Review Hyundai KONA 2019

10/05/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR HYUNDAI KONA 2019

Review Hyundai KONA 2019 - Pabrikan asal Korea Selatan ini resmi meluncurkan Hyundai KONA di pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 sebagai andalan baru di kelas compact SUV. Mobil ini bakal bersaing dengan model dari pabrikan lain yang sudah mengaspal duluan di Indonesia seperti Honda HR-V, Nissan Juke, dan Mazda CX-3. Hyundai KONA sendiri sejak diluncurkan tahun 2017 lalu hanya dijual di pasaran Eropa. Hyundai KONA meraih begitu diterima masyarakat international dengan torehan beragam prestasi mulai dari iF Design Award 2018, Red Dot Design Award 2018, North American Utility Vehicle of The Year 2019, dan masih banyak prestasi mentereng lainnya.

Foto bersama saat Peluncuran Hyundai KONA 2019 di pameran Telkomsel IIMS 2019

Hyundai KONA resmi mengaspal di Indonesia

Sukses di pasar Eropa tidak membuat Hyundai puas dan memberanikan membawa KONA masuk pasar Indonesia. Banyak yang menganggap kehadirannya bakal menjadi penerus kesuksesan Hyunda Santa Fe. Memang masih terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut, namun dengan modal yang dimiliki Hyundai KONA layak menerima anggapan tersebut. Sebelum resmi diluncurkan di pameran Telkomsel IIMS 2019, Hyundai KONA sebenarnya sudah diperkenalkan ke media pada awal April 2019. Namun media hanya diberi kesempatan mengeksplorasi bagian eksteriornya saja. Sedangkan sisanya secara menyeluruh baru dibuka pada saat peluncuran resmi di pameran Telkomsel IIMS 2019 yang digelar mulai 25 April hingga 5 Mei 2019.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan mobil compact SUV andalan Hyundai ini, simak review Hyundai KONA 2019 berikut.

2. EKSTERIOR HYUNDAI KONA 2019

Sebagai compact SUV desain Hyundai KONA 2019 cukup menawan dan agresif. Dimensi KONA juga tidak sebesar pesaing-pesaingnya, bahkan bisa dikatakan yang terkecil di kelasnya saat ini. Panjangnya hanya 4,165 mm dengan lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.565 mm. Untuk pilihan warna Hyundai KONA juga beragam, ada 5 warna ditawarkan yaitu Phantom Black, Acid Yellow, Chalk White, Dark Night dan Pulse Red..

Review Hyundai KONA 2019 : Bagian Depan

Foto bagian depan Hyundai KONA 2019

Wajah baru Hyundai KONA yang sangat cantik

Hyundai KONA 2019 tampil sporty dengan grill lebar dan besar yang disebut cascading grille untuk memberi kesan aerodinamis mobil crossover. Cascading grille sendiri sudah ada pada mobil-mobil Hyundai sejak tahun 2018 lalu, namun baru pertama kali diterapkan pada KONA. Seluruh grill yang ada memiliki desain honey comb yang sangat elegan. Sektor lampu terbagi menjadi dua bagian. Lampu utama Halogen dengan lekukan berkesan ekstrem dan dibalut lapisan abu-abu memberikan kesan mantap yang menawan. Sementara lampu sekunder adalah lampu DRL LED yang akan meredup saat lampu utama dinyalakan. List abu-abu menjadi sangat dominan di berbagai sektor mobil ini, dan terkesan saling menyambung. Sementara warna abu-abu metalik juga melingkari grille utama memberi kesan mewah nan unik.

Review Hyundai KONA 2019 : Bagian Samping

Foto bagian samping Hyundai KONA 2019

Dilihat dari samping ada yang terlihat kurang simetris dari Hyundai KONA

Bagian samping KONA juga tidak kalah unik. Masih dengan list abu-abu gelap yang terkesan tidak simetris dan terbagai dalam dua sektor. List abu-abu depan membentuk garis yang membesar di atas roda dan menyambung dengan bumper depan, sementara list belakang juga menyambung ke bummper belakang memberikan kesan menawan ala crossover metropolitan. Ban 215/55 pada velg 17 inchi dengan banyak spoke berwana abu-abu. List abu-abu juga ditemukan mengelilingi bagian pilar hingga ke bagian belakang diakhiri dengan sirip-sirip aerodinamis yang memberi kesan sporty pada KONA. Sementara di bagian spion, tampak lebih bercahaya dengan lapisan hitam gloss ditambah lampu sign led, dan bagian atasnya terdapat roof rail dengan warna abu-abu gelap.

