Ternyata Memasang Kursi Anak Terbalik lebih Aman Buat Sang Buah Hati, Ini Penjelasannya!

17/09/2018| Abdul Kosim

Memasang kursi anak terbalik juga mampu meningkatkan perkembangan buat sang buah hati. Meskipun kadang kalau orang dewasa yang tidak kuat naik kendaraan akan merasa mual saat menghadap ke belakang sih.

Seperti yang telah diketahui, kursi khusus anak didesain sedemikian rupa untuk memberikan keselamatan selama perjalanan. Disamping hal tersebut, bahaya yang mengancam tidak tahu kapan terjadi dan dimana tempatnya. Oleh sebab itu selalu waspada dan tetap memberikan yang terbaik adalah salah satu hal yang perlu dilakukan.

Gambar ini menunjukkan kursi untuk bayi di dalam Mobil bagian belakang

Gunakan kursi anak untuk kenyamanan sang buah hati saat berkendara (Foto: edmunds)

Baru-baru ini ada penelitian yang dikembangkan di Negara Inggris. Dilansir dari situs Express.co.uk, bahwasanya sudah diperingatkan kepada orang tua untuk selalu menjaga sang buah hati dari bahaya saat terjadi kecelakaan. Jadi dengan memasang kursi khusus anak sangat direkomendasikan. Dalam hal ini penelitian yang dilakukan menemukan bahwa memasang kursi anak terbalik dan menghadap ke belakang. Jika melakukannya dapat membantu dalam pengembangan tulang belakang, leher dan juga kepala.

>>> Baca juga, Utamakan Selamat, Berikan Kenyamanan Agar Anak Betah Duduk Di Jok Belakang

Dari pihak American Academy of paediatrics sebelumnya pernah menyarankan untuk memasang kursi anak terbalik atau menghadap ke belakang hingga usia sang anak mencapai 2 tahun.

"Setiap bulan bahwa seorang anak naik menghadap ke belakang sedikit lebih lama memberikan lebih banyak waktu untuk kepala, leher dan tulang belakang untuk berkembang. Dan itu benar-benar mengapa kita ingin anak-anak untuk naik menghadap ke belakang. Ini melindungi kepala, leher dan tulang belakang lebih baik dalam kecelakaan," kata Kerry Chausmer, direktur sertifikasi di Safe Kids.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang menempatkan kursi untuk anak pada bagian jok belakang

Pasangkan kursi anak dengan benar (Foto: carsguide)

>>> Ingin membeli mobil baru, jangan abaikan daftar harga mobil terupdate hanya ada di sini

Selain hal tersebut, berdasarkan data yang dirangkum oleh pihak safe kids, Amerika Serikat mencatat mengenai penyebab utama terjadinya kematian yang terjadi pada anak dengan usia di atas 4 tahun adalah Mobil. Penelitian tersebut juga memberikan klaim bahwa dengan menempatkan kursi anak dengan posisi yang benar, bisa mengurangi terjadinya cedera ataupun resiko terjadinya kematian mencapai 6%.

Tentunya melihat kondisi tersebut para orang tua harus lebih pintar dalam menempatkan kursi anak. Dengan penempatan yang tepat dan benar serta perlindungan maksimal dari orang tua, akan meningkatkan keamanan selama berkendara.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mencoba memasang kursi anak terbalik ketika sedang dalam perjalanan. Tujuannya tidak lain adalah memberikan kenyamanan dan keamanan pada sang buah hati.

Bahkan dari seorang penulis utama dari pernyataan kebijakan AAP yakni Dr Benjamin Hoffman mengatakan: "Sebaiknya biarkan anak Anda menghadap ke belakang selama mungkin. Ini masih cara teraman untuk anak-anak ketika berkendara di dalam mobil."

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Gambar ini menunjukkan sebuah anak laki-laki sedang duduk di kursi anak menghadap ke belakang

Memasang kursi anak dengan posisi menghadap ke belakang diklaim lebih aman (Foto: which)

Mungkin hal ini bisa jadi masalah yang sepele mengenai penempatan kursi anak. Kebanyakan para orang tua masih memasangkannya menghadap ke depan. Hal tersebut tidak masalah, dengan catatan para orang tua selalu di dekatnya dan mengawasinya secara maksimal. Akan tetapi cobalah dihadapkan ke belakang dan lihat perkembangannya, hal tersebut dikuatkan dengan penelitian yang telah disebutkan di atas.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International