Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

13/03/2020| Fatchur Sag

Seiring makin dekatnya musim mudik Lebaran 2020 persiapan gencar dilakukan, utamanya dalam hal pengamanan lalu lintas. Seperti dilakukan jajaran Polres Cirebon Kota yang mulai menyiapkan skenario dan skema pengaturan lalu lintas. Selain mewaspadai sejumlah titik yang rawan kepadatan, sejumlah personel dan peralatan juga disiapkan, diantaranya Water Barier 80 buah, trelling 25 buah, traffic cone 80 buah, traffic cone lipat 50 buah, dan sejumlah rambu-rambu penunjuk arah. Untuk perlengkapan yang dibawa serta para personel juga disiapkan, meliputi peluit, borgol, lampu gatur, dan yang lain.

>>> Ini 3 Pelanggaran Lalu Lintas Paling Banyak Dilakukan Pengguna Jalan Tol

Foto menunjukkan Gapura Selamat Datang Kota Cirebon

Kota Cirebon bersiap menghadapi musim mudik Lebaran

Dalam keterangan resminya Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP Fitra Zuanda menuturkan segala persiapan yang meliputi personel beserta perlengkapannya tersebut dilakukan sejak sekarang mengingat bakal diterjurkan pada saat Operasi Ketupat Lodaya 2020.

“Sebelum Operasi Ketupat Lodaya 2020 dilakukan, kami memeriksa seluruh kelengkapan agar saat digunakan nanti dapat berfungsi dengan baik,” tutur AKP Fitra, seperti dikutip dari ntmcpolri, (12/3/2020).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Skenario Pengaturan Lalu Lintas

Untuk yang satu ini cukup krusial, AKP Fitra menuturkan pihaknya sangat serius dalam mempersiapkan skenario pengaturan lalu lintas. Utamanya jika dibutuhkan saat terjadi kepadatan di jalan Tol Trans Jawa baik saat arus mudik maupun sebaliknya.

“Kami berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalu lintas termasuk pengalihan arus, namun skema itu diberlakukan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” katanya.

>>> Wajib Tahu, Sanksi Pelanggaran Lalu Lintas Bisa Makin Berat dan Berlipat

Foto Tol Trans Jawa tampak dari udara

Jalan Tol Trans Jawa jadi tumpuan para pemudik

Sedangkan untuk titik-titik rawan kepadatan yang menjadi perhatian serius diantaranya Pertigaan Kalijaga atau Tiga Berlian, Bundaran Kedawung, dan pertigaan Kanggraksan. "Karena di titik itu kerap terjadi kepadatan kendaraan baik yang hendak merayakan Hari Raya Idul Fitri maupun liburan,” sebutnya.

Persiapan lain yaitu menempatkan sejumlah pos pengatur lalu-lintas, pos pengamanan, dan pos kesehatan di beberapa titik baik dalam kota maupun perbatasan. “Kota Cirebon merupakan daerah perlintasan dan persimpangan antara Jakarta dan Jawa Tengah. Kami akan mengoptimalkan personel dan perlengkapan agar Operasi Ketupat Lodaya 2020 berjalan sesuai rencana sehingga dapat meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan,” tutup AKP Fitra.

>>> Temukan tips dan trik serta pengetahuan teknik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International