Buat Mobil Lebih Ramah Anak Agar Perjalanan Tambah Menyenangkan

08/02/2019 Abdul Pengemudian mobil

Perjalanan bersama keluarga tentunya akan lebih menyenangkan, apalagi jika bersama anak-anak yang bisa meramaikan suasana. Namun disamping hal tersebut, keamanan dan kenyamanan di dalam mobil juga perlu dipikirkan. Tujuannya adalah agar anak-anak betah dan tidak bosan selama perjalanan. Dengan begitu orang tua harus membuat mobil lebih ramah anak.

Dalam membeli sebuah kendaraan, para orang tua harus lebih teliti dan memperhatikan segala fitur yang dimiliki. Pemilihan yang tepat membuat mobil lebih ramah anak dan kenyamanan serta kegembiraan selama perjalanan dapat tercapai. Pasalnya mobil dengan fitur yang kurang bagi sang buah hati membuat kesenangan berkurang dan suasana di dalam mobil jadi kurang begitu menyenangkan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat membuat mobil lebih ramah anak dan kenyamanan dapat dicapai dengan maksimal.

1. Fitur Isofix

Gambar ini menunjukkan fitur isofix dan terlihat kursi anak pada jok mobil

Fitur Isofix memberikan keamanan lebih pada anak-anak

Membeli sebuah kendaraan tentunya ingin kenyamanan dapat dirasakan semua yang ada di dalam mobil. Salah satu hal yang penting adalah masalah safety, yang mana rasa tenang akan didapat jika keselamatan lebih terjamin selama di dalam mobil. Salah satu fitur yang tepat adalah Isofix (International Standards Organization FIX). Adapun fungsi fitur ini adalah sebagai pengait kursi anak atau bayi pada jok mobil.

Jadi postur yang dimiliki oleh anak atau bayi tentunya kurang pas dengan sabuk pengaman yang terdapat dalam mobil. Oleh sebab itu fitur ini diberikan fitur Isofix untuk lebih meningkatkan keselamatan. Sehingga saat terjadi benturan ataupun saat pengereman mendadak sang buah hati tetap pada tempatnya berkat adanya fitur tersebut.

Apabila pada sobat tidak memilikinya bisa berkonsultasi dengan pihak mekanik, apakah bisa ditambahkan atau tidak. Karena fitur ini  terbilang cukup penting bagi sang buah hati. Selain itu, sobat bisa mengaplikasikannya dengan fitur lain yakni Child Safety Lock.

>>> Lihat Juga, Ternyata Memasang Kursi Anak Terbalik lebih Aman Buat Sang Buah Hati, Ini Penjelasannya!

2. Memasang Stiker Baby On Board

Gambar ini menunjukkan stiker baby on board pada kaca belakang

Stiker Baby On Board sebagai tanda pada kendaraan lain bahwa ada anak-anak dalam mobil

Mungkin hal ini terlihat sepele karena hanya memasang stiker atau gantungan pada kaca belakang. Untuk tulisannya adalah baby on board atau baby in car, biasanya hal ini dilakukan saat menempuh perjalanan jauh. Adapun tujuan diberikannya tanda ini adalah untuk memberikan informasi kepada pengendara lain bahwa mobil ada anak kecil atau bayi. Hal ini juga bisa disebut sebagai penanda untuk kendaraan lain supaya lebih waspada ketika berdekatan dengan mobil yang diberi tanda.

Selain itu, dengan adanya tanda ini bisa membuat mobil lebih ramah anak karena saat bermanuver mobil lain akan memberikan celah atau memprioritaskan mobil dengan tanda baby on board tersebut, meskipun tidak semuanya setidaknya untuk langkah antisipasi. Adapun alasan lainnya adalah saat terjadi kecelakaan dapat memberi isyarat pada petugas untuk menyelamatkan anak kecil terlebih dahulu. Jadi bagi sobat yang membawa anak saat perjalanan jauh sangat disarankan untuk memasang stiker ini. Begitupun bagi pengendara lain kalau bisa memprioritaskan kendaraan dengan anak atau bayi di dalamnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Memberikan Hiburan Selama Perjalanan

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memutar knob volume pada audio mobil

Lagu kesukaan anak juga bisa memberikan rasa bahagia pada sang buah hati

Hiburan selama perjalanan tidak hanya untuk orang dewasa saja, akan tetapi untuk anak-anak juga sangat disarankan untuk memberikannya. Tujuannya agar kenyamanan dapat dicapai dan rasa bosan dapat hilang, mengingat perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Jadi berikan hiburan pada anak seperti menyalakan lagu kesukaan anak-anak.

>>> Lihat Juga, Kereta Dorong Bayi Avantgarde, Kemewahan Mercedes untuk Membawa Bayi Anda

4. Mempersiapkan Makanan Dan Minuman Dalam Kendaraan

Gambar ini menunjukkan makanan dan minuman yang disediakan di dalam kendaraan

Makanan dan minuman untuk jaga-jaga saat sang buah hati kelaparan atau haus

Makanan dan minuman juga dapat memberikan kenyamanan lebih selama perjalanan. Jadi ketika sang buah hati merasa lapar atau haus dapat segera diatasi dengan memberikannya. Bawalah makanan dan minuman yang menyehatkan dan bergizi.

>>> Baca Juga, Kebiasaan Buruk Terulang, Orang Tua Lalai Anak Terkunci Di Dalam Mobil

5. AC Mobil

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil berjumlah 3 buah

AC mobil juga bisa menghindari penumpang mual dan pusing

AC mobil juga bisa membuat mobil lebih ramah anak. Karena ketika terjadi kemacetan atau dalam kondisi cuaca panas dapat membuat kenyamanan terganggu. Dengan adanya AC mobil membuat masalah tersebut dapat diatasi, karena di dalam kabin jadi lebih sejuk dan rasa nyaman didapatkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca