Ingin Melakukan Perjalanan Mudik Dengan Mobil, Pilih Siang Atau Malam Hari?

14/05/2019 Abdul Pengemudian mobil

Lebaran sudah hampir dekat, keluarga yang tinggal di perkotaan berbondong-bondong mempersiapkan segala sesuatunya untuk perjalanan mudik. Memang hal ini sudah bukan rahasia lagi, mudik menjadi rutinitas tahunan yang menjadi salah satu momen yang ditunggu dan sangat membahagiakan. Tapi saat menempuh perjalanan, lebih baik siang atau malam hari?

Perjalanan mudik memang lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi. Untuk masalah waktu, jika menggunakan transportasi umum sangat disarankan di siang hari. Berbeda jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa siang atau malam tergantung mod pengendara dan keluarga. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di siang atau malam hari untuk mudik ke kampung halaman.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil dan banyak orang sedang berada di rest area saat mudik

Baik siang atau malam jangan lupa beristirahat di rest area

>>> Baca Juga, Ingin Berbuka Puasa Di Dalam Mobil Karena Suatu Alasan, Berikut Tipsnya!

Selain soal waktu, pertimbangan lainnya adalah keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Umumnya mudik dilakukan saat masih dalam keadaan puasa, jadi kondisi tubuh tidak sepenuhnya fit apabila perjalanan dilakukan di siang hari. Sangat berbeda dengan malam hari, yang mana pengemudi dan penumpang bisa makan dan minum sepuasnya sebelum datang waktu imsak.

Kalau berbicara soal keamanan, tentunya siang hari merupakan waktu yang tepat untuk mudik. Menjelang lebaran, terdapat orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk berbuat jahat dengan dalih buat lebaran.  Hal tersebut tidak dibenarkan karena dapat merugikan salah satu pihak yakni pemudik yang jadi korban. Selain itu, hal tersebut termasuk perbuatan yang melanggar hukum dan bisa dipenjara jika ditangkap Polisi.

Sementara itu, ketika melakukan perjalanan mudik di siang hari biasanya sering terjadi kemacetan. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang pergi mudik sebelum lebaran. Dalam keadaan puasa dituntut untuk bersabar dari kemacetan dan lapar dahaga yang melanda. Selain itu, biasanya rasa kantuk juga akan melanda pengemudi. Jangan terpancing emosi, karena saat puasa dan emosi bisa membuat tubuh tambah berkurang staminanya. Selain itu pahala puasa juga menjadi kurang sempurna.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan jalanan yang penuh dengan mobil karena macet

Mudik di siang hari beresiko terjadi kemacetan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Terdapat beberapa tips tersendiri dalam berkendara untuk mudik baik saat melakukannya di siang atau malam hari.

Mudik Di Siang Hari

Ketika mudik di siang hari diharapkan untuk mempersiapkan tubuh mulai sahur. Jadi makan-makanan yang bergizi dan minum air lebih agar tubuh bisa lebih berenergi di siang hari. Disamping hal tersebut, mengajak saudara atau teman yang bisa mengemudi juga perlu. Tujuannya adalah untuk saling bergantian dalam mengemudi sampai lokasi yang dituju.

Selanjutnya adalah dengan mempersiapkan rute dan waktu yang tepat. Perkirakan saat melewati rute yang telah disiapkan tidak dalam kondisi macet. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya tentu akan lebih aman dan nyaman. Jangan lupa mempersiapkan makanan dan minuman ringan untuk persiapan berbuka di jalan. Bahkan makanan dan minuman ini bisa digunakan untuk membatalkan puasa ketika pengemudi sudah dalam keadaan terpaksa seperti terlalu lelah, tidak enak badan dan beresiko timbul masalah.

>>> Lihat Juga, Berkendara Di Bulan Puasa, Perhatikan Hal Ini Biar Tak Cepat Lelah

Gambar ini menunjukkan banyak mobil sedang melaju berjejer di jalanan

Mudik di malam hari perlu meningkatkan kewaspadaan pada keadaan sekitar

Mudik Di Malam Hari

Sama halnya dengan mudik di siang hari, perjalanan mudik yang dilakukan di malam hari juga ada keuntungan dan kelebihannya. Oleh sebab itu persiapan perlu dilakukan seperti misalnya mengajak teman pria untuk menggantikan mengemudi saat lelah dan juga untuk menghindari terjadinya pembegalan di jalan. Jadi saat diketahui sebuah mobil terdapat banyak laki-laki yang kuat, tentu pihak pembegal atau pemalak akan berpikir 2 kali untuk memberhentikan kendaraan.

Selanjutnya adalah mempersiapkan rute yang tepat. Di malam hari banyak jalanan yang terlalu gelap dan rawan akan kejahatan. Usahakan menghindarinya dan mencari rute yang lebih aman, jika memang harus lewat jalanan sepi perlu fokus dan selalu memperhatikan keadaan sekitar.

Jangan lupa saat menempuh perjalanan untuk ke kampung halaman akan ada banyak rest area. Manfaatkanlah tempat tersebut untuk beristirahat dan mengembalikan stamina tubuh sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Itulah sedikit informasi mengenai perjalanan mudik dengan mobil siang ataupun malam hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Persiapan Yang Matang Saat Mudik Dengan Bus perlu Dilakukan

    Persiapan Yang Matang Saat Mudik Dengan Bus perlu Dilakukan

    20/05/2019

    Perjalanan mudik menjelang lebaran memang sudah menjadi salah satu tradisi umat muslim terutama para perantau. Pada umumnya sebelum hari H jalanan akan mengalami kemacetan akibat jumlah pemudik yang banyak dan bersamaan. Selain dengan kendaraan pribadi, mudik dengan bus menjadi salah satu yang dipilih.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

    18/05/2019

    Mudik lebaran menjadi salah satu momen yang dinanti oleh kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan. Pada momen tersebut biasanya akan dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman agar bisa berkumpul bersama keluarga. Bagi sobat yang mudik dengan mobil pribadi, tentunya akan lebih menyenangkan dan lebih nyaman.

  • Mudik Lebaran: Mau Pakai Mobil Pribadi, Hindari Kelebihan Muatan
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Mau Pakai Mobil Pribadi, Hindari Kelebihan Muatan

    16/05/2019

    Selain memastikan kendaraan dalam kondisi prima, Anda yang mau mudik lebaran juga harus memperhatikan batas kekuatan mobil membawa beban. Kelebihan muatan selain melanggar aturan berlalu lintas juga memperbesar potensi dampak buruk dan bahaya di perjalanan.