Ingin Toyota Avanza Lebih Hemat Bahan Bakar, Begini Caranya

11/11/2019 | Abdul

Adapun eco indicator ini terletak pada tatanan speedometer, dengan begitu pengemudi bisa mudah memantaunya. Hanya saja masih banyak pemilik mobil tidak mengetahui akan cara kerja dari fitur tersebut yang bisa membuat Toyota Avanza lebih hemat bahan bakar.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza warna biru tampak depan

Toyota Avanza mobil sejuta umat cocok sebagai kendaraan keluarga

>>>  Baca Juga, Review Toyota Avanza Veloz 2019: Perubahan ‘Sang Raja’ Mengikuti Zaman

Berdasarkan fungsinya, pada saat fitur tersebut menyala warna hijau maka menunjukkan bahwa cara berkendara pengemudi mobil telah efisien. Dilansir dari laman Auto2000, hal tersebut seperti diungkapkan oleh Suparman selaku kepala bengkel Auto2000 Yos Sudarso.

“Fungsi dari fitur ini sebagai barometer pengendaraan yang ekonomis, jadi sopir bisa berpatokan dari melihat indikator tersebut,” ujarnya.

Jadi apakah Sobat telah berkendara dengan efisien sehingga mobil Toyota Avanza dan Veloz miliki sudah lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

 “Apakah sudah berkendara efisien atau belum. Lampu indikator tersebut akan menyala ketika kecepatan diatas 20 kilometer per jam (km/jam),” urainya.

Dari pihak Suparman juga menjelaskan, bahwa untuk kinerja dari fitur eco indicator sangat berpengaruh dengan teknik berkendara seseorang, terutama ketika pedal gas sedang ditekan. Jadi pada saat pengemudi mobil dalam menekan pedal gas terlalu agresif atau terlalu sering melakukan kick down maka lampu eco indicator akan otomatis padam sendiri.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan indikator Eco Indicator pada mobil toyota Avanza

Fitur eco indikator Avanza rahasia hemat bahan bakar

>>> Baca Juga, Apakah Aman Bahan Bakar Solar B20 Dikonsumsi Mesin Diesel Toyota? Ini Penjelasannya​

Suparman juga memberikan saran kepada pemilik mobil untuk mengemudi mobil agar tetap efisien. Jadi dalam menekan pedal gas sebaiknya dilakukan dengan ramah terutama saat berakselerasi di awal berkendara. Ketika menekan pedal gas tidak perlu terlalu dalam sampai mobil dapat menyentak. Jika terlalu menyentak bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

“Cara kita menjaga tekanan pedal gas itu sangat berpengaruh, apalagi saat dihadapi situasi stop and go. Usahakan injak pedal gas dengan halus atau smooth,” terang Suparman.

“Begitu juga saat akan melakukan penggantian gigi karena eco indicator pada New Avanza dan New Veloz itu tersedia pada transmisi manual dan otomatis,” lanjutnya.

Menurut Suparman, adanya eco indicator yang diberikan pada mobil Toyota Avanza dan Veloz dapat mendukung pengemudi agar dapat mengendalikan mobilnya yang disesuaikan dengan kaidah eco driving. Dengan melakukan hal tersebut maka akan ada efek positif yang didapatnya yakni Toyota Avanza lebih hemat bahan bakar.

Bahkan hal positif yang didapat tidak hanya itu saja, yang mana perilaku mengemudi mobil dengan eco driving akan terbentuk. Sehingga cara berkendaranya bisa lebih halus dan juga beberapa komponen di dalam kendaraan tetap terjaga kondisinya dan lebih awet.

>>> Ingin membeli mobil Toyota Avanza? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pengisian bahan bakar pada mobil

Konsumsi bahan bakar hemat akan mengurangi pengeluaran biaya

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai tips rahasia Toyota Avanza lebih hemat bahan bakar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik