Penjualan Daihatsu Belum Ngegas, Terdampak Corona?

13/03/2020| Fatchur Sag

Wabah virus Corona (COVID-19) yang mengguncang dunia hingga ke Indonesia mempengaruhi penjualan produk-produk otomotif. Seperti PT Astra Daihatsu Motor (ADM), distributor dan Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia itu mendapatkan hasil negatif di Januari-Februari 2020.

Penjualan Daihatsu Dua Bulan

Foto menunjukkan sejumlah mobil Daihatsu yang sudah dimodifikasi

Daihatsu konsisten menjadi runner up mobil terlaris di Indonesia

ADM merilis sepanjang dua bulan tersebut penjualan Daihatsu sebanyak 29.951 unit (wholesales). Turun 3,6 persen sebab di tahun 2019 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan Daihatsu masih mencapai 31.074 unit untuk periode yang sama. Penjualan retail juga demikian, turun 10,11 persen dari tahun lalu yang terjual sebanyak 31.419 unit menjadi 28.240 unit.

Selama dua bulan Sigra mendominasi dengan penjualan sebanyak 8.312 unit, (29,4 persen), diikuti oleh Gran Max (PU) 5.761 unit (20,4 persen), SUV Terios 4.346 unit (15,4 persen), Xenia 3.404 unit (12,1 persen), Ayla 3.302 unit (11,7 persen), dan Gran Max (MB) 2.364 unit (8,4 persen). Model Daihatsu yang lain, yakni Luxio dan Sirion terjual sebanyak 751 unit (2,7 persen).

>>> Mirip Honda, Penjualan Daihatsu Terbanyak Disumbang Model LCGC

Terpengaruh Corona?

Gambar ilustrasi penyebaran Virus Corona

Virus Corona menyebar ke seluruh dunia

Tidak dipungkiri wabah virus Corona (COVID-19) Kota Wuhan China yang menjalar ke berbagai negara hingga Indonesia membuat kegiatan ekonomi terganggu. Sejumlah pabrik otomotif libur beberapa waktu. Pameran otomotif juga banyak yang dibatalkan, seperti Geneva International Motor Show (GIMS) 2020, Beijing Motor Show 2020, New York International Auto Show (NYIAS) 2020, dan yang lain. Konsentrasi masyarakat dunia mayoritas tertuju pada langkah antisipasi virus Corona agar tidak semakin menyebar parah.

Menurut pihak ADM, Corona bukan satu-satunya faktor yang membuat penjualan mobil nasional melambat, tapi ada yang lain seperti banjir dan waktu produktif pabrikan. Untuk kegiatan Daihatsu sendiri tidak terlalu terpengaruh. Semua masih berjalan normal dari proses produksi di pabrik, pengiriman ke diler, aktivitas penjualan di diler, hingga pengiriman unit ke konsumen.

>>> Susul Geneva, Beijing Motor Show 2020 Batal Karena Corona

Foto menunjukkan Daihatsu Sigra di salah satu diler

Ada Corona, penjualan Daihatsu Sigra tetap tinggi

Hasil penjualan Daihatsu di dua bulan pertama cukup disyukuri sebab masih terbilang baik dari sisi market share, yaitu 17,8 persen secara retail dan 18,7 persen secara wholesales. "Melihat pencapaian penjualan retail Daihatsu dua bulanan yang cukup baik, kami optimis dengan kondisi yang lebih baik ke depannya," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, dalam keterangan resminya sebagaimana dikutip dari Kompas, (12/3/2020).

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International