Pemerintah Tegaskan Pabrik Hyundai Indonesia Bakal Bikin Mobil Listrik

02/12/2019| Fatchur Sag

Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) oleh Presiden Joko Widodo dengan Hyundai Motor Company (HMC) pada 26 November 2019 lalu memberi kepastikan pabrikan Korea Selatan tersebut segera bangun pabrik di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

>>> Investasi Rp 21,5 Triliun, Hyundai Segera Bangun Pabrik 77,6 Hektar di Indonesia

Foto bersama Presiden Joko Widodo dengan petinggi Hyundai Motor Group

MoU ditandatangani, Hyundai segera bangun pabrik di Indonesia

Kepastian ini kembali ditegaskan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Saat peresmian IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Menperin mengatakan, "Sudah mulai, jadi memang nanti masuk di Desember mereka (HMC) akan langsung mulai dengan membawa dana investasi ke Indonesia sebesar 700 juta dollar Amerika di tahap pertama," tutur Agus, seperti dikutip dari Kompas, (30/11/2019).

Adapun jenis mobil yang akan diproduksi terdiri dari Compact SUV, Compact MPV, Sedan dengan rancangan khusus, hingga mobil listrik. Khusus mobil listrik, Menperin juga memastikan mobil itu juga bakal diproduksi, namun untuk tahapan selanjutnya. Untuk tahap awal Hyundai akan berkonsentrasi pada mobil-mobil konvensional atau mobil BBM untuk kebutuhan pasar lokal maupun ekspor ke mancanegara.

"Mobil listrik juga akan dibikin, tapi itu tahap kedua karena di tahap awal nanti mereka (HMC) masih akan memproduksi mobil internal combution engine (ICE) dulu," katanya.

Tidak dijelaskan modelnya apa mengingat ada banyak model mobil listrik dimiliki Hyundai saat ini, seperti NEXO, ix35 Fuel Cell, KONA Electric, IONIQ PHEV, IONIQ electric, IONIQ hybrid, dan Hyundai Sonata PHEV. Hyundai KONA Electric meski belum lama diluncurkan bahkan mampu menjadi salah satu mobil listrik yang cukup digemari di berbagai negara, termasuk di Amerika Serikat. Begitu pula dengan IONIQ Electric dan Sonata PHEV.

>>> Teknologi Hyundai Terbaru Sedang Dikembangkan, Mobil Akan Lebih Senyap

Foto Hyundai Kona Electric tampak dari samping depan

Hyundai KONA Electric, salah satu mobil listrik terlaris di dunia

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

  • Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    22/02/2021| Abdul

    Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    Mobil listrik Honda belum ada yang masuk ke Indonesia. Bahkan yang hadir baru-baru ini ada 3 model yang bukan menggunakan tenaga listrik. Mobil tersebut adalah New Honda Odyssey, Honda CR-V facelift dan New Honda Brio RS Urbanit. Padahal banyak yang memberikan spekulasi bahwa mobil baru yang akan hadir di Tanah Air adalah CR-V PHEV yang sebelumnya telah dihadirkan di China.

  • Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    19/02/2021| Abdul

    Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    Semakin kesini zaman semakin bertambah modern. Salah satunya ponsel, hampir semua orang saat ini punya ponsel dan selalu dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu hal tersebut dimanfaatkan dengan memberikan sebuah aplikasi untuk mengakses sebuah layanan dan hal lainnya. Salah satunya adalah aplikasi My Suzuki yang ditujukan untuk para konsumennya.

  • Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    17/02/2021| Abdul

    Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    Mobil Isuzu Panther berhenti diproduksi, kiprahnya mencapai 3 dekade. Pihak Isuzu memberikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada pelanggan setia yang mempercayakan kendaraan produknya untuk menemani kegiatan sehari-hari. Selain itu, meskipun telah dihentikan produksinya namun soal sparepart dijamin selama 8 tahun.

International