Meski Murah, Jangan Beli Mobil Bekas Terendam Banjir

26/02/2018| Mobilmo.com

Ada yang harus lebih diperhatikan saat ingin membeli mobil seken di musim hujan sekarang ini. Yaitu riwayat mobil apakah pernah terendam banjir atau belum. Sebab tentu saja, kalau mobil bekas pernah terendam banjir kondisinya pasti tidak lagi istimewa. Selain itu potensi cepat rusak juga lebih besar.

Pasar mobil bekas WTC Mangga Dua

Jadi, kalau memang minat memiliki mobil bekas sudah tak bisa dibendung, sangat dianjurkan bagi konsumen untuk melakukan pengecekan secara detail seperti bagian ruang mesin, karet di daun pintu, bagian bawah dashboard dan di bawah tempat duduk atau jok. Pokoknya di semua bagian baik ekterior maupun interior harus benar-benar dicek dengan teliti. Yah, meski demikian seharusnya, ada saja konsumen yang tidak terlalu mempermasalahkan kondisi mobil bekas yang dibelinya pernah terendam banjir. Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih menuturkan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan atau ada plus minusnya. Kelebihan membeli mobil seken yang pernah terendam banjir ada pada harganya. Pastinya harga yang dipatok akan lebih rendah dari pada mobil bekas istimewa. Sedangkan dari sisi kekurangannya, konsumen harus bersiap menghadapi berbagai masalah yang timbul pada mobil yang dibelinya meski tidak dalam waktu dekat. "Sudah pasti dijual dengan harga sedikit lebih murah. Itu positifnya, tetapi harus siap juga dengan masalah ke depannya," tutur Herjanto kepada media beberapa waktu lalu.

Mobil terendam banjir

Herjanto menambahkan, efek dari mobil yang pernah kebanjiran tidak akan nampak dengan segera. Bisa berbulan-bulan bahkan sampai satu tahun lebih baru terasa. Namun bila sudah datang, dijamin konsumen akan dibuat pusing dengan biaya perbaikan yang dibutuhkan karena banyaknya komponen yang harus diganti. "Kalau memang sudah siap membeli mobil bekas, harus siap juga dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk komponen yang rusak karena banjir," kata Herjanto. Sebagai pemerhati industri otomotif dalam negeri sekaligus pebisnis mobil bekas, Herjanto tentu sangat tahu risiko besar yang bakal dihadapi pembeli mobil bekas yang pernah kena banjir. Meski banyak dana sudah disiapkan untuk perbaikan dampak buruk di masa yang akan datang bisa jauh lebih besar dari harga mobil itu sendiri. Karena itu dia menyarankan konsumen yang ingin membeli mobil bekas, jangan pilih yang pernah terendam banjir meski harga yang ditawarkan jauh lebih murah. "Jadi sebaiknya teliti dan usahakan jangan membeli mobil yang bekas banjir. Walaupun tetap dibeli, harus lebih murah dan siapkan uang untuk biaya perbaikan nantinya," tutur Herjanto.

Interior mobil bekas terendam banjir

Baca :

International