Mirip Honda, Penjualan Daihatsu Terbanyak Disumbang Model LCGC

18/02/2020| Fatchur Sag

Dua pabrikan asal Jepang, PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah mengumumkan data penjualan mobil di tanah air untuk bulan Januari 2020. Meski sama-sama menurun dibanding tahun sebelumnya, penjualan keduanya terbilang cukup apik. Honda mencatatkan penjualan sebanyak 12.603 unit, sedangkan Daihatsu memperoleh penjualan sebanyak 14.173 unit untuk penjualan wholesales dan 14.582 unit untuk penjualan retail.

Tampilan baru Daihatsu Sigra 2019, lebih keren dibanding sebelumnya

Daihatsu Sigra, LCGC 7 penumpang paling laris di Indonesia

Terkait model paling banyak berkontribusi ada hal sama dan cukup menarik. Penjualan keduanya terbanyak disumbang model LCGC. Honda punya Brio Satya yang memberikan penjualan sebanyak 4.348 unit, sedangkan Daihatsu berhasil menjual Sigra sebanyak 4.307 unit. Brio Satya lebih unggul dari Sigra dengan selisih sangat tipis.

>>> Lebih lengkap tentang penjualan Honda, Baca di sini!

Dua model LCGC tersebut memang menjadi tulang punggung masing-masing pabrikan. Brio Satya menggantikan posisi low MPV Mobilio yang dulu kerap memimpin penjualan Honda. Sementara Sigra menggeser posisi Xenia yang dulu juga jadi unggulan penjualan Daihatsu. Bukan hanya Sigra, posisi Xenia juga digeser oleh dua saudaranya, Gran Max PU dan Terios.

Mobil niaga Gran Max Pick Up (PU) mencatatkan penjualan sebanyak 2.920 unit dan SUV Terios sebanyak 2.261 unit. Sementara Xenia hanya terjual sebanyak 1.883 unit.

Di bawah Xenia ada Ayla yang terjual sebanyak 1.566 unit, Gran Max Minibus (MB) 1.251 unit, Luxio dan Sirion yang bebarengan mencatatkan penjualan sebanyak 394 unit.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto Daihatsu Gran Max tampak dari samping depan

Jangan pandang sebelah mata mobil pick up ini!

"Kami bersyukur, Daihatsu mengawali tahun 2020 dengan capaian penjualan yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus Corona, Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif yang menunjukkan komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu," tutur Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra seperti dikutip dari Bisnis, (12/2/2020).

Posisi anteng

Dibanding dengan pabrikan lain selain Toyota, posisi Daihatsu bisa dibilang paling anteng. Sudah sekitar satu dekade Daihatsu hampir selalu menjadi runner up merek mobil terlaris di Indonesia. Jarak dengan merek di posisi ketiga juga cukup jauh. Sebagai gambaran penjualan tiga merek teratas di tahun 2019 yaitu Toyota sebanyak 331.797 unit, Daihatsu 177.284 unit, dan Honda 137.339 unit. Di tahun 2018 : Toyota sebanyak 352.161 unit, Daihatsu 202.738 unit, dan Honda 162.163 unit.

>>> Menjadi Runner Up, Daihatsu Dukung Penuh Penjualan Toyota

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International