Apa Saja Perbedaan Nissan Livina 2019 Dan Mitsubishi Xpander? Berikut Ulasan Lengkapnya

21/02/2019| Mahmudi Restyanto

Sebelum masuk ke perbedaannya, ‘mobil kembar’ yang kami komparasi adalah tipe tertinggi dari masing-masing produk. Nissan Livina melalui VL AT dan Mitsubishi Xpander ialah varian Ultimate AT. Sama seperti halnya duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander dengan Nissan Livina juga dibedakan melalui tampilan eksteriornya. Paling terlihat adalah perbedaan pada bagian gril dan bumper. Bila Mitsubishi mempunyai gimmick tampilan Dynamic Shield, Nissan mengandalkan V Motion yang menjadi ciri khas setiap produknya selama ini.

Tampilan depan Nissan Livina 2019 terlihat lebih elegan

Gril salah satu bagian berbeda pada tampilan eksterior Nissan Livina 2019 dengan Mitsubishi Xpander 

Garis tegas yang begitu mendominasi pada Mitsubishi Xpander dibuat lebih membulat sehingga terlihat lebih elegan untuk Nissan Livina. Terlebih DRL yang membentuk seperti alis atau Nissan menyebutnya Dual LED Signature membuatnya terlihat sangat berbeda. Sementara lampu utama yang terpasang pada bumper tidak jauh berbeda dengan Mitsubishi Xpander.

>>> Ini Yang Bikin Nissan Livina Sudah Heboh Sebelum Diluncurkan

Satu hal lagi yang berbeda adalah posisi dan bentuk lampu kabut keduanya. Bila pada Mitsubishi Xpander menggunakan lampu kabut berbentuk bulat dan lebih ke tengah, pada Nissan Livina 2019 posisinya lebih pinggir dengan bentuk pipih yang membuatnya terlihat lebih mewah. Khusus untuk Nissan Livina VL AT ini pada bagian bawah bumper diberi lips dengan kelir silver yang membuatnya terlihat maskulin.

Kesan gagah layaknya SUV lebih ditonjolkan pada Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander mempunyai tampilan lebih gagah layaknya sebuah SUV

Beralih ke bagian samping, mungkin Anda akan bingung karena nyaris tidak terlihat perbedaan antara Nissan Livina 2019 dengan Mitsubishi Xpander. Tetapi desain velg Nissan Livina dibuat lebih menyiku dengan two tone dimana warna hitam lebih mendominasi. Sementara pada Mitsubishi Xpander juga menggunakan desain two tone namun lebih mendominasi warna silver. Selain itu garis Dynamic Shield pada samping Mitsubishi Xpander yang dibuat jatuh pada ujung depan, Nissan Livina 2019 dibuat lurus.

>>> Nissan Intelligent Mobility Bikin Nissan Beda Dari Merek Lain

Pada bagian belakangnya, paling terlihat berbeda adalah lampu malamnya. Nissan Livina 2019 mempunyai lampu yang membentuh huruf V miring sesuai dengan konsep V Motion yang diusung Nissan selama ini. Sementara pada Mitsubishi Xpander ada garis lurus ke atas. Bumper belakang Nissan Livina pun menggunakan skid plate yang terbelah sehingga memberi kesan tangguh ketika dilihat dari belakang. Mitsubishi Xpander sendiri juga disematkan skid plate tetapi dibuat menyatu dan melebar. Selebihnya sama dengan Mitsubishi Xpander.

LED pada lampu belakang berbeda antara Livina dengan Xpander

Lampu LED belakang Nissan Livina berbeda dengan Mitsubishi Xpander

Interior

Ada cukup banyak perbedaan eksterior Nissan Livina 2019 dengan Mitsubishi Xpander. Tapi sayangnya pada interiornya nyaris tidak ada perbedaan. Mulai dari layout dasbor, bentuk palang setir, hingga kenop AC yang diputar. Pun head unitnya mempunyai ukuran yang sama meskipun Nissan mengklaim software yang digunakan berbeda dengan milik Mitsubishi Xpander. Begitu juga dengan kualitas material pada dasbor dan door trim masih menggunakan plastik dengan adanya motif jahitan pada beberapa bagian.

>>> Baca juga: Ini Dia Keuntungan Asuransi Mobil Bagi Pengendara, Jadi Jangan Ragu

Warna hitam yang mendominasi pada Nissan Livina 2019 varian VL ini menjadi pembeda dengan Mitsubishi Xpander Ultimate yang lebih memilih warna krem cerah. Warna gelap ini sebenarnya memang memberi kesan mewah pada interior, tetapi efek sampingnya adalah kabin terasa sempit padahal secara dimensi dan basis tidak berbeda dengan Nissan Xpander. Sebaliknya, warna krem pada Mitsubishi Xpander membuat Low MPV ini terlihat luas.

Tidak ada perbedaan interior Nissan Livina 2019 dengan Mitsubishi Xpander

Interior Nissan Livina 2019 sama persis dengan Mitsubishi Xpander

Mesin dan Fitur

Nissan Livina 2019 menggunakan mesin yang sama dengan Mitsubishi Xpander berkode 4A91 dengan kapasitas 1.499 cc yang menghasilkan tenaga 104 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Transmisi pun sama yakni otomatis 4-percepatan yang disalurkan ke roda depan. Begitu juga dengan fitur, mulai dari ABS, EBD, BA, Airbag, VDC, TCS hingga HSA tersedia pada varian tertinggi dari Nissan Livina ini.

Setelah 10 tahun tanpa ubahan berarti, akhirnya Nissan meluncurkan Low MPV andalannya dengan format baru, Nissan Livina 2019

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    13/08/2020| Abdul

    Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    Semakin mahalnya mobil baru membuat masyarakat Indonesia cenderung berminat terhadap mobil bekas. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, mobil bekas juga memberi banyak pilihan beragam termasuk berbagai tipe dan model yang bisa dipilih sesuai selera. Di antara banyak pilihan tersebut, salah satunya membeli mobil bekas taksi.

  • Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    09/08/2020| Abdul

    Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    Harga sebuah mobil bekas biasanya mengalami depresiasi tergantung dari tahun dan kondisi sebuah mobil. Mobil bekas menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan mobil. Harga mobil bekas jelas lebih terjangkau dan cocok bagi orang yang punya finansial ketat.

  • Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    09/07/2020| Abdul

    Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    Setiap keluarga yang telah punya anak, memiliki mobil pribadi yang nyaman merupakan sebuah impian. Mempunyai mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan keluarga saat bepergian seperti liburan atau sekadar belanja. Nah jika disuruh pilih mobil SUV atau MPV, Sobat pilih yang mana?

International