Review Hyundai KONA 2019 : Bagian Belakang

Foto bagian belakang Hyundai KONA 2019

Bagian belakang Hyundai KONA sama cantiknya dengan bagian depan

Bagian belakang KONA tidak kalah unik. List abu-abu yang menyambung dari samping mengelilingi lampu sein dan lampu mundur, bentuknya trapessium mirip dengan list lampu utama di bagian depan. Lampu malam utama bagian belakang berupa panel LED bar memanjang ditengah blok lampu utama. Sementara gradasi warna abu-abu muda ke abu-abu tua bisa ditemukan di bagian bumper bawah yang tampil sedikit menonjol dibanding bagian atasnya. Bagian belakang ini makin memikat dengan adanya spoiler yang dilengkapi LED High Mount Stop Lamp untuk memberikan sinyal pengereman lebih jelas kepada pengendara lain di belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR HYUNDAI KONA 2019

Sebagaimana Hyundai KONA versi global, Hyundai KONA 2019 versi Indonesia juga tampil nyentrik dan menarik. Terutama karena kombinasi warna interior yang dibikin selaras dengan warna eksterior mobil mulai dari jahitan jok hingga seatbelt untuk keselamatan pengendara.

Review Hyundai KONA 2019 : Kabin

Foto Kabin Hyundai KONA 2019, nyentrik dan menarik

Perpaduan warna interior Hyundai KONA selaras dengan warna bodi

Dengan panjang mobil hingga 4 meter dan dua baris tempat duduk sehingga memberikan kenyamanan dan kelegaan bagi penumpang maupun pengemudi. Ruang untuk kaki juga sangat luas dan posisi duduk yang nyaman selama perjalanan. Yah, Hyundai KONA 2019 versi Indonesia memang diadopsi dari KONA yang dijual di pasar Eropa dimana konsumen di sana memiliki postur tubuh lebih tinggi. Interior kabin ditata sesederhana mungkin namun dengan kesan elegan mobil mewah. Kenyamanan dan kemudahan berkendara menjadi hal yang paling ditonjolkan dari mobil ini, sehingga tidak banyak panel atau aksesoris ditampilkan pada kabin mobil ini.

Review Hyundai KONA 2019 : Dashboard dan Setir

Foto Setir Hyundai KONA 2019 yang beda dari setir mobil Hyundai yang lain

Overall penataan tombol-tombol fitur Hyundai KONA mirip dengan Hyundai Santa Fe

Dasboard Hyundai KONA 2019 yang sangat elegan dengan lapisan berwarna hitam sangat cocok dengan ciri SUV yang mengedepankan kepraktisan dalam berkendara.  Layar panel utama di tengah dashboard yang terintegrasi dengan smarphone dan berbasis Android memberi kemudahan dalam navigasi maupun audio visual selayaknya mobil-mobil di kelas premium. Setir Hyundai KONA memiliki desain yang berbeda dengan setir mobil Hyundai yang lain. Setir juga sudah Tilt dan Telescopic sehingga bisa diatur maju mundur atau ke atas ke bawah menyesuaikan tingkat kenyamanan pengemudi. Di balik setir terdapat instrument cluster yang dipadukan MID 3.5 inci Cluster Super Vision with TFT LCD. Di area central cluster selain menjadi tempat bersemayan layar infotainment 9 inci, juga menjadi tempat untuk full auto air conditioner. Seluruh panel dan tombol yang ada pada dashboard juga dibuat semudah mungkin dijangkau baik oleh pengemudi maupun penumpang selama melajukan kendaraan.

Review Hyundai KONA 2019 : Kursi/Jok

Foto Jok Hyundai KONA 2019 dengan jahitan selaras dengan warna bodi

Jok Hyundai KONA didesain sangat nyaman untuk berbagai ukuran postur tubuh pengendara

Sebagai produk global Hyundai KONA tentu menawarkan kenyamanan premium bagi pengendaranya. Kenyamanan ini juga tersaji pada jok yang empuk dan nyaman bagi penumpang dan pengendara. Layout dua baris memberikan kelapangan dan kenyamanan selama berkendara. Selain itu balutan kulit berwarna hitam juga kemungkinan besar menjadi material yang membalut kenyamanan KONA. Desain jok juga tambah menarik dengan adanya list dan jahitan dengan warna benang selaras dengan warna bodi mobil.

Review Hyundai KONA 2019 : Bagasi

Foto Bagasi Hyundai KONA 2019 tampak lapang dan lega

Bagasi Hyundai KONA bertambah lapang dengan melipat kursi baris kedua

Hadir di segmen compact SUV, Hyundai KONA 2019 memang tidak menyediakan bagasi dengan kapasitas besar. Namun setidaknya cukup untuk membawa kebutuhan perjalanan standar yang tidak terlalu banyak. Bagi keperluan petualangan maupun olahraga, bagasi ini bisa menampung sepeda lipat maupun perlengkapan golf. Bagi Anda yang memerlukan bagasi yang lebih luas, Anda bisa melipat kursi baris kedua sesuai kebutuhan dengan konfigurasi lipatan 60:40. Sebagai konsekuensi, kapasitas penumpang bakal berkurang kalau kursi baris kedua benar-benar Anda lipat.

>>> Baca juga:

4. FITUR HYUNDAI KONA 2019

Boleh dibilang Hyundai KONA 2019 memiliki fitur yang sangat lengkap dan mumpuni baik fitur kenyamanan maupun fitur keselamatan.

Review Hyundai KONA 2019 : Fitur keselamatan

Gambaran Fitur keselamatan ESC Hyundai KONA 2019,

Ada fitur ESC, kestabilan mobil dikendalikan oleh komputer

Sistem keselamatan berkendara Hyundai Konda ditunjang dengan teknologi ABS & EBD, Emergency Stop Signal, DBC (Downhill Brake Control), HSAC (Hill-Start Assist Control), ESC (Electronic Stability Control), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang memberikan jaminan ketenangan saat berkendara. Sistem pengeremannya menggunakan rem cakram ventilasi di depan dan cakram solid di belakang. Sementara untuk mengurangi fatalitas saat kecelakaan tersedia 6 airbag dan seatbelt di semua titik kursi.

Review Hyundai KONA 2019 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Foto head unit canggih pada Hyundai Kona 2019

Berbagai hiburan pada Hyundai KONA bisa didapat lewat panel layar sentuh 9 inchi

Untuk kenyamanan dan hiburan tak perlu diragukan. Hyundai KONA 2019 dibekali sistem audio visual dengan panel layar sentuh 9 inci yang sudah bisa terintegrasi dengan smartphone berbasis android. Fitur ini sangat menunjang hiburan di dalam kendaraan dengan musik dan video yang bisa diambil dari smartphone. Sistem audio yang terpasang di sekeliling kabin juga sangat nyaman di telinga.

Hyundai KONA juga menyenangkan pengemudi dengan adanya dua fitur kenamaan yaitu Cruise Control untuk menstabilkan kendaraan pada kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas serta Drive Mode. Anda bisa memilih 3 gaya berkendara yang paling disukai Comfort, Eco dan Sport. Namun perlu diingat, ketiganya berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan juga kenyamanan.

5. OPERASI HYUNDAI KONA 2019

Foto Mesin Hyundai Kona 2019

Mesin Hyundai KONA benar-benar baru dan belum pernah digunakan pada model lain

Dorongan mesin Hyundai KONA 2019 didukung tenaga 1.999 cc dengan teknologi mesin Atkinson Cycle, DOHC, MPi Dual CVVT.  Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 149 Ps (147 Hp) pada putaran 6.200 rpm, dan torsi 180 Nm pada putaran 4.500 rpm. Sementara transmisinya menggunakan 6 percepatan otomatis (Tourque Converter) dan layout mesin dengan penggerak roda depan (FWD). Sementara tangki bahan bakarnya mampu menyimpan hingga 50 liter.

