Alasan Mengapa Daihatsu Sigra Laris Manis

13/07/2020| Fatchur Sag

Relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau fase new normal membawa berkah buat PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Agen Pemegang Merek (APM) sekaligus distributor merek Daihatsu di Indonesia itu meraih penjualan (retail) positif dari sebelumnya 3.673 unit di bulan Mei 2020 menjadi 5.558 unit di bulan Juni 2020 atau naik sebesar 51,3 persen. Secara akumulasi, Daihatsu kini sudah menjual sebanyak 53.577 unit di sepanjang Januari-Juni 2020 atau semester 1.

>>> Pabrik Daihatsu Kembali Beroperasi Setelah Lama Tutup

Foto menunjukkan salah satu diler Daihatsu

Penjualan Daihatsu kembali membaik

Sigra paling laris

Dari jumlah sebanyak itu Daihatsu Sigra kembali memimpin. Model LCGC tersebut sudah terjual sebanyak 15.194 unit dan menguasai 28,4 persen dari seluruh penjualan Daihatsu. Bahkan Sigra berhasil menyalip beberapa model Daihatsu lain yang sebelumnya selalu memimpin, yaitu Xenia dan Gran Max. Apa yang membuat mobil ini menarik?

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Ada sejumlah alasan mengapa Daihatsu Sigra laris manis meskipun diketahui stigma Daihatsu selalu berada di bawah Toyota.

Pernah diungkap oleh Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation dalam sebuah sesi wawancara di Tangerang (16/9/2019) lalu, alasan paling sederhana adalah harga jual Sigra paling murah diantara mobil 7 seater lain, termasuk Toyota Calya.

“Karena kalau kita perhatikan, memang segmen MPV 7 Seater ini banyak sekali peminatnya, pasar yang paling besar karena sudah MPV, 7 Seater, terjangkau pula karena LCGC. Kalau kita lihat dari karakter pasar Indonesia, memang produk yang dicari adalah yang memiliki harga yang paling terjangkau,” kata Hendrayadi. “Kami rasa dari segi pricing-nya, produk kita lah yang paling kompetitif,” tutup Hendrayadi.

Namun, tentu bukan karena harga saja. Ada faktor lain yang membuat Sigra sangat digemari masyarakat. Berikut ini beberapa kelebihan Daihatsu Sigra.

>>> Mirip Honda, Penjualan Daihatsu Terbanyak Disumbang Model LCGC

Foto menunjukkan tampilan Daihatsu Sigra tampak dari depan

Daihatsu makin laris manis

Kapasitas 7 penumpang

Tak dipungkiri salah satu alasan orang membeli Daihatsu Sigra adalah karena mobil ini bisa memuat 7 penumpang. Dengan begitu, dalam satu keluarga besar bisa dibawa dalam sekali angkut jika ingin bepergian.

Tampilan keren

Daihatsu Sigra sudah mengalami perubahan penampilan pada pertengahan September 2019 dari sejak diluncurkan perdana di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 silam. Kini semakin keren dengan facia baru yang nyaris mirip dengan kakaknya, Xenia dan Terios.

Lampu utama depan sudah LED, foglamp bundar di sisi kiri kanan bawah dibalut bezel segitiga keren. Sementara lampu belakang didesain kombinasi. Lalu dilengkapi juga dengan spoiler yang membuat penampilannya sporty.

Di bagian samping terlihat desain pilar blackout, lalu ada garnish warna krome serta handle pintu sewarna bodi. Spion makin modern dengan pelipatan elektrik. Sedang di bagian kaki-kaki ada pelek Alloy dengan desain baru.

>>> Mau Main Aman Atau Jadi Perhatian, Ini Warna Pelek Yang Sesuai Dengan Warna Mobil

Foto menunjukkan tampilan Daihatsu Sigra tampak dari samping depan

Tampilan makin keren

Irit BBM

Mesin Daihatsu Sigra lebih mumpuni dengan menggunakan mesin berteknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence), sama seperti teknologi yang dipakai pada sebagian besar mobil Toyota. Dengan tekngologi ini konsumsi BBM lebih efisien. Walhasil biaya operasional untuk bahan bakar pun bisa lebih hemat.

Soal performa yang tidak terlalu besar tidak terlalu dipermasalahkan. Pembeli sudah memahami kalau Sigra punya kapasitas mesin 1.200 cc. Jadi, mereka tidak berharap mobil akan powerfull selayaknya Daihatsu Xenia yang 1.300 cc atau 1.500 cc.

Makin nyaman dikendarai

Suspensi pada Daihatsu Sigra terbaru dibuat lebih keras dibanding model lama. Itu bertujuan memberi handling yang lebih baik saat mobil diisi penumpang penuh atau saat berkecepatan tinggi di jalan raya.

Tambahan fitur oke

Selain fitur-fitur lama yang dipertahankan Daihatsu menambahkan sejumlah fitur baru sehingga kenyamanan pengendara makin meningkat. Diantaranya Sigra sekarang memiliki fitur One Touch Tumble yang memberi kemudahan kepada penumpang untuk mengakses kursi baris ketiga. Cukup dengan menekan tombol pada kursi baris kedua, kursi akan terlipat otomatis.

Serta masih ada beberapa fitur kenyamanan yang lain. Misalnya AC tidak lagi menggunakan double blower, melainkan air circulator yang menghisap udara dari depan lalu dihembuskan ke belakang.

>>> Mengaktifkan AC Mobil Setelah Mesin Dinyalakan, Apakah Bahaya?

Varian banyak, harga kompetitif

Daihatsu Sigra memiliki 10 varian dengan harga termahal hanya Rp162.250.000. Lebih lengkapnya berikut varian dan harga Sigra (harga Juli 2020 OTR Jakarta)

  • 1.2 R AT DLX : Rp 162.250.000
  • 1.2 R AT : Rp 158.450.000
  • 1.2 X AT DLX : Rp 157.550.000
  • 1.2 X AT : Rp 152.050.000
  • 1.2 R MT DLX : Rp 149.450.000
  • 1.2 R MT : Rp 145.650.000
  • 1.2 X MT DLX : Rp 144.750.000
  • 1.2 X MT : Rp 139.250.000
  • 1.0 M MT : Rp 129.900.000
  • 1.0 D MT : Rp 119.500.000

Wajar, dengan beragam kelebihan di atas Daihatsu Sigra sangat menarik dan digemari.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International