Ditest Naik Gunung, Hyundai Kona Electric Raih GUINNESS WORLD RECORDS

28/01/2020| Fatchur Sag

Catatan GUINNESS WORLD RECORDS bertambah dengan rekor baru yang diraih Hyundai Kona Electric. Kompak SUV Hyundai yang sepenuhnya listrik tersebut menjadi mobil listrik pertama yang dikemudikan hingga ketinggian 5.731 meter di atas permukaan laut (dpl), yaitu di Sawula Pass, pegunungan Tibet, China. Pencapaian ini mengalahkan rekor sebelumnya yang diraih Nio ES8. Mobil listrik asal China itu berhasil mencapai ketinggian 5.715 meter dpl pada bulan September 2018.

Foto saat Hyundai Kona Electric menerima sertifikat GUINNESS WORLD RECORDS

Hyundai Kona Electric catatkan rekor di GUINNESS WORLD RECORDS

Perjalanan panjang menuju Sawula Pass dilakukan Hyundai Motor India untuk membuktikan Hyundai Kona Electric meski hanya ditenagai baterai listrik mampu menempuh berbagai medan, termasuk medan pegunungan yang berkontur naik turun hingga suhu dingin salju yang benar-benar ekstrem serta kondisi jalan yang tidak seluruhnya bagus.

“KONA Electric telah membawa Revolusi Listrik dengan menghancurkan berbagai mitos tentang kendaraan listrik dan merupakan ekspresi nyata dari semangat Hyundai untuk tetap unggul. Di bawah Misi Emission Impossible, KONA Electric telah membuktikan keberaniannya di medan terberat di dunia tanpa mengorbankan kinerjanya." tutur Mr. SS Kim, MD & CEO Hyundai Motor India dalam keterangan resminya.

>>> 10 Mitos Yang Membuat Orang Enggan Beralih ke Mobil Listrik

Foto Hyundai Kona Electric melintas di pegunungan Tibet

Hyundai Kona Electric menembus ketinggian 5.731 meter dpl

Untuk menghindari baterai kehabisan daya listrik di tengah perjalanan, Hyundai membekali pengisian daya portabel yang praktis. Sedangkan saat perjalanan turun dari puncak Hyundai Kona Electric mengandalkan pengisian daya secara generatif melalui sistem pengereman dan deselerasi.

"Sebuah preseden baru telah ditetapkan sebagai rekor Attitude Tertinggi yang dicapai dengan mobil listrik. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Hyundai Motor India karena telah mencapai ini dan menetapkan tolok ukur baru dalam catatan sejarah," ujar Rishi Nath, Ajudikator dari Guiness World Records.

>>> Pemerintah Tegaskan Pabrik Hyundai Indonesia Bakal Bikin Mobil Listrik

Hyudai Kona Electric

Foto menunjukkan Hyunai Kona Electric tampak dari depan

Tampilan Hyundai Kona Electric keren dan menggoda

Hyundai Kona Electric merupakan varian lain dari Hyundai Kona. Mobil ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik tipe Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dengan baterai Lithium-Ion Polymer berkapasitas 39,2 kWh. Tenaga maksimum dihasilkan mencapai 134 Hp dan torsi maksimum 395 Nm. Dengan kapasitas baterai di atas Hyundai Kona Electric bisa menempuh perjalanan hingga 452 km dalam sekali pengisian.

>>> Review Hyundai KONA 2019

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

International