6. SPESIFIKASI HYUNDAI KONA 2019

DIMENSI

Panjang

4.165 mm

Lebar

1.800 mm

Tinggi

1.565 mm

Wheelbase (jarak sumbu roda)

2.660 mm

Ground Clearance 170 mm

MESIN

Tipe

NU 2.0 MPi Atkinson 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC

Isi silinder

1.999 cc

Daya maksimum

147 hp (149 Ps) @ 6.200 rpm

Torsi maksimum

180 Nm @ 4.500 rpm

Bahan bakar Bensin
Sistem bahan bakar Multipoint Injection (MPI)
Standar Emisi EURO 4

Transmisi

Automatic Shiftronic 6 percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI
Drive Train Front Wheel Drive
Sistem kemudi Motor Driven Power Steering

Suspensi depan

McPherson Strut

Suspensi belakang

Couple Torsion Beam Axle

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Solid Disk

Ukuran ban

17 inch Alloy with Center Cap (215/55 R17)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HYUNDAI KONA 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain cukup unik dan menarik. Kombinasi two tone scheme di bagian eksterior dan interior juga memikat. Tak ada sunroof menjadi kekurangan bagi sebagian orang, terlebih karena harganya di atas Rp 300 juta
Cocok dipakai untuk kaum milenial. Belum ada pengaturan elektrik untuk jok pengemudi maupun penumpang
Dibelaki mesin 2.000 cc yang cukup tangguh dan bertenaga sehingga bisa dipakai di berbagai medan.  
Fitur keselamatan lengkap  
Harga kompetitif untuk mobil segmen compact SUV  

8. DAFTAR HARGA HYUNDAI KONA 2019

Foto Hyundai Kona 2019 tampak dari samping depan

Silahkan tentukan apakah Hyundai KONA adalah mobil yang Anda butuhkan

Hanya ada satu tipe Hyundai KONA 2019 yang dijual PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) selaku ATPM Hyundai, yaitu 2.0 AT. Mobil ini dijual dengan harga Rp 369.900.000 On The Road Jakarta. Untuk daerah lain bisa dipastikan lebih mahal, Anda bisa mendapatkan informasi detailnya di diler Hyundai terdekat.

9. VIDEO HYUNDAI KONA 2019

10. KESIMPULAN HYUNDAI KONA 2019

Overall dari segi fisik, tampilan menawan dan berkelas dari Hyundai KONA 2019 bisa menjadi daya tarik bagi kalangan muda yang menjadi segmentasi Hyundai. Di samping itu, kemungkinan penggunaan mesin yang bisa jadi lebih tangguh dan teknologi yang lebih modern dari kompetitornya membuat KONA bisa memikat hati banyak kaum muda perkotaan. Meskipun masih menyimpan berbagai tanda tanya, Hyundai KONA dirasa akan bisa menyaingi para kompetitornya dengan berbagai kelebihan fitur dan teknologi yang ditanamkan.

Silahkan Anda mempertimbangkan dengan matang apakah Hyundai KONA 2019 ini benar-benar mobil yang Anda butuhkan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Hyundai Venue 2019 : Mobil SUV Terkecil Dengan Harga Terjangkau

    07/06/2019| Abdul

    Review Hyundai Venue 2019 : Mobil SUV Terkecil Dengan Harga Terjangkau

    Hyundai Venue merupakan mobil SUV yang diperkenalkan pada acara New York International Show 2019. Desain yang dimiliki sangat mungil dan terlihat begitu menarik. Di dalamnya mempunyai sistem keselamatan standar yang dipadukan dengan teknologi terbaru milik Hyundai sehingga meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak Review Hyundai Venue 2019.

  • Review Hyundai KONA 2019

    10/05/2019| Fatchur Sag

    Review Hyundai KONA 2019

    Dua tahun setelah diluncurkan dan hanya dipasarkan di Eropa, Hyundai Kona 2019 akhirnya resmi dijual di Indonesia dan siap bersaing dengan model-model kompetitor di segmen compact SUV. Apa saja keistimewaan yang dimiliki mobil ini, berikut ulasannya!

  • Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    25/02/2019| Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?

International