Membeli Mobil Bekas di Pelelangan, Ini Langkah Yang Harus Diperhatikan

05/11/2018 Fatchur Sag Jual beli mobil

Membeli mobil bekas dengan sistem lelang bisa jadi tantangan tersendiri karena harus 'berebut' dengan peserta lelang yang lain. Tapi itu sebanding karena harga yang ditawarkan balai lelang biasanya jauh di bawah harga dealer.

Tak dipungkiri cara paling gampang memiliki mobil bekas adalah datang ke dealer mobkas. Selain bisa melihat langsung kondisi barang yang dijual, transaksinya juga lebih mudah. Tinggal pilih mobil yang diinginkan lalu bayar, selesai.

Nah, bagi Anda yang kepingin mobil bekas dengan harga lebih murah dibanding dealer mobil bekas, ada alternatif lain yang bisa dipilih yaitu lelang. Memang cara ini jarang dilakukan oleh kebanyakan pembeli individu, namun bukan berarti pembeli individu tidak bisa mengikuti. Membeli mobil bekas dengan sistem lelang bisa jadi tantangan tersendiri karena harus 'berebut' dengan peserta lelang yang lain. Tapi itu sebanding karena harga yang ditawarkan balai lelang biasanya jauh di bawah harga dealer.

Gambar ilustrasi pelelangan di IBID

Ada banyak keuntungan membeli mobil di pelelangan

Mengikuti proses lelang mobil bekas sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang penting mengetahui caranya dan yang pasti harus menyediakan uang tunai sebab hingga saat ini tidak ada layanan pembayaran kredit dalam proses lelang.

>>> Mau Kredit Mobil, Jangan Asal Pilih Leasing. Perhatikan Tiga Hal Berikut

Berikut langkah-langkah membeli mobil bekas melalui lelang seperti dishare oleh salah satu penyedia layanan lelang kendaraan, IBID - Balai Lelang Serasi.

1. Memahami prosedur lelang

Khususnya untuk Anda yang baru pertama kali mengikuti lelang sangat perlu mengetahui prosedur yang ada. Tujuannya agar saat proses lelang Anda tidak canggung lagi mengingat Anda juga harus berhadapan dengan peserta lain yang lebih berpengalaman. Informasi bagaimana prosedur lelang bisa Anda cari di internet atau bertanya langsung ke balai lelang sebagai panitia. Ada baiknya sesekali Anda hadir di acara pelelangan untuk melihat bagaimana proses lelang itu berlangsung.

2. Memilih kendaraan

Sebelum lelang benar-benar digelar, sebaiknya Anda pilih dulu beberapa mobil yang jadi target sekaligus mobil cadangan apabila pilihan utama tidak berhasil didapat. Minta katalognya kepada panitia atau buka di situs resmi balai lelang karena biasanya mobil yang bakal dilelang sudah ditampilkan sebelum lelang berlangsung lengkap dengan berbagai informasi yang berkaitan seperti asal usul mobil hingga berbagai kelengkapan yang ada.

>>> 3 Pertanyaan Untuk Membantu Memilih Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas

Foto Mobil bekas di balai pelelangan
Mobil bekas di balai pelelangan IBID - Balai Lelang Serasi

3. Periksa kendaraan

Sama dengan membeli mobil bekas di dealer, Anda juga harus memeriksa kondisi mobil bekas yang akan dilelang. Tujuannya agar Anda bisa menilai langsung mobil yang diincar sekaligus mengetahui bagaimana kondisi yang sebenarnya sehingga di kemudian hari Anda tidak kecewa. Biasanya beberapa hari sebelum berlangsungnya pelelangan, panitia atau balai lelang mengadakan open house. Manfaatkan waktu ini untuk memeriksa mobil yang jadi incaran Anda. Kalau tak bisa melakukannya sendiri, ajak orang yang mengetahui seluk beluk tentang mobil. Anda juga bisa meminta penjelasan kepada petugas seputar mobil yang akan dilelang.

4. Periksa riwayat perbaikan

Informasi riwayat perbaikan bisa ditanyakan kepada petugas. Nanti mereka akan menjelaskan di bagian mana saja yang sudah diperbaiki dan seberapa besar tingkat perbaikannya. Dengan mengetahui riwayat perbaikan, Anda bisa menimbang-nimbang bagaimana untung rugi dan besar kecil risiko yang harus ditanggung bila memutuskan tetap mengikuti lelang.

>>> Meski Murah, Jangan Membeli Mobil Bekas Terendam Banjir

Foto saat lelang berlangsung

Proses lelang dilakukan secara transparan

5. Periksa dokumen

Adalah hal wajib bagi Anda yang kepingin mengikuti lelang mobil bekas mengetahui segala dokumen mobil seperti BPKB dan STNK untuk memastikan mobil yang dilelang bukan mobil bodong meski bisa dipastikan balai lelang juga tidak akan pernah melelang mobil tanpa dokumen.

6. Jangan bernafsu

Yang terakhir kalau disaat Anda mengikuti proses lelang, kendalikan emosi dan pastikan Anda siap bersaing. Bagaimanapun juga, mobil yang sedang Anda incar juga menjadi incaran orang lain. Kalau Anda tidak bisa mengendalikan emosi dan nafsu lalu menawar dengan harga tinggi, bisa saja malah rugi karena Anda harus membayar dengan harga yang lebih tinggi ketimbang umumnya mobil bekas di dealer.

>>> Habis Beli Mobil Bekas, Ingin Balik Nama STNK Kendaraan? Begini Prosesnya

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • 3 Pertanyaan Untuk Membantu Memilih Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas
    Jual beli mobil Padli Nurdin

    3 Pertanyaan Untuk Membantu Memilih Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas

    19/10/2018

    Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengganti mobil Anda, ada pertanyaan yang harus dijawab, apakah Anda akan membeli mobil baru atau mobil bekas? Jawabannya akan menentukan semua kebutuhan Anda terhadap mobil yang akan Anda beli nantinya.

  • 6 Hal Ini Bisa Bikin Anda Bingung Saat Membeli Mobil
    Jual beli mobil Fatchur Sag

    6 Hal Ini Bisa Bikin Anda Bingung Saat Membeli Mobil

    30/09/2018

    Bagi banyak orang memiliki mobil baru adalah hal 'wajib'. Tapi manakala dihadapkan pada kenyataan dimana puluhan model mobil dan merek tersaji di hadapan mereka bingung mau membeli mobil yang mana. Kalau Anda mengalami seperti itu berarti Anda tidak sendiri karena orang lain yang kebingungan seperti Anda ada banyak sekali bertebaran di mana-mana.

  • Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio

    29/09/2018

    Speaker pada Mobil merupakan salah satu bagian penting pada audio. Yang mana fungsinya adalah untuk mengeluarkan nada, suara dan juga ritme. Bahkan suara yang dikeluarkan dapat disamakan dengan mulut seseorang. Jadi ketika head unit harganya mahal, kualitasnya bagus tapi tanpa adanya speaker bisa menjadi percuma karena tidak bisa didengarkan. Bagi pemilik kendaraan harus mengetahui beda jenis speaker Mobil, supaya dapat diketahui kualitas serta suara yang dihasilkan.