Kenali Dulu Berbagai Jenis Mobil Biar Tahu Yang Anda Butuhkan

21/03/2019 | Fatchur Sag

Banyak orang berusaha untuk memiliki mobil karena alasan kebutuhan dan yang lain. Lalu mereka mulai memilah-memilih mobil apa yang yang diinginkan hingga akhirnya menjatuhkan pada satu pilihan. Namun ada juga yang kebingungan, tidak segera menemukan mobil pilihannya karena tidak tahu mobil seperti apa yang benar-benar dibutuhkan.

Foto kepadatan lalu lintas di jalan tol

Ada banyak jenis mobil beredar di jalanan Indonesia

Tidak dipungkiri, makin banyaknya model dan berbagai jenis mobil yang ada di pasaran dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya semakin menambah bingung calon konsumen. Di satu sisi ingin mobil dengan merek A karena desainnya keren, tapi disisi lain kepincut dengan mobil B karena fiturnya oke. Ada juga yang ingin mobil C karena terpesona dengan mesinnya yang dianggap mumpuni, di sisi lain kepingin mobil D yang harganya sesuai kantong.

>>> Baca juga: 3 Pertanyaan Untuk Membantu Memilih Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas

Nah, sebelum melangkah lebih jauh mau membeli mobil apa, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu berbagai jenis mobil tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda lebih mudah untuk mengambil keputusan terkait mobil yang paling Anda butuhkan.

Berbagai Jenis Mobil

Dari sisi fungsional ada dua jenis mobil yang dipasarkan yaitu mobil penumpang (Passenger Car) dan mobil niaga (Commercial Vehicle). Pada perkembangannya banyak pemilik mobil yang juga menggunakan mobil untuk dua keperluan tersebut sekaligus. Digunakan untuk mengangkut penumpang dan juga untuk angkutan barang. Selama tidak ada larangan hal ini sah-sah saja dan itu tidak akan mengubah status mobil dari asalnya.

>>> Pasar Tak Pernah Mati, Ini Beda Berburu Mobil Bekas Zaman Dulu Dengan Sekarang

Berikutnya, dari sisi bentuk dan desain fisik, ada berbagai jenis mobil yang masing-masing memiliki ciri berbeda satu sama lain, yaitu sedan, city car, hatchback, SUV dan MPV

Sedan

Foto mobil sedan Audi RS5 tampak samping

Sedan adalah jenis mobil yang paling mudah dikenali karena desain bodinya yang pendek dan memanjang. Di bagian belakang terdapat 'buntut' yang berfungsi sebagai bagasi untuk menyimpang barang bawaan hingga ban cadangan. Dari dulu hingga sekarang mobil jenis sedan terkenal karena kenyamanan dan kemewahannya, bahkan di era 90-an hingga awal 2000 sedan jadi pilihan favorit orang-orang berduit.

Kelemahan sedan terletak pada bodinya yang pendek sehingga sulit menerjang genangan air. Ground clearancenya yang pendek membuat mobil ini tidak cocok dipakai di jalanan buruk, bergelombang atau kawasan pegunungan yang jalanannya cenderung naik turun tidak rata. Soal kapasitas, mobil sedan umumnya hanya muat 5 penumpang baik itu Small Sedan, Medium Sedan, Large Sedan, Small Luxury Sedan, Medium Luxury Sedan, dan Large Luxury Sedan. Contoh sedan yaitu Toyota Camry, BMW Seri 3 Sedan dan Mercedes Benz C-Class Sedan

>>> Meluncur Di Tengah Sepinya Pasar, Ini Target Konsumen All New Toyota Camry 2019

City car

Foto Suzuki Ignis warna biru tampak samping depan

City car adalah jenis mobil yang hanya cocok untuk mobilitas di jalan perkotaan sesuai dengan namanya. Kelebihan dari mobil jenis ini terletak pada desainnya yang mungil sehingga lincah bergerak di jalanan perkotaan yang sering macet serta kapasitas mesinnya yang kecil sehingga irit bahan bakar. Mobil ini kurang cocok jika dipakai untuk perjalanan jauh. Desain interiornya yang kurang lapang membuat penumpang mudah pegal. City car juga tidak cocok buat Anda yang punya keluarga besar karena kapasitasnya hanya 5 penumpang dengan bagasi yang juga sempit. Contoh city car yaitu Suzuki Ignis dan Daihatsu Sirion.

Hatchback

Foto Honda Jazz tampak samping

Hatchback adalah jenis mobil yang mirip dengan city car, namun dengan ukuran lebih panjang. Mirip dengan sedan, namun lebih tinggi dan tidak memiliki bagasi yang menonjol di belakang. Pintu bagasi menyatu dengan jendela belakang dengan bukaan ke atas untuk mendapatkan akses lebih luas. Seperti halnya city car yang lebih cocok dipakai para kawula muda, hatchback juga kurang cocok digunakan sebagai angkutan keluarga terutama keluarga besar karena kapasitas bagasinya minim. Contoh hatchback yaitu Toyota Yaris dan Honda Jazz.

