Survey Membuktikan, Harga Mobil Listrik Termurah Ada Di China

12/11/2019| Abdul

Di negara Eropa harga mobil listrik untuk tahun ini rata-rata 34.091 dolar AS, jika dirupiahkan sekitar Rp. 478 juta per unitnya. Untuk perbandingan mari kita melihat mobil listrik yang tersedia dengan harga yang murah yakni Renault Zoe dengan harga rata-rata 35.036 dolar AS kemudian ada Tesla Model 3 dengan harga 67.440 dolar AS dan juga Jaguar i-Pace dengan harga lebih dari 100.000 dolar AS. Namun untuk harga tersebut belum termasuk dengan insentif yang diberikan bervariasi pada setiap negara. Untuk pangsa pasar totalnya hanya 1,9% saja.

Gambar ini menunjukkan mobil BYD Yuan dengan warna biru

Survey JATO untuk mengetahui harga mobil listrik termurah di dunia

>>> Baca Juga, Hengkang Dari Indonesia, Di China Mobil Listrik Chevrolet Pertama Akan Dihadirkan

Seperti yang dilansir dari laman Carscoops pada 10/11/2019, yang mana untuk situasi antara Kanada dan AS (Amerika Serikat) sangatlah mirip. Untuk harga mobil EV memang lebih mahal jika dibandingkan di Eropa yaitu 35.614 dolar AS atau sekitar Rp. 499 jutaan per unitnya. Penyumbang 18% disumbangkan oleh mobil seperti truk atau pick up yang harga rata-ratanya adalah Rp. 43.650 dolar AS.

Sedangkan untuk harga mobil listrik termurah di sana adalah Nissan Leaf yang dibanderol mulai 32.506 dolar AS. Sementara  untuk model best-seller yaitu Tesla Model 3 banderolnya mulai Rp. 47.467 dolar AS belum termasuk insentif. Dengan angka tersebut membuatnya 21% lebih mahal apabila dibandingkan dengan rata-rata mobil biasa di sana, bahkan dibandingkan dengan rata-rata mobil SUV telah melampauinya. Salah satu penghambat di Amerika Serikat adalah faktor kurang sukanya masyarakat di sana terhadap mobil dengan dimensi yang kecil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pengisian daya pada mobil listrik di China

Mobil listrik dengan harga termurah ternyata di pasar China

Ternyata dibandingkan dengan Eropa dan Amerika terdapat perbedaan dengan China. Yang mana berdasarkan laporan dari pihak JATO, bahwasanya untuk pemerintah China mempunyai target pada mobil listrik dan juga berusaha untuk melakukan pengembangan elektrifikasi. Tidak hanya itu saja, di sana harganya juga lebih murah karena untuk standar keamanan lebih longgar.

Hal tersebut tampak dengan harga mobil listrik di sana dengan rata-rata 26.715 dolar AS atau setara Rp. 374 juta per unitnya. Seperti misalnya untuk mobil segmen City Car yakni Chevy EQ1 harganya 20.260 dolar AS dan untuk SUV Subkompak BYD Yuan hanya dibanderol 15.279 juta aja atau setara dengan Rp. 214 jutaan. Negara China membuat perbedaan, apalagi negara tersebut merupakan pasar terbesar untuk kendaraan termasuk juga EV.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

International