisian bahan bakar. Catat angka yang tertera pada odometer dan lakukan pengisian bahan bakar kembali sampai penuh, jangan lupa minta struk untuk bisa dijadikan acuan saat melakukan perhitungan.

gambar ini menunjukkan layar MID dan kemudi Toyota Avanza

Layar MID Toyota Avanza untuk beragam informasi mobil

Untuk cara perhitungannya cukup mudah. Kita contohkan pada odometer yang direset, jika tertera 100 km dan pengisian bahan bakar kedua adalah 25 liter. Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas tangki bahan bakar Toyota Avanza adalah 45 liter. Jadi dalam jarak 100 km bahan bakar yang digunakan adalah 20 liter saja. Dengan begitu penghitungannya adalah 100 km : 20 liter = 5. Jadi dalam 1 liter bahan bakar daman menempuh 5 km. Sobat bisa melakukan perhitungan tersebut dengan mencobanya pada mobil yang dimiliki.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International