Virus Corona Lumpuhkan Industri Otomotif China dan Dunia

28/01/2020| Fatchur Sag

Wabah Virus Corona yang menjangkiti masyarakat Kota Wuhan, China menjadi sorotan dunia. Virus ini telah membunuh lebih dari 80 orang dalam waktu kurang dari satu bulan, menjangkiti puluhan orang yang lain dan berpotensi menimbulkan lebih banyak korban.

Foto menunjukkan situasi jalanan kota Wuhan China yang lengang

Virus Corona melumpuhkan aktifitas warga kota Wuhan, China

Virus Corona memaksa pemerintah China mengisolir Kota Wuhan agar tidak menyebar lebih luas lagi. Kota Wuhan kini menjadi lumpuh. Warga yang masih sehat memilih berdiam di rumah khawatir tertular. Kegiatan pendidikan dan ekonomi terhenti, termasuk pabrikan otomotif yang terpaksa tutup dan meliburkan para pekerjanya. Seluruh konsentrasi kini mengarah pada menghentikan penyebaran virus dan meminimalkan jatuhnya korban.

Sekadar informasi, Kota Wuhan memang tak sebesar Beijing yang jadi pusat bisnis dan pemerintah China. Kota ini hanya berpenduduk sekitar 11 juta jiwa, namun di kota ini pula sejumlah pabrik otomotif dunia berdiri, seperti Honda, Nissan, Renault, Peugeot PSA Group, dan General Motor (GM).

>>> Ada Perpres, Peugeot Kepincut Jual Mobil Listrik di Indonesia

Foto menunjukkan Pabrik Honda di China

Pabrik Honda mobil di China, berdiri sejak 2003

Renault dengan jumlah pekerja sebanyak 2.000 orang bisa menghasilkan produksi 300.000 unit mobil Renault Kadjar dan Renault Koleos. Honda juga demikian, memiliki pabrik yang besar yang menyumbang 11 persen pendapatan group dan menjadi salah satu kontributor terbesar pendapatan Honda di Asia. Baik Renault maupun Honda, pabrik keduanya kini tutup dan rencananya buka kembali secara normal 2 Februari 2020.

General Motor (GM) dan PSA Group masih beroperasi, namun tidak bisa optimal dan terus memantau rekomendasi dari pemerintah China. Terkait kondisi karyawan semuanya dalam pengawasan. Bila ada yang menunjukkan gejala tidak enak badan disarankan untuk memulihkan kondisi kesehatannya dan tidak masuk kerja.

>>> Survey Membuktikan, Harga Mobil Listrik Termurah Ada Di China

Foto menunjukkan proses produksi Renault Kadjar di China

Renault Kadjar, produksi pabrik Renault Wuhan China

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International