>>> Mungkin Anda tertarik: Daftar Harga Mobil Honda Bulan Maret 2019

SUV

Foto MItsubishi Pajero Sport tampak samping belakang

Sport Utility Vehicle atau lebih dikenal dengan sebutan SUV merupakan terobosan baru dari para produsen yang menginginkan mobil tangguh selayaknya mobil off road namun nyaman selayaknya sedan. SUV terbagi lagi menjadi beberapa kategori yaitu Low SUV, Medium SUV, High SUV, serta Double Cabin. Kelebihan dari mobil berjenis SUV yang utama terletak pada ground clearance-nya yang tinggi sehingga mampu melibas segala medan jalan. Sedangkan untuk kapasitas penumpang ada dua pilihan yaitu 5 seater dan 7 seater. SUV rata-rata didesain senyaman mungkin dengan suspensi yang juga lembut, meskipun dari luar terkesan gagah dan berotot.

Kekurangan paling menonjol dari mobil-mobil SUV adalah harganya yang mahal jika sekedar digunakan untuk sarana transportasi dengan kondisi jalanan yang tak begitu buruk atau bukan medan-medan ekstrim. Contoh SUV yaitu Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra dan Wuling Almaz.

>>> McLaren Tidak Buat Mobil SUV, Ini Alasannya!

MPV

Foto Toyota Avanza tampak samping depan

MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan jenis mobil paling populer di Indonesia. Mobil ini memiliki ukuran bodi medium, tidak kecil tidak juga besar. Kelebihan utama dan yang paling menonjol dari mobil MPV terletak pada fungsinya yang bisa bermacam-macam. Kapasitas tempat duduknya 7-8 seater, bagasi lumayan luas untuk menampung barang bawaan sekeluarga, dan harganya juga bersahabat tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Seperti halnya SUV yang terbagi menjadi beberapa kategori, mobil MPV juga demikian. Ada banyak kategori seperti Low MPV, Medium MPV, Big MPV hingga Premium MPV.

Kekurangannya, mobil MPV kalah nyaman dibanding sedan dan kalah tangguh dibanding SUV. Namun sepertinya kekurangan itu tak terlalu diabaikan konsumen karena nyatanya mobil MPV jadi mobil paling dipilih orang Indonesia, mengalahkan mobil berjenis sedan dan SUV dengan selisih yang sangat jauh. Karena itu pula, mobil MPV dikenal dengan sebutan mobil sejuta umat yang mudah dijumpai dimana-mana. Contoh MPV yaitu Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero S, Nissan Serena, Toyota Voxy hingga Wuling Cortez.

>>> Apa Saja Perbedaan Nissan Livina 2019 Dan Mitsubishi Xpander? Berikut Ulasan Lengkapnya

Nah, setelah Anda tahu berbagai jenis mobil di atas, Anda bisa menentukan mobil apa paling sesuai dengan kebutuhan. Jika budget mencukupi atau kurang tapi Anda berani mengambil langkah pembelian kredit, Anda bisa mengambil mobil baru yang sesuai kebutuhan. Tapi bila budget kurang dan Anda tidak mau mengambil risiko berhutang, jangan memaksakan diri untuk membeli mobil baru. Ada banyak mobil bekas yang bisa Anda pilih sebagai alternatif memenuhi kebutuhan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 20/09/2019 | Abdul

    Mengetahui Jenis Dan Memilih Body Kit Mobil, Sesuaikan Dengan Kebutuhan

    Mungkin bagi Sobat pecinta modifikasi kata body kit sudah tidak asing lagi. Bahkan pada bagian ini ditawarkan dengan berbagai desain yang menarik sehingga para pemilik mobil bisa memilih sesuai selera masing-masing. Memilih body kit diperlukan, karena selain desainnya yang beragam bahan yang digunakan juga tidak hanya satu saja.

  • 22/07/2019 | Fatchur Sag

    Ini Yang Anda Dapatkan Jika Membeli Mobil Hyundai di GIIAS 2019

    Bagi Anda yang kepincut membeli mobil Hyundai apapun modelnya ada baiknya untuk datang ke pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Ada banyak promo menarik ditawarkan mulai DP ringan, bunga 0%, hingga berbagai hadiah menarik.

  • 20/06/2019 | Abdul

    Tips Memilih Mobil LMPV, Cari Yang Mudah Dan Menguntungkan

    Bagi sebuah keluarga memiliki kendaraan untuk digunakan bepergian memang hal yang didambakan. Banyak yang menabung untuk bisa mendapatkan sebuah mobil LMPV untuk mendukung aktivitas keseharian dan juga sebagai transportasi liburan. Bagi sobat yang sedang memilih mobil LMPV perlu beberapa pertimbangan, diharapkan mencari yang memiliki banyak keuntungan dan juga mudah.