Mulai Pertengahan 2022, Mobil Honda Dilengkapi Google Built-In

27/09/2021| Fatchur Sag

Kesepakatan baru dicapai Honda dan Google. Mulai pertengahan 2022 merek Jepang itu bakal kembali menggunakan teknologi Google Built In sebagai layanan konektivitas terintegrasi kendaraan.

“Honda dan Google hari ini mengumumkan bahwa kedua perusahaan telah sepakat untuk mengintegrasikan Google di dalam kendaraan layanan terhubung menjadi model baru yang akan datang ke pasar pada paruh kedua tahun 2022 di Amerika Utara.” tulis Honda dalam keterangan resminya, (24/9/2021).

iLustrasi kerjasama Honda - Google

Honda lanjutkan kerjasama dengan Google

Perlu diketahui kolaborasi Honda-Google sudah berlangsung sejak 2015. Kerjasama ini menghasilkan fitur perdana berupa Android Auto yang dipasang pada Honda Accord 2016.

Dengan fitur ini pengendara bisa memaksimalkan fungsi smartphone pada kendaraan dengan UX (user experience) yang dapat dinikmati secara aman dan nyaman. Ke depan Google Built In bakal menjadi peningkatan signifikan. Honda menawarkan solusi yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Fungsi utama Google built-in

Ada 3 fungsi utama Google Built In sebagaimana dijelaskan Honda

1. Voice Assistant

Memanfaatkan Google Assistant yang terpasang pada Display Audio on-board pengemudi bisa menyelesaikan tugas sehari-hari menggunakan kontrol suara sambil memperhatikan jalan dan tangan tetap di setir.

Pengemudi dapat mengirim pesan, mendapatkan petunjuk arah, dan mengontrol media, fungsi kendaraan, dan perangkat ponsel pintar yang kompatibel secara handsfree.

2. Navigasi

Dengan mengintegrasikan Google Maps ke kendaraan, peta yang sudah dikenal dan dipersonalisasi yang sudah dinikmati pengguna di ponsel cerdas mereka, dapat digunakan di Display Audio di kendaraan.

>>> Perbedaan Fitur Pada Varian All New Honda BR-V Terbaru 2021

Foto Interior mobil Honda

Mobil-mobil terbaru Honda semakin canggih

Selain itu, pengemudi dapat berbicara dengan Google untuk melakukan banyak hal dengan lebih mudah saat mengemudi, termasuk menavigasi pulang, mendapatkan perkiraan waktu kedatangan, menemukan pompa bensin atau stasiun pengisian EV terdekat, dan memeriksa jam kerja toko.

3. In-vehicle apps

Yang lebih menarik lagi adalah layanan in vehicle apps berupa Google Play. pengendara bisa mendownload aplikasi apapun untuk dipasangkan pada head unit kendaraan. Pengendara bisa mendownload aplikasi pemutar musik, video, buku digital, podcast hingga beragam game.

Fitur global

Honda berencana mulai mengintegrasikan Google Built-In pada model baru yang akan mulai dijual pada paruh kedua tahun 2022 di Amerika Utara, kemudian memperluasnya secara global secara bertahap.

“Kami sangat senang dapat menawarkan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia dengan menggabungkan kekuatan Honda dalam teknologi canggih dalam pengembangan mobil dan kekuatan Google dalam teknologi informasi inovatif,” kata Satoshi Takami, Executive Operating, Chief Officer bertugas Maas Operasi, Honda Motor Co, Ltd.

>>> Spesifikasi Honda Odyssey Facelift 2021

Foto menunjukkan Honda Accord Hybrid 2022 tampak samping depan

Penampilan Honda Accord Hybrid model 2022

>>> Daftar Harga Mobil Honda Terbaru dan Terlengkap

Berita sama topik