Habis Beli Mobil Bekas, Ingin Balik Nama STNK Kendaraan? Begini Prosesnya

08/09/2018 Abdul Kosim Jual beli mobil

Pada saat membeli Mobil bekas biasanya kelengkapan surat seperti STNK dan BPKB masih menggunakan nama pemilik sebelumnya. Jika ingin mengganti dengan nama sendiri perlu dilakukan balik nama STNK kendaraan.

Melakukan balik nama STNK kendaraan tentunya membutuhkan waktu dan biaya. Akan tetapi jika melakukannya, rasa bahagia akan lebih terpancar karena nama pada surat kendaraan sudah milik sendiri. Apalagi saat masih nama orang lain, membayar pajak pun harus mencari pemilik sebelumnya untuk meminjam KTP. Jika tidak maka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengurusannya.

Sebelum melakukan proses balik nama, berikut ini merupakan persyaratan yang harus disediakan:

  • KTP pemilik baru (Asli dan Fotocopy)
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan foto kopi
  • Kwitansi pembelian kendaraan yang telah ditandatangani di atas materai Rp 6.000

Setelah persyaratan telah disediakan, selanjutnya adalah melakukan prosesnya. Nah berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat ingin melakukan balik nama STNK kendaraan.

1. Datang langsung ke kantor Samsat

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang berdiri di depan kantor samsat dan terdapat banyak motor yang sedang parkir

Melakukan balik nama STNK dilakukan di kantor Samsat

Untuk proses balik nama kendaraan diharuskan untuk datang langsung ke kantor Samsat guna melakukan penyerahan dokumen. Masukkan dokumen ke dalam map jika diperlukan supaya tidak terpencar.

>>> Jangan abaikan tulisan review mobil terbaru dan terlengkap hanya ada di Mobilmo.com

2. Tes fisik kendaraan

Gambar ini menunjukkan 1 orang berseragam polisi satunya lagi memeriksa mesin Mobil dan yang satu berdiri di sampingnya

Bawalah kendaraan yang akan dibalik nama untuk dilakukan tes fisik

Setelah dokumen diserahkan, biasanya kendaraan akan dilakukan tes fisik. Jadi jangan lupa membawa kendaraannya supaya tidak bolak-balik hanya untuk mengambil kendaraan yang ditinggal di rumah. Jika proses ini telah selesai, maka akan mendapatkan lembaran kertas yang merupakan hasil dari tes fisik. Lembaran kertas tersebut akan dijadikan satu dengan beberapa dokumen yang dibawa dari rumah.

>>> Mungkin tertarik, Tersesat Di Jalan! Begini Cara Bertanya Yang Sopan Saat Berkendara

3. Mendaftar

Gambar ini menunjuukkan beberapa orang sedang berada di dalam ruangan untuk melakukan pendaftaran

Persiapkan bolpoin dari rumah agar tidak terlalu lama mengantri saat mengisi formulir

Pada saat dokumen telah siap maka untuk langkah balik nama STNK kendaraan selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran. Dalam hal ini jangan lupa untuk mempersiapkan materai dan juga uang untuk berjaga-jaga jika ada biaya pendaftaran. Biasanya akan disuruh mengisi formulir terlebih dahulu. Pada tahapan ini akan mengantri bolpoin dengan orang lain yang sama ingin melakukan proses balik nama. Untuk berjaga-jaga bisa membawa bolpoin sendiri. Setelah selesai diisi serahkan di loket dan tinggal menunggu panggilan untuk membayar biayanya.

>>> Baca juga, STNK Mati, Supir Angkota Dihukum Push Up

4. Mengambil notice dan melakukan pembayaran

Gambar ini menunjukkan 2 orang pria sedang berdiri di depan loket

Setelah mendaftar biasanya menunggu 2 sampai 5 hari untuk pemrosesannya

Biasanya setelah melakukan pendaftaran disuruh menunggu beberapa hari untuk pengambilan notice dan melakukan pembayaran pajak. Jangan lupa membawa lembaran yang diterima pada hari pertama pengurusan dan juga BPKB asli. Silahkan menuju loket dan serahkan lembaran yang diterima sebelumnya dan menunjukkan BPKB asli jika diminta. Jangan lupa menyerahkan fotocopy kwitansi pembelian kendaraan dan juga hasil tes fisik kendaraan. Setelah itu akan berikan notice pajak dengan biaya perincian serta jumlah pajak yang harus segera dibayar. Setelah menerimanya segeralah melakukan pembayaran di loket yang telah disediakan.

>>> Baca juga, BPKB Asli atau Palsu, Begini Cara Mengetahuinya

5. Mengambil STNK

Gambar ini menunjukkan 4 orang sedang mengantri dan terdapat tulisan Loket penyerahan STNK Tertunda

Lakukan pengecekan kebenaran nama,alamat, nomor kendaraan dan lainnya saat mengambil STNK

Apabila pajak dan biaya lainnya sudah dibayarkan, langkah selanjutnya dalam melakukan balik nama STNK kendaraan adalah menunggu panggilan. Panggilan ini nantinya akan diserahkan STNK baru dengan nama Anda.

Untuk pengurusan balik nama BPKB dilakukan di Polda, jadi berbeda dengan STNK yang dilakukan di kantor Samsat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai langkah-langkah melakukan balik nama STNK kendaraan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Membeli Mobil Bekas di Pelelangan, Ini Langkah Yang Harus Diperhatikan
    Jual beli mobil Fatchur Sag

    Membeli Mobil Bekas di Pelelangan, Ini Langkah Yang Harus Diperhatikan

    05/11/2018

    Membeli mobil bekas dengan sistem lelang bisa jadi tantangan tersendiri karena harus 'berebut' dengan peserta lelang yang lain. Tapi itu sebanding karena harga yang ditawarkan balai lelang biasanya jauh di bawah harga dealer.

  • Punya Mobil Jarang Dipakai, Dapatkan Uang Dengan Cara Ini!
    Jual beli mobil Fatchur Sag

    Punya Mobil Jarang Dipakai, Dapatkan Uang Dengan Cara Ini!

    03/11/2018

    Tak ada larangan punya banyak mobil di rumah sebab tak ada undang-undang yang melarang. Namun, ada sayangnya juga kalau punya banyak mobil tapi tak bermanfaat. Dengan cara berikut, Anda yang 'kelebihan' mobil bisa mendapatkan hal lain yang lebih bernilai dan menguntungkan.

  • Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio

    29/09/2018

    Speaker pada Mobil merupakan salah satu bagian penting pada audio. Yang mana fungsinya adalah untuk mengeluarkan nada, suara dan juga ritme. Bahkan suara yang dikeluarkan dapat disamakan dengan mulut seseorang. Jadi ketika head unit harganya mahal, kualitasnya bagus tapi tanpa adanya speaker bisa menjadi percuma karena tidak bisa didengarkan. Bagi pemilik kendaraan harus mengetahui beda jenis speaker Mobil, supaya dapat diketahui kualitas serta suara yang dihasilkan.