Kebiasaan Buruk Terulang, Orang Tua Lalai Anak Terkunci Di Dalam Mobil

03/02/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Kelalaian orang tua ini nyaris berujung celaka, meninggalkan anaknya tertidur sendirian dan terkunci di dalam mobil dalam kondisi mesin menyala.

Sebuah unggahan video viral di sosial media dimana seorang anak tertinggal dan terkunci di dalam mobil Toyota Fortuner putih dengan mesin tetap menyala. Orang tua yang panik bersama warga berusaha memanggil-manggil si anak dan mengetuk mobil, tapi si anak tetap diam tak bergerak. Entah bagaimana caranya pintu mobil akhirnya bisa dibuka. Beruntung anak berhasil diselamatkan dan masih dalam kondisi tertidur pulas. Berbagai komentar warganet dilontarkan yang rata-rata menyayangkan tindakan orang tua yang lalai. Lihat Video Di Sini!

Gambar ilustrasi seorang anak tertidur di dalam mobil

Ilustrasi anak tertidur di dalam mobil

Kejadian ini juga mengundang tanggapan pihak Toyota Astra Motor (TAM). Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menuturkan tidak ada mekanisme mobil terkunci sendiri dari dalam dalam keadaan diam. Kalaupun ada fitur automatic door lock, itu baru bisa bekerja saat mobil bergerak 20 km perjam, bukan dalam keadaan diam. Jadi ada kemungkinan si anak secara tidak sengaja menekan tombol pengunci dari dalam lalu dia tertidur pulas.

“Mobil tidak akan mengunci sendiri dalam keadaan diam. Beberapa model ada yang automatic lock bila mobil bergerak 20 kilometer per jam,” tutur Didi seperti dikutip dari Kompas, (29/1/2019).

>>> Jangan Undang Petaka, Pastikan Pintu Mobil Terkunci Saat Ditinggal Tanpa Penumpang

Meski kejadian di Medan tersebut tidak berujung petaka, Didi menyarankan kebiasaan meninggalkan anak di dalam mobil dalam kondisi mesin dan AC menyala tidak dilakukan. Tidak hanya karena alasan keselamatan, tapi juga untuk alasan keamanan seperti tindak kriminalitas seperti pencurian mobil atau barang-barang berharga di dalam mobil.

“Atau kejadian yang tengah viral tersebut. Meninggalkan mobil walau sebentar harus dipastikan mobil terkunci dari luar dan kunci dibawa. Kalau sudah kejadian kunci tertinggal, bisa pakai kunci cadangan tapi kalau darurat mau tidak mau harus memecahkan kaca,” ucap Didi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Foto Toyota Fortuner Smart Key

Pastikan mobil dikunci saat diparkir dan kunci mobil dibawa

Kasus anak tertinggal di dalam mobil bukan terjadi satu dua kali saja. Beberapa diantaranya berujung fatal si anak meninggal dunia seperti kejadian seorang anak berusia 3,5 tahun berinisial R ditemukan tewas di dalam mobil pada Sabtu (20/10/2018) lalu. Korban tewas diduga setelah sehari terkunci di dalam mobil yang diparkir di area parkiran Apartemen Pluit Sea View, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kejadian lain seorang anak laki – laki di temukan meninggal dunia dan satu orang anak lagi ditemukan pingsan lantaran terjebak di dalam mobil Ford Fiesta yang terparkir di tanah kosong milik seorang warga Gg. Mastam RT 03 RW 03, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, pada Kamis (20/12/2018) lalu. Hal ini cukup menjadi peringatan buat para orang tua agar senantiasa berhati-hati dalam mengawasi buah hatinya.

>>> Ingat Lagi, Tidur Di Mobil Dengan Mesin Dan AC Menyala Berisiko Besar

Perlu diketahui saat mesin mobil menyala mobil mengeluarkan gas buang yang berisi zat-zat kimia seperti gas CO atau karbon monooksida, CO2 atau karbon dioksida, NOx senyawa nitrogen oksida, HC berupa senyawa Hidrat arang serta partikel lepas yang lain. Zat-zat tersebut terutama karbon monoksida dan karbon dioksida sangat berbahaya bila sampai terhirup makhluk hidup. Karbon monoksida mengalahkan oksigen dan dapat mengakibatkan keracunan sistem saraf pusat dan jantung. Saat seseorang memilih tidur atau terjebak di mobil dengan mesin menyala berarti dia menghadapi risiko bahaya besar. Kalau sampai terjadi kebocoran lalu gas masuk ke ruang kabin dan terakumulasi dalam jumlah besar, orang bisa mati lemas kehabisan oksigen. Sekali lagi, orang tua wajib berhati-hati dan jangan sampai lalai mengawasi anak tercintanya.

Seorang pria ditemukan meninggal dunia di dalam mobil

Tidur di mobil dengan mesin menyala bisa berakibat fatal, tidak hanya buat anak-anak tapi juga orang tua

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca