Mengaktifkan AC Mobil Setelah Mesin Dinyalakan, Apakah Bahaya?

08/11/2019 | Abdul

Jadi saat seseorang masuk ke dalam mobil yang sebelumnya terparkir di bawah matahari maka akan terasa panas. Hal inilah yang mendorong seseorang langsung mengaktifkan AC mobil. Yang jadi pertanyaan adalah apakah perilaku tersebut terbilang aman bagi kesehatan?

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang knob ac mobil bagian tengah

Setelah mesin hidup tunggu beberapa menit sebelum nyalakan AC mobil

>>> Baca Juga, Mematikan AC Tidak Efektif, Begini Cara Hemat BBM Saat Mengemudi

Jadi pada saat masuk mobil dan menghidupkan mesin jangan langsung menyalakan AC mobil. Hal tersebut  ternyata kurang begitu baik. Pasalnya beberapa komponen di dalam kendaraan seperti pengharum ruangan, pelapis jok dan juga material plastik dapat menjadi sumber masalah saat terkena sinar matahari. Hal tersebut seperti yang dilansir dari laman Auto2000.

Jadi pada saat beberapa bagian yang telah disebutkan terkena sinar matahari maka akan menghasilkan reaksi tertentu. Salah satunya yaitu benzene yang memang dikenal sebagai penyebab terjadinya penyakit kanker. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh pengemudi atau penumpang. Jadi sebaiknya tidak langsung mengaktifkan AC mobil setelah mesin dihidupkan.

Benzena mempunyai sifat racun yang dapat mempengaruhi beberapa organ tubuh seperti hati dan ginjal. Organ tubuh tersebut akan menyerap racun dan untuk mengeluarkannya tergolong sulit. Tidak hanya berhenti di situ saja, benzena ternyata juga dapat berpengaruh pada bagian tulang yang terdapat pada tubuh seseorang sehingga dapat menjadikan anemia dan sel darah putih jadi mengalami penurunan jumlah. Apabila terlalu lama menyerap nya dan masuk ke dalam tubuh, maka benzene bisa membuat seseorang mengalami leukemia yang dapat membuat resiko kanker semakin parah.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kunci dan ingin menyalakan mesin mobil

Sambil menunggu suhu kabin turun setelah menyalakan bisa melaju sambil buka jendela

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Bagi ibu hamil juga perlu memperhatikan hal ini, karena resikonya adalah keguguran. Tentunya hal ini perlu diperhatikan dengan baik. Pada saat sebuah keluarga ingin mempunyai seorang anak, namun terjadi keguguran karena masalah tersebut tentunya akan sangat mengecewakan.

Melihat beberapa alasan tersebut, untuk cara mengaktifkan AC mobil yang disarankan adalah bukan setelah menyalakan mesin mobil. Akan tetapi terlebih dahulu membuka kaca mobil dahulu kemudian nyalakan blower dan ditunggu kurang lebih 5 sampai 10 menitan. Tujuannya adalah agar suhu panas di dalam kendaraan turun. Setelah itu barulah Sobat bisa menyalakan AC mobil.

Memang banyak yang menghiraukan soal hal tersebut. Hal tersebut dikarenakan ada yang melakukannya berulang-ulang namun tidak terjadi masalah apa-apa. Meskipun begitu melakukan pencegahan sah-sah saja dan selalu waspada untuk keamanan dan kesehatan diri sendiri dan keluarga tercinta. Kebanyakan pemilik kendaraan yang biasanya dilakukan untuk mempermudah hal tersebut adalah dengan menyalakan mesin mobil kemudian dibuat melaju tanpa menyalakan AC.

>>> Lihat Juga, Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC

Gambar ini menunjukkan 3 orang sedang berada di dalam mobil

Buka jendela untuk memasukkan udara yang segar dari luar

Dalam hal ini kaca mobil dibuka selama beberapa saat sambil mobil melaju. Setelah dirasa suhu kabin sudah menurun barulah menghidupkan AC mobil. Memang cara ini lebih efektif dibandingkan harus menunggu 5 sampai 10 menit. Karena dalam waktu tersebut saat digunakan untuk berjalan sudah bisa menempuh jarak yang lumayan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mengaktifkan AC mobil setelah menghidupkan mesin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik